Google Ad

Showing posts sorted by relevance for query risoles. Sort by date Show all posts
Showing posts sorted by relevance for query risoles. Sort by date Show all posts

Saturday, April 19, 2014

Risoles Vs Lumpia


Mungkin..sekilas mirip ya..risol sama lumpia..tapi keduanya jelas2 berbeda. Sekali gigit aja..pasti lidah kita bisa membedakan rasa risoles dan lumpia itu benar2 berbeda...kecuali..kalau isianya sama lho ya..ya pasti rasanya hampir sama. Soalnya risoles ya memang bermacam2..dan kadang..kayak aku..suka juga mengacau juga..hihi..misal bikin risol tanpa panir..dll...jadi kayak mirip lumpia.
12

Friday, February 17, 2017

Tips Membuat Risoles


Kemaren aku buat risoles dalam jumlah banyak untuk acara 7 harian Bapak. Aku posting di Instagram, banyak teman-teman yang menanyakan tips kulit risoles agar tidak mudah sobek. Sebenarnya sudah banyak resep risoles aku posting di web, namun kali ini aku akan bahas tips-tipsnya ya...agar teman-teman yang baru belajar bikin Risoles, bisa membuatnya dengan lebih baik.
6

Friday, September 27, 2013

Risoles Ragout Ayam Segitiga


Pernah lihat risoles segitiga teman2?..Pasti sudah ya..di bakery2 atau di tempat tukang jual jajanan pasar..kadang2 ada yang gorengan ini. Rasanya sich..kayak risoles biasa..cuma bentuknya itu lho yang segitiga..jadi kelihatan beda dan menarik. Aku pertama kali beli risoles segitiga ini di TBK langgananku..yang selain TBK..dia juga bakery kecil2an gitu. Isinya..kadang makaroni..kadang juga ayam..soun dan jamur kuping. Aku sich suka semua..hihi..*penggemar risoles*

23

Wednesday, July 27, 2011

Risoles ragout Makaroni Keju


Risoles..cemilan favorit keluargaku..selain mengenyangkan juga bergizi ,jadi kadang kalau lagi malas makan, ya risoles ini bisa buat alternative,bisa buat sarapan atau bekal anak sekolah. Karena sudah sering buat risoles yang isi ragout , untuk variasi rasa, bisa di ganti  makaroni lho..rasanya juga tak kalah enak dengan yang isi ragout kentang . Mau coba?..Ini dia resep nya :


Risoles Ragout Makaroni Keju

Bahan Kulit :
150 gram terigu
1/4 sdk teh garam
2 butir telur
400 ml air ( Jika suka kulit risoles yang lembut, ganti air dengan susu )
2 sdk mkn minyak goreng,aduk rata

Bahan isi :
1 sdk mkn margarin
1/2 bawang bombay
 2 siung bawang putih
150 gram ayam rebus, potong atau suwir kecil
150 gram wortel, iris dadu, ( biar mudah  ngirisnya..rebus sebentar wortel...jd pas di buat ragout juga lebih empuk wortelnya.)
100 gram makaroni pipa, rebus sampai empuk
Keju secukupnya,potong kotak2 kecil
2 lbr daun bawang
susu tawar cair 150 ml ( UHT )
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt teh bumbu kaldu ayam
1/2 sdt pala bubuk
1 sdk teh gula pasir ,atau sesuai selera..cicipin hasil hasil akhir ragout agar bisa dapet rasa yang pas..klu suka  sdkt manis bisa tambahkan gulanya..bila kurang gurih tambah bumbu kaldunya.
2 sdk makan terigu

Adonan pelapis : 50 gram terigu
                          10 sdm air, aduk rata
                          200 gram  tepung roti

Cara membuat :
Kulit : 
Taruh tepung terigu dalam mangkuk bersama garam, buat lubang di tengah, pecahkan telur, aduk.Tambahkan air sdkt demi sdkt,aduk rata.masukkan minyak goreng, aduk rata. Bila ada tepung yang msh menggerindildi adonan,saring pakai saringan kawat adonannya sampai halus dan licin. Buat dadar tipis di loyang teflon 20 cm,agar mudah..angkat teflon yang sudah di panasin, tuang adonan dr pinggir, lalu putar merat ke seluruh teflon, shg kulit bisa tipis rata, jika kelebihan nuang adonannya..tuang lembali ke baskom adonan, lalu taruh kembali teflon di atas api..sampai kulit matang..( Kalau langsung di tuang pakai sendok di atas kompor..suka ketebalan dan tdk rata.)

Isi Ragout :
Tumis bawang putih,bawang bombay, pala bubuk sampai harum, masukan terigu sedikit demi sedikit sampa menggumpal, lalu masukan susu. merica, garam, bumbu kaldu, gula pasir. Lalu masukkan ayam rebus, makaroni ,wortel dan daun bawang, , aduk hingga kental terakhir masukan keju yang udah di potong kecil2. Jgn lupa cicipin utk memastikan apakah ada bumbu yang kurang..Rasa ragout yang enak yaitu gurih dan sdkt manis.

Penyelesaian:
Ambil selembar kulit, isi dgn 1 sdk makan adonan isi ( atau sesuai selera), gulung btk amplop, masukkan ke adonan tepung pelapis, gulingkan ke panir. Goreng  sampai kuning keemasan secukupnya. Sisa risoles yang sudah di panir, bisa di simpan di wadah tertutup,,simpan di kulkas , di goreng saat di butuhkan.....bisa buat sarapan paginya atau buat bekal sekolah anak....^_^...



Saking senengnya dengan risoles..saya sering berekperimen dalam pembuatan risoles ini..misalnya isiannya..bisa di variasikan macem2, mau dengan daging atau ayam, atau cuma sayuran aja..semua enak..^^..bahkan..pernah juga bikin risoles tanpa memakai tepung panir, hasilnya enak juga lho..unik..kayak gini nich :


Atau risoles ragout biasa..juga yummmy...........kayak ini nich..pokoknya love risoles dech..awas..ingat diet tapi ya..jangan makan banyak2,..hehe



6

Monday, January 27, 2014

Risoles Singkong



Punya sedikit singkong dari kemaren kok nganggur..belum sempat di olah...akhirnya tadi pas masih punya sisa ragout isian pastel..kepikiran buat risoles singkong. Risoles..yang kulitnya dari singkong...hihi..enak juga lho teman2. Jajanan unik ini dulu sering bikin sama ibuku di rumah Yogya..kalau ada acara arisan..dll. Hasil eksperimen sendiri sich..iseng..eh karena enak..jadi suka dan sering bikin dech dulu. Udah lama banget nggak bikin risoles singkong ini..baru keingat tadi memang..pas liat singkong nganggur dan isian ragout juga ada sisa sedikit.
10

Tuesday, May 29, 2012

Risoles Tanpa Panir


Siapa yang tidak suka risoles ya...gorengan khas Indonesia yang sangat enak dan gurih rasanya. Keluargaku juga sangat suka risoles..aku juga..makan satu tidak pernah cukup kalau sudah bikin risoles sendiri di rumah. Saking senengnya sama risoles..aku sering membuat aneka macam risoles..salah satunya yang tanpa panir ini..enak juga lho..buat variasi aja..jika lagi bosan risoles berpanir. Buat risoles ini juga tidak sengaja ..pas mau buat risoles biasa..eh..tepung panirnya habis, ya....nekad aja tetep di goreng....tanpa tepung panir..ternyata..enak juga lho..unik rasanya..^^..mau coba..silahkan...

Bahan Kulit :
150 gram terigu
1/4sdk teh garam
2 butir telur
400 ml air ( Jika suka kulit risoles yang lembut, ganti air dengan susu )
2 sdk mkn minyak goreng,aduk rata
Bahan isi :
1 sendok makan margarin
1/2 bawang bombay, cincang
1 siung bawang putih, cincang
150 gram ayam rebus, potong atau suwir kecil
150 gram wortel rebus , potong dadu.
Kentang rebus 100 gram, potong dadu kecil
2 lembar daun bawang
susu tawar cair 150 ml ( UHT )
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt teh bumbu kaldu ayam
1/2 sdt pala bubuk
1 sdk teh gula pasir ,atau sesuai selera..cicipin hasil hasil akhir ragout agar bisa dapet rasa yang pas..klu suka  sedikit manis bisa tambahkan gulanya..bila kurang gurih tambah bumbu kaldunya.
2 sendok makan terigu

Kulit : 
Taruh tepung terigu dalam mangkuk bersama garam, buat lubang di tengah, pecahkan telur, aduk.Tambahkan air sdkt demi sedikit, aduk rata.masukkan minyak goreng, aduk rata. Buat dadar tipis di loyang teflon 20 cm, lakukan hingga adonan habis.

Isi Ragout :
Tumis bawang putih,bawang bombay, pala bubuk sampai harum, masukan terigu sedikit demi sedikit sampai menggumpal, lalu masukan susu. merica, garam, bumbu kaldu, gula pasir. Lalu masukkan ayam rebus ,wortel, kentang  dan daun bawang, , aduk hingga kental.. Jangan lupa cicipi utk memastikan apakah ada bumbu yang kurang..Rasa ragout yang enak yaitu gurih dan sedikit manis.

Penyelesaian:
Ambil selembar kulit, isi dgn 1 sendok makan adonan isi ( atau sesuai selera), gulung bentuk amplop, lem ujung2nya dengan putih telur, lalu goreng hingga kuning keemasan. Sajikan.
3

Wednesday, January 24, 2018

Risol Ragout Sosis



Risoles, adalah satu salah satu cemilan favorit di rumahku. Aku dan suami suka..Yodha baru mulai suka..hihi. Risoles isi apa aja suka...sampai kadang risoles pasar pun yang hanya isi wortel dan kentang, aku juga suka asal pas bumbunya. Sayangnya sekarang banyak yang kurang sesuai bumbunya, jadi lebih enak bikin sendiri.
5

Friday, May 5, 2017

Risoles Makaroni Segitiga Balut Telur



Kemaren beres-beres dapur, manggil tukang lagi. Rumahku tingkat kelembaban tinggi..jadi warna cat suka cepat berubah..jadi musti teratur mengecat ulang jendela..dll. Sekalian aja dech kemaren panggil tukang kerja dua hari. Kalau ada yang kerja gini aku selalu bikin cemilan untuk mereka. Nah..karena bapak-bapak tetap kan sukanya gorengan..hihi. Kebetulan di rak dapur masih ada Makaroni sedikit, aku buat risoles Makaroni aja..jadi mengenyangkan dan enak buat pekerja.

Risoles Makaroni ini jika di jual lumayan ekonomis juga ya teman-teman, karena ada isian Makaroninya, jadi iisan bisa lebih banyak volumenya..hihi. Jadi walau kelihatan besar-besar, tetap ekonomis ya. Untuk rasa gurihnya bisa di tambaahkan daging Ayam rebus, sosis, atau daging cincang dll. Bahkan jika bumbunya pas, hanya isi makaroni dan sayurpun tetap enak. Jadi sangat ekonomis kan.

Untuk risol kali ini juga sengaja aku buat tanpa panir, agar nggak mblenger ya. Nanti terlalu  banyak karbo..hihi. Lha kan kulitnya udah terigu, isinya terigu, jika di lapis panir, berarti lapis terigu  lagi...hihi. Jadi menurutku jika risoles makaroni, lebih enak tanpa panir. Jadi kulitnya juga lebih lembut rasanya.

Nah kali ini aku bikin variasi beda lagi, aku celup kulitnya ke kocokan telur, waktu menggorengnya. Dan ternyata makin enak rasanya. Makin lembut dan juga mencegah jika ada lubang atau kulit risolnya sedikit sobek, lebih aman ketika di goreng. Jadi tehniknya seperti menggoreng Sosis Solo Balut Telur gitu lho teman-teman. Senengnya jika bereksperimen di dapur dan hasilnya oke..hihi. 

Oke..selamat mencoba ya teman-teman..ide baruku ini..semoga sesuai selera ya...:D
Risoles Makaroni Segitiga Balut Telur

Bahan kulit
150 gram tepung terigu protein rendah atau sedang
2 butir telur
400  ml air
1/4 sendok teh garam,
Aduk rata semua bahan hingga adonan halus, saring jika perlu. Buat dadar tipis. Aku pakai Wajan Kewalik, lebih mudah dan rata tipis hasilnya. Juga lebih cepat dan praktis untuk  membuat aneka dadar seperti ini.
Lakukan hingga adonan habis.

Bahan isian :
100 gram makaroni, rebus hingga matang
100 gram daging Ayam rebus, cincang
1 buah wortel, rebus sebentar, potong dadu
1 batang sledri, cincang halus
1 sendok teh kaldu ayam / sapi..sesuai dagingnya ( optional )
1/2 sendok makan gula pasir ( sesuai selera ), 1/4 sendok teh merica bubuk, 1/8 sendok teh pala bubuk
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 buah bawang bombay, iris halus
Garam secukupnya
Air 25 ml
1 butir Telur untuk pencelup
Cara membuat :
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan wortel, dan ayam. Aduk rata hingga matang
Masukkan wortel, makaroni, dan semua bumbu lain serta air. Aduk hingga bumbu merata, meresap dan kering. Koreksi rasa, rasa akhirnya gurih dan sedikit manis ya. Dinginkan.

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit, isi dengan bahan isian secukupnya. Lipat bentuk risoles segitiga, rekatkan ujungnya dengan putih telur atau sisa adonan kulit.
celup ke kocokan telur, goreng hingga matang
Note :
Cara melipat risoles bentuk Segitiga, silahkan di lihat di postinganku di SINI ya teman-teman..jika masih bingung.
Oh iya..teman-teman yang mau order Wajan Kewalik sekarang sudah ready lagi ya..ini tinggal tunggu datang aja di kirim dari pabriknya dari Jakarta. Minggu besok udah datang. Yuhu, yang minat juga silahkan sms atau wa ke 089654712500...buruan..biar nggak kehabisan seperti dulu...hihi. Ini salah satu alat dapur yang aku rekomendasikan banget, karena serba guna. Bisa untuk bikin kue leker, kulit risol, kulit lumpia, dadar gulung, crepes, dll...prlatis banget.....!
Contoh penggunaan Wajan Kewalik untuk membuat kue Leker, bisa di lihat di SINI ya teman-teman.

0

Saturday, June 25, 2016

Risoles Hijau


Pagi teman-teman..gimana..sudah persiapan menyambut Lebaran ya ?..Sudah jadi berapa toples kue keringnya ?..Sudah beli baju baru untuk anak..suami tercintah..keluarga besar ?...Aku kok belum..hihi. Lagi sibuk menyelesaikan sibuk orderan dulu..ngebut karena minggu besok terakhir kurir beroperasi. Jadi..mulai minggu besok dech..bikin-bikin kue keringnya...:D. Yang mau order tepung-tepung..masih bisa ya beberapa hari ini..ya...hihi.
12

Monday, January 11, 2021

Risoles Klasik

Risoles Klasik

 



Risoles Klasik


Selamat sore teman-teman,

Cemilan sore ini ya, Risoles anget barusan mateng ๐Ÿคฉ

Walau di rumah aja..tetap happy aja ya teman2..bisa bikin cemilan favorit..di nikmati bersama keluarga.

Aku lagi kangen Risol Jadul nich teman-teman .. yang pakai tepung panir halus...lembut enakkk ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜‹

Sore tadi langsung bikin...cuma ragoutnya aku modifikasi..karena buru-buru gak sempat ngiris kentang kecil2...keburu sore.. kentangnya tak halusin aja ๐Ÿ˜€..tapi malah jadi creamy lembut ragoutnya. Kalau wortelnya tetap aku iris kecil-kecil biar cantik ragoutnya.

Bahan kulit..tetep pakai resep kulit risol andalanku yang gak mudah sobek dan lentur...serta hasilnya tipis..jadi gak berasa kenyang banget ๐Ÿคฃ..kadang kalau beli risol kulit nya tebel itu berasa kenyang duluan ya teman-teman ๐Ÿ˜€

Bahan kulit :
  • 150 gram terigu
  • 2 butir telur
  • 1/4 sdk teh garam
  • 1 sdk mkn minyak
  • 400 ml susu cair
Cara Membuat:
  • Aduk rata
  • Saring
  • Buat dadar tipis-tipis

Resep Ragout udah sering aku share ya sebenarnya..gak apa2 aku tulis lagi yaa :

Bahan :

  • Terigu 50 gram
  • 200 gram ayam rebus, cincang
  • 200 gram wortel, rebus, potong dadu kecil
  • 200 gram kentang, rebus / kukus, lumatkan
  • 2 batang daun sledri , cincang halus
  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 2 sendok teh kaldu rasa ayam
  • 1 - 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/8 sendok teh pala bubuk
  • 1/2 buah bawang bombay, 1 bawang putih, cincang halus
  • 100 ml air
Cara Membuat :
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan matang, masukkan terigu, aduk hingga berbutir
  • Masukkan air, dan semua bahan lain. Aduk rata hingga mengental
  • Koreksi rasa, hingga terasa pas ragoutnya. Harus ada rasa gurih dan manis yaa
  • Dinginkan
Cara Membuat:
  • Ambil selembar kulit risol
  • Beri isian secukupnya
  • Lipat bentuk risol
  • Celup ke adonan kocokan telur atau sisa adonan kulit
  • Lumuri tepung panir halus
  • Goreng hingga matang
Selamat mencoba!



Risoles Klasik

Risoles Klasik, Cemilan Sore.

1

Wednesday, May 31, 2017

Risoles Singkong


Kemaren aku punya sedikit stok Singkong, aku buat Risoles Singkong aja. Dulu pernah buat, tapi bentuk segitiga. Sekarang aku buat bentuk Risoles biasa, lebih cantik bentuknya. rasanya juga enak lho..unik..khas singkong luarnya dan gurih bagian dalamnya. Enak pokoknya...!

2

Sunday, May 15, 2016

Risoles Isi Orak Arik Campur



Late post lagi..hihi.

Ngga ada acara keluar sich tadi..seharian di dapur aja..bikin snack untuk arisan RT..ya ampun..seharian full..jam 6 sore baru selesai ngepack di snack box, terus langsung di antar ke Balai RT. Padahal udah di bantuin mba Elmi juga. Hebat dech buat teman-teman yang di rumah biasa terima orderan snack box..berarti seharian di dapur terus ya..hihi. Kalau aku develop resep aja kan cuma bikin sedikit..paling satu resep. Nah..kalau bikin snack box gini ya nggak cukup ya satu resep..misal kita buat 50 box..kita buat snacknya otomatis berapa kali lipatnya..jadi ya wajar jika seharian..hihi.
23

Thursday, March 13, 2014

Risoles Ragout & Keju Mozzarella


Karena sudah nemu keju mozzarella yang mur mer..jadi pengen membuat aneka variasi makanan yang menggunakan keju ini selain pizza. Kemaren udah aku coba buat toping makaroni skotel enak juga..kali ini aku buat isian untuk risoles..di kombinasi dengan ragout ayam..wortel  dan sayur seperti isian risol biasa. Dengan tambahan keju mozzarella ini..rasa risolnya jadi makin istimewa..cobain dech teman2...enak dan gurih.
20

Monday, March 16, 2015

Risoles Tanpa Panir Ekonomis



Beberapa waktu lalu dapat email dari seorang teman pembaca web ini..request resep snack gurih untuk usaha rumahan..yang murah..meriah..tapi bentuknya besar. Hihi..bingung juga...aku ganti tanya..kira2 mau buat apa ? Target jualan harga berapa ?..katanya kalau di tempat tinggal temenku itu maksimal 1500 sudah di anggep mahal. Duch..tambah pusing kan..hihi. Aku kasih saran bikin gorengan aja yang umum2. Tapi katanya kurang di minati konsumen. Musti yang menarik dan beda dari gorengan biasa..seperti risol..atau lumpia gitu. Tambah bingung dech..hihi. Risol..itu biaya produksi lumayan tinggi ya jika buat usaha..karena pakai susu dll untuk isian ragoutnya, untuk kulit juga musti di lapis2 tepung panir..jika di jual murah..bukannya untung nanti malah dapet capek aja.

26

Tuesday, January 13, 2015

Bikin Bekal Sekolah Anak Praktis & Bergizi Yuk Bersama Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan...Risoles Roti Tawar


Musin hujan seperti ini anak - anak jadi lebih suka makan ya teman. Termasuk Yodhaku..walaupun di sekolah sudah di sediakan makan siang dan snack..tapi ya tetap saja minta di bawakan bekal snack lain. Tiap pulang aku cek pasti kotak bekalnya selalu kosong..hihi..tandanya di makan semua. Tentu saja aku malah seneng sich..kalau dia suka ngemil dan makan..karena kan anak - anak butuh banyak energi..apalagi Yodha sekolah *full day sampai sore. Jadilah Emaknya harus tambah  rajin bikin snack atau bekal tambahan buat Yodha.
17

Thursday, September 17, 2015

Step By Step Membuat Ragout Sayur Ekonomis


Beberapa waktu lalu, ada beberapa teman yang menanyakan gimana cara membuat ragout yang enak, tapi ekonomis untuk usaha. Jadi..oke dech, postingan kali ini spesial membahas tentang ragout ya teman-teman..aku buat step by step..kemaren mau buat video..tapi susah ternyata jika harus nge shoot sendiri dan kerja sendiri. Jadi aku buat step by step dulu, dengan foto ya teman-teman..semoga bermanfaat...buat teman-teman yang masih bingung cara membuat ragout yang enak dan ekonomis.
18

Thursday, November 3, 2016

Risol Isi Tumisan Udang & Jamur


Kemaren di pasar  lihat Jamur Kuping seger, kok ya main beli aja. Padahal belum ada niat mau di masak apa. Karena..kalau jamur Kuping gini Yodha kurang suka. Dia lebih suka jamur Kancing...jika di masak. Akhirnya aku coba buat isian risoles aja...di tumis aja campur bahan lain. Jadinya enak..dan Yodha doyan.

4

Sunday, September 5, 2021

Gabin Isi Ragout


Gabin Isi Ragout

Selamat siang teman-teman,

Kemarin bikin risoles dan masih punya ragout tersisa, maka hari ini aku buat cemilan aja. Aku buat yang lebih renyah gini karena Yodha tidak suka risoles. ๐Ÿ˜€ Biar Yodha saya yang bikin aku bantu-bantu info bahan dan caranya saja. 

Nah, kalau gabin dicelup adonan tepung encer gini jadinya akan renyah dan 'kress' seperti pastel dan Yodha suka.

RESEP GABIN ISI RAGOUT

Bahan:
  • 20 buah gabin / crackers gurih ( tanpa gula )
  • 200 gram wortel, rebus, potong dadu kecil
  • 200 gram kentang, rebus, potong dadu kecil
  • 100 gram ayam rebus, cincang
  • 2 batang daun sledri , cincang halus
  • 1/2 sendok makan susu bubuk
  • 2 sendok teh kaldu rasa ayam
  • 1-2 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/8 sendok teh pala bubuk
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 200 ml air
  • 3 sendok makan tepung terigu protein sedang
Cara Membuat :
  • Tumis bawang bombay hingga harum dan matang, masukkan ayam, terigu, aduk hingga berbutir
  • Masukkan air, dan semua bahan lain. Aduk rata hingga mengental
  • Koreksi rasa, hingga terasa pas ragoutnya. Harus ada rasa gurih dan manis yaa
  • Dinginkan
  • Ambil selembar cracker, isi dengan ragout secukupnya. Tutup dengan cracker lain
  • Lakukan hingga adonan habis
  • Celup ke adonan pencelup, angkat sebentar, biarkan sisa adonan menetes kembali ke mangkuk, agar tidak terlalu tebal lapisan tepungnya, goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang.
  • Sajikan hangat
Bahan Pencelup
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan tepung beras
  • 150 ml air
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula halus
  • Campur semua bahan pencelup, aduk rata.
OK teman-teman, selamat mencoba! Untuk video resep bisa dilihat di YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=1ulzWhgLJxE agar lebih jelas dan detail.

0

Wednesday, February 27, 2013

Kroket isi Daging Asap


Masih punya banyak daging asap..mau di buat makaroni skotel lagi kok bosan....ya udah..di buat isian kroket aja..kebetulan Yodha suka makanan dari kentang..kayak perkedel..kroket dan lain2. Isinya nggak perlu repot2 bikin isian ragout kayak kroket biasanya. Cukup di isi daging asap..telur rebus dan keju slice..praktis dech..dan rasanya yummy...jadi kayak isian American Risoles gitu cuma minus mayonaise..jadi namanya American Kroket ya?..hihi..ngarang..apapun namanya...yang penting enakk..paduan adonan kroket yang lembut dan gurih..di padu dengan isian daging asap, telur dan keju..yummy. Daripada American risoles..menurutku sich lebih enak ini..karena kan adonan kentangnya udah gurih..pas banget di isi daging asap..telur rebus dan keju slice..walaupun tanpa mayo..cocok dech buat sarapan yang praktis..atau bekal bergizi buat anak sekolah...

Yukk simak resepnya ya..hasil utak atik ku sendiri di dapur :

Bahan :

250 gram kentang kukus, haluskan
1 sendok makan susu bubuk
1/2 sendok makan margarin
1 buah kuning telur
Garam / bumbu kaldu instan, merica bubuk, pala bubuk dan gula pasir secukupnya
Tepung panir kasar dan 1 butir telur kocok untuk lapisan

Bahan isian :
Daging asap secukupnya 
Telur rebus 2 butir, potong2
Keju slice 3 buah piotong kecil

Cara Membuat :
Campur kentang kukus dengan semua bahan lain dan bumbu kecuali tepung panir dan kocokan telur.Aduk rata.Ambil sedikit adonan, pipihkan. Isi dengan sepotong daging asap, telur rebus dan keju slice. Bentuk bulat lonjong. Celup ke kocokan telur dan gulingkan ke tepung panir kasar. Goreng hingga kuning kecoklatan. Sajikan hangat.

Tips : Jika takut pecah  saat kroket di goreng..masukkan dulu adonan kroket yang sudah di bentuk dan di panir ke kulkas selama 1/2 - 1 jam..biar tepung panir juga menempel  sempurna. tapi sebenarnya asal menggoreng kroket di minyak banyak dan kroket nya terendam..serta jangan di bolak balik..aman kok..tidak akan pecah kroketnya. Selamat mencoba..^_^



13

Monday, March 25, 2019

Membuat Panir Hijau Sendiri


Hallo teman-teman,

Maafkan semingguan absen posting..banyak hal terjadi, kakak iparku meninggal dunia, ada ponakan mau menikah, jadi sibuk ini..itu di dunia nyata. Jadi belum sempat update post di sini. Plus kerjaan nggak habis-habis juga, minggu-minggu ini full ada banyak proeyk bikin video masak, sehari bisa 2 hingga 3 video, udah di lembur hingga malam juga waktu kok kayak kurang terus. Alhamdulillah aja ya, jika kita sibuk, waktu memang cepat berlalu. Dulu ada saatnya juga ngalamin waktu berjalan begitu lambat, namun sekarang beda banget ya di nikmati aja.
2

Google Ad

Visit Our You Tube Channel