Wednesday, September 27, 2017

RUJAK ES KRIM


Tadi malam udah full nulis resep..kok ilang sendiri tiba2..hihi. Ya udah tinggal tidur aja daripada jengkel. Pagi udah fresh, bisa nulis lagi dech. Kemaren mau nulis tentang Rujak Es Krim ( Es Cream )...kalau di Yogya kebiasaan di baca Es Krim sampai tulisan ikut gitu hahah. Rujak Es Krim ini mungkin nggak cuma di Yogya ya, tapi yang aku tau memang di Yogya dulu banyak sekali yang jual, dari jaman aku kuliah. Di Sekitar kampus UGM banyak yang jual. Kalau aku dulus ering beli di Sagan, yang dekat jual Pigura, tapi sering lewat akhir-akhir ini udah nggak ada..hihi. Kalau yang terkenal itu di daerah Pakualaman teman-teman jika mau coba paske Yogya ya. Itu udah jadi salah satu tujuan wisata kuliner kalau yang Pakualaman.


Rujak ini terbuat dari Rujak Serut. Sepintas memang kelihatan seperti rujak serut biasa, jadi mesti banyak yang bilang, tinggal minta tukang rujak buah di serut, terus di kasih es krim. Hemm..padahal jika di buat dadakan,belum mantep sich rasanya menurutku. Lebih enak itu jika Rujak serutnya di buat sehari sebelumnya, di taruh kulkas. Jadi akan keluar semua sari buah dan bercampur rasanya. nah..dengan begitu kuahnya itu terasa enak sekali. Asem manis seger aroma aneka buah  berpadu dengan lembut es krim ( es puter )..hemmm..enak sekali. Nggak mau berhenti nyuap dech sebelum mangkuk kosong...hihi.

Kayak kemaren yodha beli es puter, aku juga beli buat makan rujak serut yang udah nyetok di kulkas, padahal hujan..kok ya tetap habis semangkus...hahah. Tapi aku memang lebih suka pakai es puter, lebih unik dan khas rasanya daripada makan Rujak Es krim nya pakai es krim kemasan pabrik...hihi. Kalau di Yogya juga pakainya es puter sich kebanyakan. Untuk buah yang di pakai, buah apa aja, tapi haruas ada buah yang rasanya asam ya teman-teman misal mangga atau kedondong. terus haru ada Nanas, itu jugabikin rujakseger banget.

Rujak serut ini di inapkan dulu ya teman-teman di kulkas agar lebih lemes buah-buahnya dan lebih meresep semua bumbu dan sari buahnya. Rujak serut ini bisa di simpan berhari-hari di kulkas, makin enak ..hihi.

Oke, aku share resep bumbu rujak serutnya ya teman-teman. Aku tulis ini tanpa kencur ya..karena nggak semua orang suka kencur...kalau aku sich suka..hihi. 

Resep bisa di liat di video berikut ini ya jika mau lebih jelas ya...

 
Rujak Serut

Bahan : Aneka buah-buahan sesuai selera

Bumbu :
100 gram gula merah
2 buah cabai merah
2 buah cabai keriting
1/2 sendok teh terasi bakar
1/2 sendok teh garam
2 biji asam Jawa

Cara membuat :
Serut semua buah yang tekture keras, jika lembek dan berair seperti melon, di iris halus aja
Ulek semua bahan bumbu, tidak perlu di beri air, karena buah yang di serut akan mengeluarkan air sari buah, nantis emkain di simpan di kulkas, sari buahnya semakin banyak...jadi makin seger karena airnya dari aneka sari buah, bukan air.
Takaran buah secukupnya, di cicipi dulu ya, jika kurang bumbu bisa di dobel takaran bumbunya.
Simpan di wadah tertutup di kulkas ya
Sajikan dengan es cream atau es puter
Selamat mencoba

No comments :

Post a Comment