Wednesday, March 7, 2012

Bakpao Taosa



Bahan kulit :
250 gram tepung terigu protein sedang
65 gram tepung tang mien
50 gram gula tepung
20 gram susu bubuk
1 ½ sendok teh baking podwer
1 putih telur
150 ml air es
30 gram mentega putih
½ sendok teh garam
Bahan isi :
75 gram kacang hijau kulit, cuci bersih
3 sendok makan air merang ( dr 4 sendok makan merang bakar dan 75 ml air, saring )
1 lembar daun pandan
50 gram gula pasir
1/8 sendok teh tepung ketan
¼ sendok teh garam
25 ml santan kental instan
Cara membuat :
Buat isi,rebus kacang hijau hingga empuk. Haluskan dgn blender
Tambahkan air merang, daun pandan, gula pasir, vanili, dan tepung ketan. Aduk rata
Masak sambil di aduk dengan api kecil hingga matang, tambahkan garam dan santan,masak sampai kalis.
Buat kulit ,campur tepung terigu, tepung tang mien, gula tepung, susu bubuk, ragi, dan baking powder. Aduk rata.
Masukkan putih telur dan air es sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis, tambahkan mentega dan garam, uleni hingga elastis. Diamkan 30 menit.
Kempiskan adonan, Timbang masing 25 gram, bentuk bulat.diamkan 10 menit.
Ipihkan adonan, beri isi. Bentuk bulat.diamkan 40 menit hingga mengembang.Kukus 10 menit  dgn api sedang.


10 comments :

  1. maaf mak diah mau nanya tepung tan mien tu apa?soalnya sy nanya di TBK katanya ndak tau dan ndak ada yahhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepung tang mien adalah tepung yang terbuat dari pati gandum, dengan warna yang lebih putih dan tekstur yang lebih halus dari tepung terigu. Tepung ini kerap digunakan untuk membuat kulit hakau (dim sum udang). Untuk bakapo..bisa membuat bakpao lebih putih dan lembut Mba. coba cari di TBK yang besar. atau supermarket..Mba tgglnya di mana? Soalnya.aku di Semarang..di TBK deket rumah aja mudah kok cari tepung tangmien..ini..udah di kemas 1/4 kg gram gitu biasanya.

      Delete
    2. halo sis Diah, saya pernah coba pakai tepung prot rendah (kunci biru) dgn campuran tang mien 1:2 dan 1:5 tapi apapun hasilnya pasti bantat, kalau saya tdk pakai tang mien hasilnya lbh oke, kira2 tekniknya bgmn ya koq sis Diah bisa pakai Tang mien?

      Delete
  2. raginya ukurannya berapa mbak? kalau aku skip susu bubuknya bisa tdk Mbak . Terimakasih Mbak Diah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 1/2 sendok teh mba..lupa nulis ya..:)..bisa aja..susu bubuk di skip..itu biar tambah lembut dan gurih aja rasanya..:)

      Delete
  3. Mbak Diah, bakpaonya bagus banget. Empuk, menul2 dan tdk lengket di gigi. Kemarin saya bikin dg isian taosa dan kacang tanah. Abu merang tinggal sedikit, sisa bikin lapis jongkong wkt itu, jadi taosanya kurang hitam. Lain kali saya mau buat dg isian ayam. Sebelumnya saya coba bikin bakpao dg beberapa resep dari blog lain, namun hasilnya belum memuaskan saya. Resep mbak Diah ini sdh hampir persis spt yg dijual. Saya ikuti resepnya plek. Terima kasih, mbak.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Sisca...syukurlah jika berhasil ya membuat bakpaonya..:)
      Memang kalau pakai abu merang nggak sehitam yang di jual2 mba..tausanya. Kalau yang di jual2 itu biasanya pakai tawas hijau jadi isinya bisa hitam pekat..:)

      Delete
    2. Tawas, mbak? Wah, ngeri juga ya kalau sering2 beli. Untunglah kita bisa dan mau bikin sendiri. Sekali lagi terima kasih.
      O ya, saya ikut mendoakan semoga program hamilnya berhasil. Sisca - Surabaya

      Delete
    3. Iya Mba..aku sering baca beberapa resep isian tausa..dari chef2 terkenal kita di majalah atau tabloid..kok pada pakai tawas hijau semua..:)
      Amin..mksh ya Mba..:)

      Delete
  4. Mbak Diah...mau nany di toko apa kita bisa beli abu merang?

    ReplyDelete