Wednesday, September 27, 2017

Kue Labu Kuning Goreng Beragi


Dalam rangka menghabiskan stok semangkuk Labu kuning kukus di kulkas, aku buat ini aja kemaren. Ini aslinya kue dari Malaysia, namanya kue Cucur Manis Labu kuning. Ya semacam gorengan gitu ya jika di Indonesia Cucur itu. Ada Cucur gurih, misal pakai Udang, sayuran. Ada pula Cucur manis, seperti pakai Labu atau Pisang, dll. Tapi..karena di Jawa juga ada kue yang namanya Cucur yang bentuknya sangat berbeda, bahan juga berbeda, daripada salah persepsi, aku tulis kue Labu Kuning goreng aja ya..hihi.

Kue ini pakai Ragi, jadi lebih empuk hasilnya. Mirip roti goreng tapi lebih padat, bukan donat juga ya, karena kuenya tidak terlalu berpori seperti donat. Dan juga tidak perlu di uleni, hanya di aduk-aduk seperti bikin gorengan biasa aja. Tapi adonan memakai Ragi, jadi di diamkan dulu sekitar 30 menit hingga mengembang, jadi lebih empuk hasilnya.

Kalau rasanya, enak manis gurih legit....labu kuningnya juga terasa banget. Cara membuatnya mudah sekali...jadi ayuk di coba teman-teman..lumayan buat teman ngeteh sore hari. Oh ya, kemaren aku modifikasi aku tambah kismis, aslinya nggak pakai. Takaran bahan juga menyesuaikan jumlah labu kuningku, gula juga aku pakai sedikit samar-samar aja manisnya. Tapi jika suka manis boleh di tambah sesuai selera. Tapi jika gula agak banyak, ati-ati gorengnya apinya jangan terllau besar ya agar tidak mudah gosong.

Cara lan jika mau lebih manis, bisa di taburi gula hals setelah matang, jadi seperti donat gitu enak juga. Jika nggak suka kismis, boleh kok polosan aja seperti aslinya. Pemakaian air secukupnya ya, karena tergantung kadar air dari Labu kuningnya. Kemaren aku dapat Labu kuning yang kadar airnya banyak, jadi aku cuma pakai sedikit air, yang penting adonan jangan terlalu lembek ya, agar tidak menyerap minyak ketika di goreng.

Oke, simak langsung resepnya ya teman-teman, videonya juga ada  :


Kue Labu Kuning Goreng Beragi

Bahan :
175 gram Labu kuning kukus
150 gram tepung terigu protein sedang
30 garm gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 sachet kecil vanili
1 sendok teh ragi
Kismis 50 gram, rendam air panas, tiriskan

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata 
Masukkan kismis
Diamkan 30 menit
Panaskan minyak
Sendokkan adonan ke minyak yang sudah panas api kecil saja
Goreng hingga matang
Sajikan hangat

3 comments :

  1. Assalamualaikum mb Diah. Diresep g ada jumlah airx mb, apa memang tdk dicantumkan krn jmlx sedikit ya? Kira2 bs panggang g ya mb? Misal pake cetakan takoyaki gitu, alx mau mengurangi minyak mb. Terima kasih jawabanx n sukses selalu buat mb Diah ^_^

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum mb Diah. Diresep g ada jumlah airx mb, apa memang tdk dicantumkan krn jmlx sedikit ya? Kira2 bs panggang g ya mb? Misal pake cetakan takoyaki gitu, alx mau mengurangi minyak mb. Terima kasih jawabanx n sukses selalu buat mb Diah ^_^

    ReplyDelete