Sunday, September 24, 2017

Membuat Dadar Gulung Dengan Wajan Kewalik ( Crepes Maker )


Jaman sekarang itu kita makin di manjakan dengan peralatan ya teman-teman. Banyak sekali inovasi peralatan dapur yang keren-keren. Nah salah satu andalanku jika di dapur adalah Wajan Kewalik atau Crepes Maker nama kerennya. 
Alat ini berupa pan yang di pakai bagian bawahnya, makanya di namakan Wajan Kewalik juga ya. Jadi bagian bawah pan, setelah di panaskan, tinggal di celup ke adonan yang mau di dadar. Apa aja..bisa adonan leker, crepes, lumpia, Risoles, bahkan bikin Dadar Gulung seperti yang aku buat ini juga bisa pakai wajan kewalik.

Kelebihan pakai alat ini adalah, lebih cepat prosesnya, dan sama tipis hasilnya. Beda dengan wajan dadar bias akan kita harus menipiskan manual adonannya. Kalau pakai wajan kewalik ini tinggal celup saja ke adonan, beres, nanti akan sama tipis hasil dadarannya.

Tips memakai wajan kewalik itu pertama di panaskan dulu pannya, lalu tinggal di celup ke adonan. Panas api jangan terlalu panas agar hasil yang bagus, jika kita celup, bunyinya cesss...itu pas panasnya. Tapi jika waktu kita celup ke adonan, berbunyi...nyosss...itu tandanya pan nya terlalu panas, jadi nanti hasil dadaran terlalu berlubang..hihi. Jika bikin Kulit Dadar gulung sich malah bagus ya berlubang, tapi tetap saja jika kepanasan, lubangnya juga kurang cantik.

Merawat wajan kewalik agar awet, jangan sering di cuci ya. Habis di pakai di lap aja pakai kain halus. Jadi akan awet pan anti lengketnya. Wajan jangan di oles minyak juga waktu di pakai, jika di oles minyak, nanti malah adonan akan lepas waktu di celup. Jika terpaksa di oles minyak, setelah di oles, segera di lap, jadi sekedar melicinkan permukaan pan nya saja.

Oke, langsung saja yuk cobain bikin Dadar Gulung pakai wajan kewalik ini, jika teman-teman punya Wajan ini di rumah. Yang belum punya, bisa kok order di aku..wa aja ya atau sms ke 089654712500 ya....:D

Video cara membuat kulit Dadar Gulung dengan wajan kewalik, di video di bawah ini ya..seperti biasa, klik saja tanda panahnya :





Bahan Kulit:
200 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh garam
2 butir telur
600 ml santan dari 1/4 butir kelapa
4 tetes pewarna sesuai selera
Campur semua bahan kulit, saring
Panaskan Wajan Kewalik, celup ke adonan kulit 
Panggang hingga matang 

Bahan Isi:
200 gram kelapa parut kasar
75 gram gula merah sisir / secukupnya
1/4 sendok teh garam
2 lembar daun pandan, disimpulkan
150 ml air

Cara membuat : 
Masak kelapa parut kasar, gula merah, garam, daun pandan, dan air sambil diaduk sampai meresap dan kering. Sisihkan.

3 comments :

  1. Mbak diah, saya mau tanya kalau saya pakai santen kaleng, pakai santen kental atau santen cair. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Mbak diah, saya mau tanya kalau saya pakai santen kaleng, santennya pakai yang kental
    atau cair ya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. 1 resep ini jadi brp pcs kulitnya mba?

    ReplyDelete