Tuesday, May 29, 2012

Risoles Tanpa Panir


Siapa yang tidak suka risoles ya...gorengan khas Indonesia yang sangat enak dan gurih rasanya. Keluargaku juga sangat suka risoles..aku juga..makan satu tidak pernah cukup kalau sudah bikin risoles sendiri di rumah. Saking senengnya sama risoles..aku sering membuat aneka macam risoles..salah satunya yang tanpa panir ini..enak juga lho..buat variasi aja..jika lagi bosan risoles berpanir. Buat risoles ini juga tidak sengaja ..pas mau buat risoles biasa..eh..tepung panirnya habis, ya....nekad aja tetep di goreng....tanpa tepung panir..ternyata..enak juga lho..unik rasanya..^^..mau coba..silahkan...

Bahan Kulit :
150 gram terigu
1/4sdk teh garam
2 butir telur
400 ml air ( Jika suka kulit risoles yang lembut, ganti air dengan susu )
2 sdk mkn minyak goreng,aduk rata
Bahan isi :
1 sendok makan margarin
1/2 bawang bombay, cincang
1 siung bawang putih, cincang
150 gram ayam rebus, potong atau suwir kecil
150 gram wortel rebus , potong dadu.
Kentang rebus 100 gram, potong dadu kecil
2 lembar daun bawang
susu tawar cair 150 ml ( UHT )
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt teh bumbu kaldu ayam
1/2 sdt pala bubuk
1 sdk teh gula pasir ,atau sesuai selera..cicipin hasil hasil akhir ragout agar bisa dapet rasa yang pas..klu suka  sedikit manis bisa tambahkan gulanya..bila kurang gurih tambah bumbu kaldunya.
2 sendok makan terigu

Kulit : 
Taruh tepung terigu dalam mangkuk bersama garam, buat lubang di tengah, pecahkan telur, aduk.Tambahkan air sdkt demi sedikit, aduk rata.masukkan minyak goreng, aduk rata. Buat dadar tipis di loyang teflon 20 cm, lakukan hingga adonan habis.

Isi Ragout :
Tumis bawang putih,bawang bombay, pala bubuk sampai harum, masukan terigu sedikit demi sedikit sampai menggumpal, lalu masukan susu. merica, garam, bumbu kaldu, gula pasir. Lalu masukkan ayam rebus ,wortel, kentang  dan daun bawang, , aduk hingga kental.. Jangan lupa cicipi utk memastikan apakah ada bumbu yang kurang..Rasa ragout yang enak yaitu gurih dan sedikit manis.

Penyelesaian:
Ambil selembar kulit, isi dgn 1 sendok makan adonan isi ( atau sesuai selera), gulung bentuk amplop, lem ujung2nya dengan putih telur, lalu goreng hingga kuning keemasan. Sajikan.

2 comments :

  1. tnyt enak jg yah ga pake panir..
    soalnya saya suka male guling2in ke panirnya hehe..

    ReplyDelete
  2. Enak kok Mak Nathalia..malah kayak kulit lumpia gitu lho..lembut dan garing..hihi

    ReplyDelete