Google Ad

Monday, August 6, 2018

Tips Memulai Usaha Kuliner di Rumah



Teman-teman adakah yang punya niat atau keinginan untuk memulai usaha online namun sebatas wacana dan belum juga di jalankan hingga sekarang ?
Ayuk semangat ya, di jaman serba canggih dan mudah sekarang ini berjualan online tidak begitu sulit kok. Kalau jaman dulu kita menjual produk harus menawarkan secara langsung ke pembeli, dengan resiko malu jika di tolak, capek muter-muter nggak ada barang yang terjual, atau menunggu toko seharian tanpa ada pembeli datang, duch sungguh banyak waktu terbuang percuma ya.

Di jaman sekarang ini, paling enak itu usaha online lho teman-teman. Waktu sangat fleksibel, karena di lakukan di rumah, tentu jika pas lagi nggak ada transaksi kita bisa mengerjakan pekerjaan lain,  jika kita masih punya kendala modal minim, ini sangat cocok. Karena kita bisa berjualan dengan cara pre order, po, dll.  Jadi misal kita jualan kue atau cake, tidak perlu menyetok barang dagangan seperti jika kita membuka bakery. Cukup bermodal foto kue yang kita buat, kita bisa membuat Po, misalnya beberapa hari sekali. Jadi jika ada order, baru di buat ordernya.  Jadi nggak modal dulu dan tidak akan rugi kan. Jika kita mau usaha ini hanya  buat sambilan, tetap bisa, karena jualan online bisa kita lakukan kapan saja dan di mana saja, jika lagi sibuk tinggal nggak nerima orderan, enak pokoknya hihi.

Buat  ibu rumah tangga, tentu usaha ini yang paling cocok, karena bisa di lakukan di rumah sambil mengurus rumah, mengurus anak, bisa..! Bahkan sambil berdaster menemani anak main, leyeh-leyeh santai nonton tivi atau saat liburanpun ibaratnya bisa kita jualan dan menghasilkan uang...atau memantau usaha kita..hihi. Nggak pelu harus keluar rumah, kita bisa melakukan transaksi online dan uang di rekeningpun selalu bertambah.

Mau usaha seperti itu, ayuk..jangan jadi wacana aja, segera mulai ya teman-teman. Gimana sich caranya memulai usaha makanan secara online dari rumah. Mudah saja...pertama, cari potensi diri, potensi lingkungan, dll. Potensi diri, misalnya teman-teman suka dan bisa membuat kue, ya buatlah satu kue yang benar-benar enak dan bisa menjadi ciri khas usaha tersebut. Teman-teman suka memasak dan punya menu andalan yang di sukai keluarga atau teman, ayuk jadikan itu ladang usaha. Misal membuat lauk kering, sambal, rendang, cemilan kering, dl..banyak kok yang bisa kita tawarkan ke konsumen.

Sudah beberapa tahun ini aku menekuni profesi sebagai influencer juga di media sosial instagram dan tak sedikit teman-teman yang meminta tolong untuk mempromosikan barang dagangan mereka, dan terbukti  laku juga, asal dagangan yang di jual itu enak, unik dan khas. Ada teman-teman yang jualan aneka kue, bahan kue, rendang, lauk kering, sambal, sampai minuman kesehatan, bahkan ada yang jual aneka bumbu, baik itu bumbu basah atau kering. Unik kan...jadi sebenernya di manakah peluang itu ?..Ya di dekat kita sendiri lah. Kita sendiri yang harus menciptakan peluang itu.

Jika produk tersebut hasil olahan kita sendiri dan unik, beri label dan merk dagang yang menarik, kemasan yang menarik, daftarkan ijin usaha rumahan melalui dinas kesehatan terdekat dan siap dech di pasarkan. Contoh usaha rumahan yang unik, seperti di foto-foto yang aku lampirkan ini ya, itu kreasi teman-teman yang sering aku bantu promosikan di instagramku dan kebanyakan di jual secara online aja. Masih banyak sich yang lain, itu hanya contoh saja, dan nyatanya menurut pengakuan teman-teman yang usaha tersebut hasilnya banyak di minati konsumen.

Ngga bisa masak ? Jual saja produk yang sudah jadi, misal teman-teman tinggal di lingkungan sentra usaha makanan tertentu, sentra industri kecap, terasi, dll..bisa kok semua di jual secara online, asal unik, enak  dan bagus kualitasnya.  Agar lebih menarik, produknya di repack lagi sendiri, di beri label atau merk, di foto secara menarik, lalu tinggal di tawarkan dech ke konsumen melalui media sosial , dll.
Pertama sedikit demi sedikit dulu, jika modal terbatas, tak perlu menjual banyak barang. Pilih produk yang paling unik untuk manjadi produk utama yang kita jual. Misal, ada teman yang tinggal di daerah penghasil aneka kerupuk nich misal daerah Pati, nah, banyak kan di sana pengrajin kerupuk, pilih yang paling enak, beli secar borongan, kemas ulang, jual dechAtau teman-teman tinggal di sentra pengrajin aneka jajanan atau oleh-oleh khas daerah teman-teman, misal sentra industri olahan singkong, lanting, dll..tinggal hunting tuch, pilih yang paling enak, di kemas menarik..jual dech, pasti laku.  Atau teman-teman bisa membuat toko online produk unik dari luar negeri, kalau ini tentu buat yang punya modal ya, hihi, karena harus kulakan dulu. Tapi ini juga banyak yang sukses lho berjualan  barang unik dari luar, misal bahan makanan atau bumbu-bumbu dari  luar negeri seperti dari Korea, Jepang, dll, bisa juga di lengkapi alat-alat atau pernak pernik dapur yang unik dan lucu, dan nggak ada di Indonesia, pasti banyak di minati juga.

Nah, mulai usaha dari kecil-kecilan dulu yang penting berani mencoba dan nekad aja, modal kamera hape pun bisa kok membuat foto produk kok yang akan kita tawarkan secara online.  Asal kita konsisten dan mau bekerja keras, pasti akan ada hasil kok. Aku udah buktiin sendiri sich, bahwa kita bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari berjualan secara online.

Jika kita sudah mulai berjualan melalui media sosial sebagai tes market istilahnya, dan akhirnya produk kita di sukai dan mulai di kenal, maka selanjutnya kita bisa membuat website atau blog yang menjadi tempat utama kita memajang aneka produk jualan atau menjadi tempat promosi secara mandiri. Keuntungan kita memiliki website sendiri itu, kita akan bisa muncul langsung di pencarian di google, selain itu juga bisa menjadi etalase tetap jualan kita, nggak perlu selalu menggunggah foto produk baru. Orang cukup melihat aneka macam produk yang kita jual di website kita, nanti tinggal kita arahkan, misal untuk pemesanan harus menghubungi no khusus yang di cantumkan atau email, dll.

Banyak penyedia web hosting untuk membuat website yang profesional, misalkan untuk pemulapun bahkan kita di pandu dari awal hingga bisa. Mau coba teman-teman ?...Ada salah satu penyedia web hosting yang profesional nich, salah satunya Niagahoster yang memiliki beberapa pilihan produk, salah satunya Wordpress Hosting. Jika teman-teman kesulitan nanti akan di pandu kok caranya dari nol.

Oke, semoga sedikit tips dari aku bermanfaat ya teman-teman, yuk segera mulai rencana usaha onlinenya...jangan sampai keduluan yang lain. Jika kita tidak mencoba dari sekarang, kapan lagi coba...hihi.


1 comment :

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel