Laman

  • Home
  • About
  • Recipes
  • Aneka Tepung
  • Cooking Tips & Tricks
  • Food Street/Restaurant Review

Thursday, July 28, 2011

Resep Babat Iso Gongso


Resep Babat Gongso

Babat gongso adalah kuliner khas Semarang yang sudah cukup terkenal. Bahan utamanya adalah babat,yang sudah di rebus sampai empuk,kemudian di gongso ( di tumis agak lama ) dengan bumbu khas manis pedas.
Biasanya aku suka beli babat gongso di rumah makan langganan, tapi sekarang rasa babat gongsonya tidak seenak dulu..jadi untuk buat obat kangen masakan ini ya harus bikin sendiri.  Lebih enak dan sesuai selera..hehe. Tapi kalau buat sendiri harus sabar ya,karena merebus babat harus lama, dan berulang2 biar tidak bau..kemaren saja pas merebus sempat gosong kehabisan air karena sambil nonton DREAM HIGH di Indosiar..hiks hiks..untung masih bisa di masak babatnya.
Ini resep babat gongsonya …
Bahan Gongso :
Babat 250 gram
Cabai merah keriting 20 - 50 gram , sesuai selera pedasnya,haluskan
10 butir bawang merah,iris tipis
3 siung bawang putih,haluskan
Kecap manis kurang lebih 3 sendok makan atau sesuai selera
Garam,bumbu kaldu sapi jika suka
Bumbu ungkep dan rempah2 untuk merebus babat
Minyak goreng dan sedikit blueband untuk menumis

Cara Membuat :
Rebus  babat sampai agak empuk. Setelah itu rebus lagi bersama dengan bumbu ungkep biasa, bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan rempah2 seperti salam, laos, dan dengan bumbu gula merah dan garam sesuai selera. Agar nanti sudah ada rasanya pas di gongso.( ini versiku..kalau yang di jual di warung2 ya habis di rebus trus langsung di gongso..)
Setelah matang dan bumbu meresap , tiriskan, potong kecil2
Tumis bawang merah sampai harum, masukkan babat , tumis sampai agak lama dan kering, sisihkan, biarkan sisa minyak tetap di penggorengan, lalu masukkan bawang putih halus..tumis sampai harum, tambahkan cabai halus,tumis sampai matang,lalu masukkan kembali babat iso, tambahkan sedikit air,garam dan kecap,aduk hingga matang dan kuah menyusut. Tambahkan potongan tomat jika suka. Terakhir taburi bawang goreng. Sajikan hangat bersama nasi putih dan lalapan. Kemaren khusus buat suami yang suka pete, ku tambahkan juga pete goreng..enak dech katanya..kalau aku sich gak suka pete..hehe.
Sebenernya kalau mau praktis..kita bisa beli aja babat  yang sudah di ungkep dan di goreng di warung2 seperti warung soto sapi, warung gudeg, warung pecel yang biasa jual babat iso bacem. Setelah itu tinggal kita daur ulang dan bumbuin dengan bumbu gongso ini..sama  kok rasanya..sama2 enak, yang jelas gak perlu ribet ngurusi babat iso mentah..hehe.

Kalau babat gongsonya masih sisa, masih bisa lho ,di daur ulang..jadi nasi goreng gongso..^^..yummy......



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...