Friday, March 30, 2012

Kering Tempe


Kering tempe..masakan yang sangat sederhana dan gampang banget buatnya, tapi aku suka. Jadi sering bikin kering tempe ini. Kering tempe ini cocok buat temennya nasi kuning atau stock lauk kering. Jadi kalau kepepet belum sempat masak, dan tidak ada lauk.......bisa di makan sewaktu waktu. Jadi..cocok juga buat anak kost..hehe..atau buat bekal camping ..awet.

Semuanya pasti udah bisa ya bikin kering tempe..tapi gak pa2 dech..ku tulis aja resepnya..sapa tau ada yang baru belajar masak dan nyasar kemari cari resepnya..^^..biasanya yang baru belajar masak kan pengen yang gampang gampang dulu.....^^

Kering tempe kacang

Bahan :
1 papan besar tempe, patong potong tipis, supaya bisa renyah dan garing. klu mau gurih.rendam di air yang di beri  garam sedikit.
kacang tanah 100 gram, goreng 
cabe merah kira2 aja ya , kalau aku suka pedes jadi 10 buah dech, dipotong serong,goreng garing juga.
bawang merah 5 siung, goreng garing juga
bawang putih 5 siung, iris tipis tipis , goreng sampai garing juga ya.
gula merah 100 gram
bumbu kaldu ayam 1 sendok teh
garam sesuai  selera
2 siung bawang putih yang di haluskan

Cara Membuat :
Tempe di goreng sampai garing.tumis bawang putih hingga harum dan matang, masukkan  gula merah  ,tuangi sedikit air, kira2 buat cairin aja..50 ml cukuplah..aduk sampai gula bermabut dulu ya..baru masukan cabe dan bawang putih dan bawang putih goreng, garam, bumbu kaldu, lalu masukan tempe dan kacang goreng , aduk rata sampai kering ya. Jadi dech..kering tempe versi aku..hehe..awet ..karena semua bumbunya juga kering.

Jika suka..bisa di tambah teri medan..juga enak.


4 comments :

  1. postingan yang bagus bisa memberikan referensi,
    jika sempat mampir dulu ke blog saya
    http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

    terimakasih

    ReplyDelete