Wednesday, September 20, 2017

Tips membuat Sambel Mingguan Dengan Blender


Masih lanjut membahas sambal yuk teman-teman. kali ini aku mau bahas tentang sambal yang awet di simpan, sehingga kita tidak repot membuat sambal berulang kali, apalagi jika di rumah kita banyak penggemar sambal. tentu agak repot ya jika bolak balik bikin Sambalnya.


Atau teman-teman punya warung makan, misal warung ayam Goreng, Warung Ayam bakar dll, membuat Sambal dalam jumlah banyak sekalian, tentu akan meringankan pekerjaan. Aneka Sambal yang bisa di stok, antara lain adalah Sambal Terasi matang dan Sambal Bawang. Kali ini aku mau bahas tentang Sambal Terasi Matang ya.  Jika kita masak hingga tanak, sambal ini awet di suhu ruang berhari-hari atau seminggu hingga dua minggu di kulkas.

Nah tentu akan lebih mudah jika membuat Sambal stok seminggu jika menggunakan Blender, karena tentu kita akan sedikit kesulitan ya, misal mau mengulek cabai dalam jumlah banyak...hihi. Kecuali niat memang mau menguleknya ya nggak apa-apa. Namun jika teman-teman hanya punya sedikit waktu luang dan tidak mau repot, bisa kok sambal di blender. 

Nah tips apa aja nich agar Sambal yang di blender tetap enak, aku kasih sedikit tipsnya ya. Yang pertama, bahan harus sudah matang dulu sebelum di blender. Bisa kita matangkan dengan cara di goreng atau di rebus. Jika bahan seperti cabe, dalam kondisi mentah di blender, akan langu aromanya.

Memblender Sambal juga jangan terlalu halus ya, kiat bisa mainkan tombol blender, on..stop..on..stop, jadi kita bisa mengatur tingkat kehalusan sambalnya. Jika terlalu halus, berkurang juga sedepnya. Selanjutnya, menumis sambal yang di blender, karena ada kandungan air, masak dulu dengan api kecil hingga air menguap, selanjutnya tambahakan sedikit minyak. Masak dnegan api kecil hingga meresap dan tanak bumbunya, cirinya..warna jadi lebih cerah tapi agak tua warnanya dan keluar minyaknya.

Jangan lupa koreksi rasa sebelum matang. Dinginkan dulu sambal sebelum di kemas. Sambal seperti ini bisa di kemas di botol, bisa juga jadi peluang usaha lho. Kuncinya agar Sambal Terasi Matang ini enak, gunakan Terasi yang enak juga ya teman-teman. Kalau aku nggak bisa move on dari Terasi Juwana..hihi. Terasi ini salah satu best seller jualanku, dan nggak ada yang beli yang nggak bilang enak..semua suka.

Dan yang jelas, terasi ini sudah aku uji cobakan di Dinas Kesehatan sini, jadi aman, bebas dari bahan pengawet, boraks, pewarna dan lain-lain yang aneh-aneh, murni terbuat dari Rebon segar aja.

Ini penampakan Terasi yang aku jual dan hasil Uji coba lap nya...:) Untuk Resep Sambalnya pernah aku share ya teman-teman yang Sambal Terasi Matang ini, silahkan lihat di SINI. Yang mau coba Terasi Juwana yang aku jual, boleh lho..sms atau wa aja ke 089654712500 ya. Selamat mencoba.



4 comments :

  1. Assalamu'alaikum mb diah...
    Kebetulan banget mb diah posting mslh sambel, mau nanya...gmn caranya spy sambel bs aweT smp berminggu2...karena sy menjual sambel bawang dan ada rncana mau dimasukin ke toko2..apakah ada perlakuan khusus jg utk botolnya? Makasih mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sambal bisa di awetkan dengan penambahan minyak yg agak byk..dan juga memasak nya hgg benar2 masak ya 😊

      Delete
    2. Untuk sambal bisa di awetkan dengan penambahan minyak yg agak byk..dan juga memasak nya hgg benar2 masak ya 😊

      Delete
  2. Trasi juwana mmg TOP MARKOTOP kebetulan ibu sy dr PATI jd tiap pulkam pasti bawa mpe kiloan.

    ReplyDelete