Thursday, March 29, 2012

Misoa goreng ..versi lain


Dulu sempat posting misoa goreng juga ..cuma dulu di balut tepung, sekarang misoa goreng versi lain, yang di celup telur kocok. Kayaknya misoa goreng ini terkenalnya cuma di Semarang ya..karena pas ku posting di grup banyak yang kurang tau. Tapi ya memang bener sich....aku kenal makanan ini setelah tinggal di Semarang. Dulu pertama kali mencicipi misoa goreng ini di sebuah bakery terkenal di Semarang..karena rasanya enak dan pas bumbunya..langsung dech jatuh cinta. Dulu ku kira malah bihun, setalah tahu bahan dan cara masaknya..ternyata gampang..cuma misoa aja..itu lho..kayak mie kecil kecil dari terigu yang biasa di buat sup. Aku biasanya ku goreng tepung misoanya..kayak mendoan gitu..cuma kemaren pas ke Jakarta , di pesawat dapet snack misoa goreng yang enak banget..di goreng pakai kocokan telur aja..dan suami juga suka, akhirnya bikin dech yang di goreng pakai telur. 

Resepnya..masih sama, cuma beda sedikit prosesnya..klu ini pake ku kukus sebentar biar bagus di cetaknya. Sebenernya aslinya di cetak di loyang kotak besar aja..trus di potong2 kotak..baru di celup ke kocokan telur terus di goreng..tapi biar Yodha suka makan..jadi ku bentuk pakai cetakan kecil2 gini..kasih telur puyuh..beneran dech..Yodha jadi tambah semangat makannya..^^

Bahan:

1 bungkus misoa
100 gram ayam cincang
2 buah wortel,serut kasar
1 buah daun bawang,iris halus
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
1 buah bawang putih,haluskan
bumbu kaldu rasa ayam 1 sendok teh
garam secukupnya
gula pasir 1/2 sendok teh
merica bubuk 1/2 sendok teh

Cara membuat :
Rendam misoa dalam air hangat hingga lemas, tiriskan. Tumis bawang bombay dan bawang putih, sampai harum dan matang, masukkan ayam dan wortel, daun bawang dan 100 ml air. masukkan misoa dan bumbu2 lain, aduk sampai air menyusut.
Taruh misoa di cetakan kecil2 yang sudah di oles minyak, taruh 1 telur puyuh di atasnya, kukus selama 15 menit. Dinginkan, lalu celup ke kocokan telur dan goreng hingga kuning keemasan dan matang.sajikan hangat. Bisa juga di kukus di loyang kotak, terus di potong potong.

Bentuknya setelah di kukus kayak gini nich..harus masih berbentuk mie nya....makanya..ngukusnya jangan lama2, karena misoa ini gampang banget matengnya..kalau kelamaan..jd melebur ..gak berbentuk mie lagi..sensasi rasanya beda..ntar cuma kayak bakwan rasanya..berasa tepung...bukan misoa lagi..^^


2 comments :

  1. Mbak,sori agak bingung sama penjelasan nya di atas. Itu waktu numis ayam,wortel dan bumbu2nya itu misuanya ditumis bareng ngga,bru trus dimasukin loyang? Tdk disebutkan di atas.....ato misuanya ditaruh loyang dulu trus dituangin tumisan sayur,lalu dikukus?
    Thanks before:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masukin Mba..di aduk bentar..tapi jangan lama2 di masaknya..ntar kelembekan..^^..biasa..suka lupa nulis Mba..hihi

      Delete