Google Ad

Friday, August 3, 2018

Nasi Gegog Khas Trenggalek dengan Kongbap




Nasi Gegog adalah makanan khas Trenggalek dan sekitarnya. Dulu aku pernah makan versi Ponorogo yang memakai kelapa parut, kali ini aku mencoba versi yang Trenggalek yang langsung tumisan pedas aja bumbunya. Wah ternyata sama enaknya.

Aku suka menu Nasi tradisional dari berbagai daerah di Indonesia seperti ini. Rasanya itu memang khas...dan unik. Biar lebih sehat, aku tambahkan juga Kongbap, aneka biji-bijian kaya serat di Nasinya...wah..makin enak dan cantik penampilannya.

Kongbap ini membuat kita secara rutin mengkonsumsi serat yang kita butuhkan untuk tubuh, nggak terasa, karena langsung kita campur ke nasi yang biasa kita konsumsi juga sehari-hari, jadi sudah pasti nggak pakai terpaksa, dan bisa kita lakukan tiap hari.

Kongbap ini terbuat dari aneka macam biji-bijian kaya serat, cara menggunakannya juga mudah, tinggal di campurkan waktu memasak nasi. Takaran beras 250 gram plus 1 sachet Kongbap ya, dengan catatan takaran air tetap di tambah sekitar 50 ml agar hasil nasinya tetap pulen.

Nasi Kongbap ini enak dan bisa di olah jadi aneka menu apa aja kok, buat Nasi goreng, Arem2, dll enak aku udah coba semua. Jadi jangan takut untuk mencobanya ya teman-teman.  Ini aku tadi buat Nasi Gegog aku campur berasnya pakai Kongbap juga enak sekali hasilnya. Biasanya kalau cara tradisional di aron dulu ya, baru di kukus, kalau aku pakai rice cooker aja biar nasinya pulen nggak pero, terus di bungkus daun, di beri toping tumisan bisa Teri, Tuna, atau ikan pindang seperti yang aku buat ini ya..rasanya enak sekali, di makan bersama gorengan Tempe dan Tahu Bulat.

Yuk cobain teman-teman.
Nasi Gegog Khas Trenggalek dengan Kongbap

Bahan :
250 gram Beras putih
1 sachet Kongbap

Masak seperti memasak Nasi biasa di rice cooker, lebihin airnya 50 ml, agar tetap pulen, atau jika mau cara tradisional bisa di aron dulu.

Bahan Tumisan :
2 ekor Pindang salem agak besar, kukus, suwir-suwir, 2 cm lengkuas, memarkan, 2 lembar daun salam
10 buah cabai rawit merah ( sesuai selera pedasnya )
5 cabai merah keriting
8 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok teh Terasi

Halsukan bumbu, tumis hingga matang dan harum, masukkan daun salm dan lengkuas
Masukkan 100 ml air dan ikan suwir
Tambahkan 1 sendok teh gula pasir, 1 sendok teh kaldu jamur dan garam secukupnya
Masak api kecil hingga meresap
Koreksi rasa
Siapkan dua lembar daun, beri satu centong nasi Kongbap, taruh tumisan ikan di atasnya, bungkus tum
Kukus selama 30 menit
Sajikan hangat

1 comment :

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel