Google Ad

Friday, August 17, 2018

Oseng Kikil Kecap Cabai Hijau


Menu favorit di rumah..favoritku dan suami..Oseng Kikil Cabai hijau. Walau kalau suami makan di ambilin Kikilnya aja hahah. Kalau aku kok suka sekali cabai hijau ya, apalagi di oseng gini, rasanya jadi unik dan khas ada aroma sedep gimana gitu.



Kalau membuat Oseng cabai hijau gini aku lebih suka pakai cabai hijau keriting, karena lebih pedes dan lebih sedep. Kalau cabe hijau besar aku suka bikin untuk masak Asem-Asem daging atau untuk bikin Lada hitam, dll.  Untuk Kikil yang paling enak itu yang masih ada sedikit daging yang nempel di dalmnya itu sedep jika di oseng. Atau jika bukan pakai kikil bisa pakai sesetan bagian muka / pipi sapi itu biasanya juga banyak dagingnya.

Kalau pakai kikil biasa sebelumnya di presto dulu, tapi jangan terlalu lama ya. Kalau presto kikil kelamaan, hasilnya malah kelembekan hilang rasanya. Tetep harus ada sensasi kenyil-kenyilnya sedikit ya. Kalau aku dari panci presto berdesis itu sekitar 10 menit aja cukup.

Oke, aku share resepnya ya teman-teman :
Oseng Kikil Kecap Cabai Hijau

300 gram kikil, potong2 rebus hingga empuk dengan 3 cm jahe, Geprek, 5 lembar daun salam, dan 1/2 sdk teh garam agar tidak amis. Jika di presto jangan terlalu lama, 5 menit dari panci tekan berdesis saja.
2 tomat hijau, potong2
20 cabai hijau, Iris serong
6 bawang merah, Iris tipis
3 bawang putih, iris tipis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2-3 sdk mkn kecap manis / sesuai selera
1 sdk teh kaldu sapi dan garam secukupnya
200 ml air

Cara memasak :
Tumis Duo bawang hingga harum, masukkan cabe, aduk hingga layu
Masukkan kikil, tomat, air dan semua bumbu
Tutup wajan, masak hingga meresap api sedang
Koreksi rasa, sajikan hangat segera setelah matang

2 comments :

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel