Monday, March 5, 2012

Cap Cay Kampung a.k.a Cap Jae..



Masakan jadul khas Yogya ini ku buat saat lagi pengen makan cap cay..tp kok bosan ya dengan c cap cay ala Chinese food yang super komplet dan penuh protein hewani itu..pk ayam,udang,sosis,bakso..dll..
Akhirnya ku ingat masakan rumahan khas Yogya yang dulu sering di masak Ibuku..ya..cap cay kampung..cap cay minimalis yang bahannya cm tepung terigu yang di buat kekian palsu..hehe..Di tempat tinggal ku di Yogya dulu klu ada acr hajatan,pasti salah satu menu wajibnya adalah cap cay ini. Di pasar2 tradisional juga masih ada kayaknya..di jual bareng mie goreng kuning Jawa yang rasanya kampung juga..hehe..abis bumbunya minimalis..biasa di makan pakai sambal tomat merah..yg rasanya kampung juga..krn gak pk terasi...Jadi klu makan mie kuning jawa,ya lauknya cap cay ini..kadang buat lauk nasi juga..hehe..gak sehat banget ya..karbohidrat lauknya karbohidrat..gak pa2 ya ..sekali2.. di Yogya namanya cap jahe..mungkin di plesetin ya atau emang lidah orang Jawa..gak tau dech..yang penting enakkk...
Akhirnya ku buat juga cap cay kampung ini stlh lama terlupakan,dan terbiasa dgn cap cay A la Chinese food..Ini resepnya ya..ku ingat2 aja waktu dulu sering bantu ibuku masak cap cay ini..
Bahan kekian palsu :
200 Gram tepung terigu yang biasa aja, jgn yang protein tinggi ya..nanti alot kekiannya..hehe
250 ml air,atau secukupnya utk bikin adonan,spt adonan bakwan,tp kosong gak pk isi sayuran
Bumbu kekian :
1 siung bawang putih
2 sdk teh kaldu bubuk,atau garam & penyedap ( sesuai selera aja )
Pelengkap:
Wortel,potong bulat tipis
Kol/kobis ,potong kasar
daun bawang 2 btg,potong kasar juga
Daun sledri dan bawang goreng utk taburan
Bumbu cap cay :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
Merica butiran,5 butir
bumbu kaldu/garam secukupnya

Cara memasak :
Campur adonan kekiannya,terigu,air,dan bumbu halus,sampai adonan kental spt bakwan,goreng sesendok demi sendok ke minyak panas,sampai adonan habis..
Setelah dingin potong2 kcl memanjang atau sesuai selera
Haluskan bawang putih,merica,kemiri,tumis hingga matang dan harum,masukkan sayuran,aduk sampai layu, tambahkan sdkt air,beri bumbu kaldu/garam, gula pasir sdkt,stlh itu masukkan kekian palsu..Aduk sampai bumbu meresap dan kering.Sajikan dengan taburan bawang nerah goreng dan irisan sledri..di makan hangat 2 dengan sambal tomat..atau pk cabe rawit juga enak..hehe..



15 comments :

  1. Salam kenal Mbak Didi.. Seneng banget nemu website Mbak Didi. Sangat insipiratif dan bermanfaat sekali blognya! :)

    Kebetulan aku lagi tinggal di LN, sering bingung cara masak kuliner2 favorit yang sering kunikmati dulu di Jogja, salah satunya Cap Jae.

    Keep cooking and sharing the recipes yah Mbak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..salam kenal juga..:)
      Wah..iya..kalau tinggal di luar pasti kangen ya masakan rumahan ala Indonsia...seneng bisa sedikit membantu mengobati rasa kangen masakan rumahan Mba, dgn berbagi resep..semoga sesuai selera ya..:)

      Delete
  2. Pagi mbak Diah :D Hr ini mau cobain bikin kekian palsunya hehe.... Mbak kalo terigunya diganti kanji sebagian gimana yak? Coz tukang mie dok dok jadul yg suka liwat depan rumah sy duluuuu banget tuh kekian palsunya tuh kenyal kenyil gt mbak. Skrg uda gak ada, jd kangen dee. Jd bisa kah mbak diganti sebagian gt, atau ga perlu? Thanx sebelumnya ya mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba..di ganti dikit aja..jgn kebanyakan..ntar beneran kenyal2 kayak cireng..hihi

      Delete
    2. Siip mbak, udah tak bikin. Tepungnya 1/5 sy ganti kanji. Tp sy pake resep yg ada udangnya sebanyak separuh dr tepung, sy coba jg udangnya sy ganti dg lemak dr kulit, lalu sy kasih daun bawang banyak2. Puassss deh, kenyal kenyul ehee... Sebagian sy goreng, sebagian dikukus (spy bs bikin yg agak tebelan, jd lbh terasa kenyil2nya he..he..), tar kalo mau pake br dipotong n digoreng. Kpn2 mau bikin banyak, jd bs utk stok kalo sewaktu2 mau masak nasi/mi/bihun/soun goreng dll. Tengkyu ya mbak :)

      Delete
  3. Mba,aq udh nyoba ini enakkk,aq tambah saus tiram sedikit,tp hasilnya ga secantik kayak difoto mba..;) trus kekiannya terlalu lembek krna ngungkep wortelnya lama bgt dan saking ga sabarnya pgn cepet jadi,kekiannya udh aq masukin

    Adonan kekiannya itu kentel ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Ratna..masukin kekiannya terakhir aja..jadinya nggak lembek..:) Oh ya wortel ndak perlu di ungkep lama2 mba..di iris tipsi2 aja di gongeng di api besar nanati matang kok..malah masih kres2 gt rasanya..atau jika mau praktis rebus dulu sebentar ya woretlnya..jk buat anak2..:)

      Delete
  4. Mbak.. mau tanya itu telurnya ada di gambarnya.. pakai telur berapa dan masukkinnya kapan ya mba.. by Gita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setalah bumbu di tumis mba..sisihkan bumbunya...masukkan telurnya ya..:)

      Delete
  5. Mbak mau nanya, cara biar adonannya ngembang gimana ya?? Saya bikin ko bantat yaa, terima kasih

    ReplyDelete
  6. cap jae kampung emang pakainya gandum gini, Mbak, kekian palsu, kata mertua. Tapi suami saya seneng banget nyari cap jae kayak gini kalau pulang ke solo, cap jae minggir jalan, yang walau ada ati ampela, ayam, sama udang, tetep aja ada tepung digoreng ini. pertama saya juga kaget, karena setahu saya, kalau makan capcay itu isianny kekian, rasanya mirip adonan siomay udang, kok di kota kelahiran suami yang namanya capcay rasanya jawa banget. Suami memang selalu bilangnya cap jae, tapi saya baru ngeh setelah baca tulisan Mbak Didi. Kirain suami salah ngomong karena lidahnya pendek hehe. Duh belasan tahun nikah, baru ngeh sekarang...
    Makasih resepnya ya, Mbak, sore ini mau saya coba buat capjae ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..kalau di Jowo..nasi goreng..mie goreng..cap jae..enak pakai kekian palsu ini..:) Kalau kekian asli yang versi chinese kan malah mblenger ya mba..nah kalau yang palsu ini malah neak buat di gado..hihi

      Delete
    2. Cap jae nya laris manis, Mbak, semua suka, terutama kekiannya, suami makan satu piring sendiri pas anget anget. katanya, ini baru namanya cap jae, hehe, yang dulu dulu apa ya?
      Untuk sayuran saya pakai seperti kalau buat cap cay karena memang lagi banyak stok sisa buat sop siang. semua dimasukin aja, daripada busuk, sembari bersih bersih kulkas. tapi untuk isian protein hewani cuma dari kekian dan telur, gak pake ayam, udang atau ati ampela. Minimalis tapi tetep enak, kayaknya kalau bikin capcay pun mau pake kekian ndeso ini aja, karena suami dan anak anak suka. ohya, hari ini saya juga nyoba resep soto kudus Mbak Didi, rencananya buat sarapan dan makan siang besok. Dibuat kuahnya hari ini sekalian biar pagi pagi gak ribet, soalnya suami dan anak saya berangkat pagi, jam 6 teng udah harus sarapan. Sayangnya saya gak nemu kecap yang Mbak rekomendasikan, jadi pakai kecap Bango, yang ada di rumah.

      Delete
    3. Cap jae nya laris manis, Mbak, semua suka, terutama kekiannya, suami makan satu piring sendiri pas anget anget. katanya, ini baru namanya cap jae, hehe, yang dulu dulu apa ya?
      Untuk sayuran saya pakai seperti kalau buat cap cay karena memang lagi banyak stok sisa buat sop siang. semua dimasukin aja, daripada busuk, sembari bersih bersih kulkas. tapi untuk isian protein hewani cuma dari kekian dan telur, gak pake ayam, udang atau ati ampela. Minimalis tapi tetep enak, kayaknya kalau bikin capcay pun mau pake kekian ndeso ini aja, karena suami dan anak anak suka. ohya, hari ini saya juga nyoba resep soto kudus Mbak Didi, rencananya buat sarapan dan makan siang besok. Dibuat kuahnya hari ini sekalian biar pagi pagi gak ribet, soalnya suami dan anak saya berangkat pagi, jam 6 teng udah harus sarapan. Sayangnya saya gak nemu kecap yang Mbak rekomendasikan, jadi pakai kecap Bango, yang ada di rumah.

      Delete