Friday, March 9, 2012

Cara Bikang Ubi Ungu


Gara2 heboh posting soal macem macem cetakan di langsungenak..daku jadi tertantang untuk coba bikin cara bikang ini..dengan cetakan baruku yang ku beli di progo kemaren...Ada teman yang bilang sich cetakan ini bukan untuk cara bikang..tapi di label nya jelas tertulis cetakan cara bikang..ya sudah..ku coba saja bikin..dan dari dulu memang penasaran..pengen bikin carabikang pakai ubi ungu gini..dan tara..berhasill..merekah dan berserat dengan indahnya....gak rugi..biarpun rada ribet..tapi puas hasilnya..^^
So..this is its..Cara bikang ubi ungu..

Eh ini dia bentuk cetakannya..buat gambaran yang mau bikin..^^..tapi bisa pakai cetakan cara bikang model yang cekung juga..



bahan biang:
2 sendok makan tepung beras
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa

bahan:
350 gram tepung beras
50 gram tepung terigu protein sedang
150 gram gula pasir
3/4 sendok teh garam
100 gram ubi ungu, dikukus, dihaluskan
600 ml santan dari 1 butir kelapa


Cara Pengolahan :
  1. Blender santan dan ubi ungu sampai halus. Saring dan ukur 700 ml.
  2. Bahan biang: masak tepung beras dan santan sambil diaduk sampai meletup-letup. Angkat.
  3. Panas - panas. Tuang ke dalam campuran tepung beras, tepung terigu, gula pasir, dan garam. Aduk rata dengan sendok kayu.
  4. Setelah hangat, tuang campuran santan dan ubi ungu sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan dengan kecepatan rendah 15 menit. Tambahkan pewarna ungu sdkt ...jika suka warna yang lebih terang..namun sebenernya dari ubi ungu aja udah nyumbang warna alami. Aduk rata.
  5. Panaskan cetakan poffertjes dengan diberi kelapa parut. Tuang adonan setinggi 3/4 cetakan. Panggang sampai berlubang-lubang. Setelah berlubang kecilkan api. Cungkil bagian bawah dan tengah adonan. Tahan sampai merekah. Angkat.

3 comments :

  1. mbak carabikang kue favorit anakku,,, tpi kok aq selalu gagal ya kalo bikin,,, gk bisa merekah n berserat,,,, minta tips n triknya
    suwun mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai resep yang ada adonan biangnya kayak di atas Mba Dewi..biasanya bisa berserat..:)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete