Google Ad

Monday, September 4, 2017

Bola-Bola Daging Goreng Kuah Bestik Solo


Hallo, gimana liburan panjang Idul Adha kemaren, masih punya stok Daging teman-teman ? 
Yuk kita masak menu simple dan segar yuk, jika bosan olahan Daging yang berbumbu dan berat. Menu ini praktis, tidak perlu merebus Daging lama-lama atau mengungkepnya. Nggak perlu banyak Daging juga..hihi. Yang penting pakai Daging kualitas yang bagus yang nggak berlemak, dan mudah di cincang...udah dech jadi menu yang enak dan seger ala restoran. 

Kali ini aku niru Sumber Bestik, Bestik khas Jowo, tapi aku modifikasi bahan utamanya, Biasanya Daging aja di iris kecil atau di cincang langsung di masukin kuah, kali ini aku  buat yang lebih enak dan lebih gurih buat anak-anak yang biasa malas mengunyah Daging yang berserat...hihi. Dengan di buat Bola-Bola Daging goreng seperti ini, di jamin dech anak yang kurang suka makan Daging biasanya, pasti jadi suka, karena jadi empuk, gurih, namun tetap juicy terasa Dagingnya.

Apalagi di sajikan dengan kuah gurih manis, mirip kuah Selat Solo khas jowo, yang lebih mudah di terima lidah kita di banding saus Steak ala luar negeri..hihi. Jadilah menu ini menu yang sangat enak dan pas untuk keluarga. Jadi Bestik Jowo ini adalah adaptasi Steak Luar yang dulu di adaptasi jadi menu-menu ala tradisional Jawa, yang biasa di sajikan untuk keluarga Kraton Di Yogya atau Solo, nah kali ini aku bikin yang versi Solo. Makanya di Solo banyak versi Bestik Jowo seperti ini, ada yang di pakai Daging iris agak besar dan lebar, seperti Selat Solo, ada yang di cincang seperti Sumber Bestik Jowo, ada juga yang dari Lidah, ada juga yang dari Galantin, jadi macam-macam dech. Kreatif memang ya...hihi..banyak ragam menu Bestik Jowo ini teman-teman. 

Nah dari pengalaman aku sering kulineran di Solo, jadilah aku sering utak atik resep sendiri juga, dan jadilah seperti ini. Maaf foto malem-malem, jadi seadanya dech fotonya ya teman-teman. Yang jelas, rasanya ini enak banget dan seger. Selamat mencba ya jika suka...

Untuk lebih jelas, silahkan lihat video berikut ini ya teman-teman, klik saja tanda panahnya.

Bahan Bola-Bola Daging

Bahan :
150 daging cincang
50 gram tepung panir, perciki air agar lembab
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
1 butir telur ukuran kecil
1/2 sendok teh kaldu sapi bubuk atau garam secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1/2 sendok teh gula pasir

Campur semua bahan di atas, aduk rata, bentuk bola-bola kecil, goreng hingga matang

Saus :
2 buat tomat di rebus, blender dengan 600 ml air
Tumis 1/2 buah bawang bombay, 4 butir bawang merah yang di iris tipis, dan satu bawang putih yang di geprek saja, tumis hingga harum, masukkan ke rebusan air tomat.
Tambahkan 1 sendok makan saus tomat, 3 - 4 sendok makan kecap manis, 1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera, 1/4 sendok teh merica bubuk, 1/8 sendok teh pala bubuk. 
Rebus saus hingga matang dan meresap, koreksi rasa hingga pas segernya sesuai selera

Pelengkap :
Daun selada secukupnya
Mayo Jawa atau Mayo beneran secukupnya
Kentang goreng potong dadu secukupnya
Wortel rebus secukupnya

4 comments :

  1. Seneng banget liat webnya Ibu Diah Didi, inspiratif banget, resepnya banyak yang cocok sama selera suami aku yang orang semarang solo, sedangkan aku orang betawi sunda, jadi suka bingung masak apa buat beliau hahahahah takut ga cocok di lidahnya. Terima kasih atas sharing resepnya Ibu Diah :)

    ReplyDelete
  2. daging nya bisa pakai daging ayam cincang?

    ReplyDelete
  3. Saya coba resep ini, hanya saja saos dan bola daging saya satukan di wajan sehingga bumbu meresap sampai ke dalam bola daging. Mantap rasanya. Terimakasih Mbak Diah.

    ReplyDelete
  4. Tepung panir nya pakai yang halus atau kasar Mbak

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel