Friday, September 15, 2017

Cilok Bumbu Pedas


Cilok lagi....kemaren kangen Cilok...jadi bikin dikit aja buat bertiga. kalau dikit itu malah enak..hahah. Yodha sekarang sudah suka Cilok, cuma ya sambil makan ya sambil komen, kok ngga ada rasa ikannya Mi....hihi..di kira Siomay kali ya harus pakai Ikan sama Yodha. Tapi beneran enak, lama nggak makan Cilok soalnya.

Bikin Cilok ini mudah saja sich, bahan juga murah meriah. jadi daripada jajan di luar bikin sendiri yuk teman-teman tentu lebih enak dan sehat untuk anak-anak ya.  Biar lebih gurih aku tambah ebi seperti resep Cilok yang versi lama udah ku posting, namun kali ini aku tambah isi Bakso yang aku iris-iris kecil. rasanya tambah enak dong. Boleh juga di isi sosis, keju, dll sesuai selera.

Untuk lebih jelasnya, lihat video pembuatan Cilok berikut ini ya teman-teman.

Oh ya untuk sausnya aku buat lebih pedas agar warnanya lebih menarik. Tapi jika kurang suka pedas ya buat saus tanpa cabe juga nggak masalah.
Cilok Ebi

Bahan :
100 gram tepung terigu
100 gram tepung tapioka / sagu
Ebi sangrai yang sudah di haluskan 1 sendok makan munjung
200 ml air panas ( secukupnya )
1 siung bawang putih , 2 batang daun bawang yang kecil , iris halus bagian daunnya saja.
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
Bumbu kaldu bubuk 1 sendok teh dan  garam secukupnya

Cara Membuat :
Campur terigu dan bumbu2 lain, tuangi air panas secukupnya sampai adonan basah, tapi tidak cair lho ya. Masukan tepung tapioka, aduk rata saja, jangan di uleni terlalu kuat ya biar nggak terlalu kenyal ciloknya, sampai adonan dapat di bentuk, jik amasih terlalu kering,boleh di tambah air panas sedikit.
Tes rasa dulu, goreng atau rebus adonan cilok sedikit, lalu cicipi rasanya..jika sudah pas sesuai selera, baru
di bentuk bulat2, lalu rebus di air mendidih hingga mengapung dan matang.
Angkat..sajikan dengan sambal kacang. Jika mau tetep hangat taruh di kukusan yang di panaskan sampai saat akan di sajikan.
Bahan Sambal Kacang :
100 gram kacang tanah
1 siung bawang putih
6 buah cabai merah keriting, 3 buah cabai rawit merah ( sesuai selera)
Gula merah  25 gram ( secukupnya )
Garam secukupnya
Kecap Manis sesuai selera
Saus sambal jika suka

Cara membuat :
Goreng kacang, bawang putih dan cabai hingga matang, lalu  haluskan, tambahin gula dan garam serta kecap dan saus. Aduk rata.


Oh ya, besok libur posting ya aku teman-teman, mau ke Yogya dulu mengisi acara di JEC, acara event Nasional dari Sriboga bekerja sama dengan kementrian UKM. Ayuk yang mau ikutan siapa aja boleh kok. Aku ngisi kelas food preneur ya, untuk sesi food photo, jadwal aku siang jam satuan. Ada cooking class juga untuk dewasa dan anak-anak..murah cuma 25 ribu per kelasnya, masih dapat goodie bag. Kita bisa belajar aneka roti, dll bersama team Sriboga. Pokoknya di jamin seru dech acaranya. Eh hari ini sudah mulai lho....silahkan yang belum punya acara dan mau belajar baking, dll..langsung aja daftar di tempat acara ya di JEC Yogya...sampai ketemu di sana ya...:D
Oh ya ini brosur acaranya ya...jika mau gabung langsung daftar di tempat sebelum acara...:D




No comments :

Post a Comment