Google Ad

Showing posts sorted by relevance for query risoles. Sort by date Show all posts
Showing posts sorted by relevance for query risoles. Sort by date Show all posts

Sunday, August 14, 2016

Tips Membuat Mix Vegetables Homemade


Dalam berbagai masakan, aku sering menggunakan sayuran campur untuk campuran...seperti untuk membuat  risoles, nasi goreng, pizza, skotel makaroni, dll. Dulu sering mau  praktis ya beli saja langsung. tapi kalau di pikir-pikir kok lumayan mahal ya. Dan biasanya sudah dalam kondisi frozen, jadi kurang fresh.

Sebenernya ada cara mudah kok untuk membuat campuran sayuran seperti ini. Bahannya juga murah-murah saja. Jadi..selain bisa lebih hemat, juga lebih sehat kan..karena memakai benar-benar sayuran segar. Cara membuatnya mudah banget, simak yuk tips berikut.

Pertama pilihlah sayuran yang akan kita pakai yang kondisinya masih segar. Untuk Mix vegetables yang murah meriah, aku biasa memakai sayuran wortel, jagung manis dan buncis. Pilih wortel yang warnanya cantik orange, dan masih segar. Kupas wortel, dan potong dadu kecil

Untuk jagung, pilih jagung yang mudah dan manis ya, agar rasanya lebih enak. Pipil jagung sesuai ruas agar bentuknya tetap bijian cantik. Pilih jagung yang fresh, jangan yang sudah di lemari pendingin di supermarket itu manisnya sudah berkurang. Beli saja di pasar..selalu segar dan lebih murah.

Oke, warna orange dan kuning sudah kita dapat dari wortel dan jagung manis, selanjutnya..kita pilih satu warna kontras lagi untuk campurannya. Bisa pakai kacang polong atau buncis. Kalau kacang polong agak susah ya cari yang segar, jadi pilihan kita gar tetap murah meriah, ya buncis. Pilih bunci yang masih muda, agar rasanya masih manis dan nggak keras. Siangi kedua ujungnya, lalu potong-potong kecil serais dengan ukuran wortelnya ya.

Selanjutnya, tinggal kita didihkan sedikit air, sesuai takaran campuran sayuran yang kita buat. Beri sedikit garam, agar ketika kita rebus, warna sayurannya tetap cantik dan cerah. Ketika air sudah mendidih, segera masukkan wortel dan jagung terlebih dahulu. rebus sebentar saja, sekitar 2 menit sampai jagung dan wortel berubah warna. Lalu masukkan buncis, diamkan satu menitan kira-kira sampai buncis jadi lebih cerah warnanya. Angkat sayuran, siram dengan air es. Diamkan hingga air menetes semua dan dingin, siap di gunakan. 

Jika mau di simpan di freezer, bagi mix vegetables menajdi beberap kantong plastik sekali pakai agar ketika mau di gunakan, tinggal ambil saja satu kantong, jadi nggak perlu mengeluarkan semua. jadi kesegaran Mix Vegetables ini akan tetap terjaga. Mudah kan teman-teman membuat campuran sayuran sendiri di rumah. Campurkan ketika kita membuat ragout untuk risoles, nasi goreng untuk anak-anak..pastia kan lebih sehat dan bergizi. Selamat mencoba...:)


16

Thursday, April 19, 2012

Sosis Solo Goreng


Sosis Solo..adalah snack goreng yang gurih..sejenis risoles tanpa panir dengan isi ayam cincang dan gurih manis. Dengan kulitnya yang lembut serta rasa gurih ayamnya..pas dech rasanya..apalagi di makan dengan cabe rawit ..wah..satu..tidak bakal cukup....
Sesuai namanya ..makanan ini berasal dari Solo. Sebulan yang lalu  sich aku sempat bikin sosis Solo juga..cuma kemaren yang versi pelengkap untuk isian Timlo Solo. Yang aku buat hari ini, yang bisa di makan langsung sebagai cemilan atau snack. Sncak ini cukup populer..bahkan di luar Solo sekalipun..seperti di Semarang..Sosis Solo ini juga jadi snack favorit untuk banyak orang.

Membuatnya gampang sich..mau coba..ini dia resepnya..yang sudah ku sesuaikan selera ku ya..alias hasil utak atikku sendiri..^^

Bahan Kulit :

125 gram tepung terigu protein sedang
1 butir telur yang besar  ya
300 ml santan cair / air biasa
1/2 sendok teh garam

Bahan isi :

Ayam rebus yang sudah di suwir suwir kecil 250 gram
Bawang merah 5 butir
Bawang putih 2 siung
Ketumbar 1/2 sendok teh
Pala bubuk 1/4 sendok teh
Bumbu kaldu ayam 1 sendok teh
Garam secukupnya
Gula pasir 1/2 sendok makan

Cara Membuat :

Kulit : Campur semua bahan,aduk rata sampai halus,saring jika perlu. Dadar satu persatu seperti mebuat kulit risoles.

Isi : Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, lalu tumis hingga harum dan matang, masukkan ayam dan bumbu2 lain, tambahkan sedikit saja air, agar bumbu bisa merata, lalu aduk hingga kering. Dinginkan.

Penyelesaian :

Ambil selembar kulit ,isi dengan satu sendok adonan isi, lalau gulung seperti membuat lumpia..tapi lebih langsing. Goreng dengan minyak panas sedang hingga matang. Pasmenggoreng..bagian lipatan yang di masukan dahulu ke minyakpanas ya..jadi di posisi di bawah gitu..biar tidak terbuka. Tapi jika mau aman ya bisa di rekatkan pakai putih telur sebelum di goreng, tapi  tidak ya nggak apa apa..kan kulit sosisnya basah..tinggal di tekan2 aja..nempel kok. Sajikan dengan cabe rawit. Selamat mencoba..awas..ingat diet ya..jangan kebanyakan makanya..walaupun enak banget...^^




11

Wednesday, September 23, 2015

Risoles Ragout Daging Asap


Tadi pagi punya stock daging asap yang sudah suhu ruang sisa sarapan dan bekal Yodha, mau masuk freezer lagi kok nggak tega. Ceritanya tadi pagi lagi nyoba fasilitas *defrost* di microwave baruku..hihi. Jadi bisa membuat bahan makanan yang beku jadi suhu ruang dalam sekejab..ceritanya..kalau pakai microwaveku ini. Dan beneran dech...aku coba untuk membuat daging asap beku menjadi normal mudah banget sekarang. Biasanya kan kalau mau buat sarapan pagi, suka stres jika lupa mencairkan daging asap beku atau sosis beku, karena pasti buru-buru kan waktunya. Kalau langsung di masak kan suka nggak matang sempurna Nah..dengan adanya fasilitas defrost di microwave ini, lumayan terbantu dech. Hasilnya..daging asap beku yang keras, jadi mencair dan menjadi suhu ruang dalam sekejap, cuma 2 menit udah jadi suhu ruang dan  siap di masak.
4

Wednesday, April 24, 2013

Sosis Solo Goreng


Wah....hari ini nggak dapat belanjaan apa2 di tukang sayur..begini dech jadinya kalau lupa sms dan pesan sesuatu..jadinya pas nyampe rumahku... tukang sayurnya..udah habis2 san dech..cuma tinggal ayam dada 1 buah aja lauknya..kira2 250 gram thok. Mau di masak kok nanggung ya..lagian..suami dan anak..udah pada bosan ayam..kalau cuma di buat ayam goreng..opor dll. Musti putar otak dech...mau di apakan si daging ayam yang cuma sedikit ini. Akhirnya..*cling..dapet ide dech..yukk kita sulap aja daging dada ayam ini jadi lauk atau jajanan yang enak..dengan sedikit usaha pastinya. Dah jadilah...menu pertama hari ini sudah matang..Sosis Solo Goreng..bisa buat lauk..atau di cemil gitu aja juga enak..sambil nyeplus cabe rawit pastinya...^^

Sosis Solo...jangan bayangkan sosis ayam atau sapi yang banyak di jual di supermarket itu ya..Sosis Solo adalah salah satu jajanan khas Solo..yang bentuknya mirip lumpia..tapi lebih kecil dan di isi dengan daging ayam suwir yang sudah di bumbuin. Sosis Solo ini ada dua versi..di goreng dan di kukus..keduanya sama2 enak..tapi kalau aku lebih suka versi yang goreng gini..biasa..penggemar gorengan...^^ Rasanya..enak sekali..legit..gurih. Di solo jajanan ini bisa di temui di banyak warung2 makan..atau warung soto..di pasar2 juga banyak..bahkan salah satu hidangan terkenal dari Solo yaitu sup Timlonya..juga di hidangkan dengan irisan sosis Solo ini. Tapi sekarang sepertinya nggak cuma di Solo ya ..Sosis mungil ini juga terkenal di daerah2 lain yang banyak buat menu katering..menu snack arisan dll. Di Semarang juga banyak yang jual sosis solo ini..cuma seperti biasa..lebih enak kan..kalau kita buat sendiri..apalagi dengan bahan2 yang minimalis..kayak hari ini nich..jadi dech ..menu yang enak..Si Sosis Solo goreng ini. Dari 1 buah dada ayam..tadi ku ambil dagingnya aja..jadinya 150 gram daging ayam suwir..jadinya 8 buah Sosis Solo goreng..lumayan..lebih dari cukup buat keluarga kecilku..^^

Sosis Solo ini juga oke lho buat suguhan..kalau lagi ada acara keluarga..arisan dll, bungkus dengan plastik bening tiap 1 Sosis Solo dan di selipi cabai rawit di atasnya..penampilannya jadi menarik. Dan yang pasti..rasanya enak. Buat isinya juga lebih praktis..daripada buat isian risoles atau lumpia yang perlu banyak bahan. Kalau Sosis Solo ini..isinya ya cuma suwiran ayam berbumbu aja..tapi enak banget rasanya...rasa isiannya hampir mirip2 lah rasanya dengan isian lemper ayam itu lho..cuma memang Sosis Solo ini di buat kecil2 bentuknya..supaya tidak mblenger ya..karena isinya ayam semua..jadi isinya nggak perlu banyak2 kayak isian risoles atau lumpia..kalau di isi sedikit kan penasaran..pengen makan terus..dan terus..^^

Cobain dech..pasti keluarga pada suka..nich ku kasih resepnya ya..Sosis Solo ala aku ...kalau mau bikin banyak tinggal di dobel aja resepnya..tadi sich..asal. aja..sesuai bahan yang ada..^^

Sosis Solo Goreng 

Bahan Kulit :
150 gram tepung terigu protein sedang
300 ml air
1 butir telur ukuran besar atau 1 1/2 butir telur kalau ukuran kecil
1/2 sendok teh garam

Bahan Isi :
150 gram daging ayam bagian dada, rebus dan suwir halus.
2 siung bawang merah
1 siung  bawang putih
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk
1 sendok teh gula pasir
50 ml air

Cara Membuat :
Campur semua bahan kulit, aduk rata, saring hingga adonan halus dan tidak menggerindil

Isi : Haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan ayam. Aduk rata.
Tambahkan air dan bumbu2 lain. Aduk sampai bumbu meresap  dan kering. Dinginkan.

Buat dadar kulit tipis2. 
Ambil selembar kulit Sosis, isi dengan sedikit bahan isi. Bentuk seperti lumpia...tapi lebih kecil dan panjang. Goreng hingga kuning kecoklatan. Sajikan untuk lauk atau snack sore2..yummy.

8

Thursday, July 21, 2016

Chicken Katsu Pedas


Yodha masih belum masuk sekolah..masih pucat dan agak mengigau jika malam demam. Ya Allah..semoga besok sudah benar-benar sehat. Besok sudah janji sama orang..ada kerjaan pula yang melibatkan dua pekerja profesional lain yang cari waktu janjian juga agak susah jika di jadwal ulang. Kalau di batalkan kok kesannya kurang profesional juga. Makanya hari ini masak yang simple aja biar bisa fokus memperhatikan dia.
8

Sunday, December 21, 2014

Menikmati Suasana dan Makanan Tempo Doeloe di Toko Oen Semarang



Tadi malam iseng kami *turun gunung* lagi ke Semarang bawah.menikmati kemacetan kota Semarang bawah. 
" Hah..turun gunung..berbarti mba Diah tinggal di Gunung tho ? "..begitu kata teman yang bertanya pas ngobrol di email..haha. Ya nggak lah..cuma istilah aja..kami kan tinggalnya di Semarang atas..Semarang atas itu juga termasuk Semarang kota..tapi memang daerahnya di atas istilahnya..memang lebih tinggi juga sich..hihi. Jadi..kalau mau ke Semarang bawah..istilah orang Semarang atas..itu *turun* ke bawah. Di Semarang atas sebenernya ramai juga. Sudah banyak resto, kafe, fast food brand terkenal banyak juga, dll..tapi kadang2..kalau pengen menikmati susasana Semarang beda ya musti turun ke Semarang bawah. 

9

Monday, July 4, 2016

Tips Membuat Risol Mayo


Wah..maaf..maafkan ya teman-teman..ini udah dekat Lebaran kok kemaren dua hari sibuk pol..ada acara terus..sampai nggak sempat update web. Okeh..mumpung hari ini libur packing, saya akan ngebut posting beberapa untuk di jadwal tayangnya..hihi. Jadi..walau di tinggal liburan..dapurnya tetap ada suguhan buat teman-teman yang nggak mudik..dan masih mau mampir dapurku di hari liburan...hihi.
6

Monday, September 22, 2014

Tips Mempersiapkan Snack Box Ultah Anak



Waktu cepat sekali berlalu ya teman2..baru aja tadi habis lembur bikin snack box buat di bawa Yodha ke sekolah..eh tau2 ya udah siang..dan udah jam segini..padahal kerjaan lain masih menumpuk. Ya oke lah..tetep semangat. Yang penting..lakukan semua yang terbaik. Ceritanya Yodha kan ultah hari Sabtu kemaren..nah karena Sabtu sekolah dia libur..otomatis nggak bisa di rayain di sekolah kayak tahun2 biasanya. Jadilah kemaren memang sengaja nggak di rayain ultahnya..karena mau di rayain di rumah..temen2 sebayanya cuma dikit. Ya udah anteng aja kami..jalan2 aja kemaren dan kasih kado..sesuai yang Yodha minta..yaitu bola..sama gitar. Udha anteng dech dia..dapat kado pilihannya sendiri. Tapi eh tiba2...minggu kemaren kok nyeletuk dia pengen bagi2 snack ke teman2..hari Senin. Woa..ya jadilah kemaren sore belanja..terus malam..gubrak buruk nyiapin semuanya...hihi. Dasar akunya juga yang suka ribet kali ya..apa2 musti bikin sendiri. Tapi lebih puas aja ..kalau semua bikinan sendiri..walau ribet..juga sendiri. Eh..Yodha bantuin dengan semangat ding..pas bikin puding.nyusun2 sendiri tuch kotak snacknya..di kasihstiker pula..hihi..ada foto dia gede..narsis tuch..itu juga dadakan..nge print aja ke digital printing..stiker foto gitu. Pokoknya..semua serba dadakan..tapi alhamdulillah ya selesai juga tadi pagi2 di bawa ke sekolah Yodha..aku bikin puding sama cake kemaren..terus tadi pagi2 subuh bikin makaroni skotel sama bitterballen..jadi cari yang simple dan cepat aja.

23

Monday, February 20, 2017

Segernya Timlo Sastro Khas Solo


Masih..liputan kulineran di Solo ya teman-teman. Kali ini aku mau menulis tentang salah satu Kuliner yang wajib di coba di Solo, Yaitu Sop Timlo. Salah satu yang legendaris adalah Timblo Satro yang terletak di belakang Pasar Gede Solo. Warungnya ada di pojokan pasar tapi yang paling ujung. Jika bingung tanya saja tukang parkir atau orang-orang di pasar pasti tau setelah tiba di Pasar Gede. Timlo Sastro ini paing legendaris, walau banyak warung lain, aku selalu ke sana, karena buka dari pagi dan sekalian ke pasar Gede biasanya..jadi udah satu paket sekalian jalan..hihi.
0

Saturday, January 27, 2018

Roti Goreng Isi Mayo


Menu sarapan atau bekal anak itu memang seharusnya yang praatis dan cepat jadi meringankan tugas teman-teman yang pasti ribet di pagi hari ya. Menyiapkan anak-anak sekolah, membuat sarapan, bekal, dll. Nah..aku beberapa hari ini sering share menu praktis untuk bekal atau sarapan, silahkan follow instagram aku ya teman-teman @bunda_didi jika ingin selalu update  tips praktis atau resep praktis harian di rumahku.
2

Friday, September 4, 2015

Risol Mayo Daging Asap





Mayo...atau Mayonaise..adalah salah satu saus cocolan yang cukup familiar di kita ya teman-teman..saus yang terbuat dari kuning telur yang di olah dengan tambahan cuka, dll. Hemm...kalau di suruh makan mayonaise langsung..atau sebagai cocolan gorengan, steak dll..aku emoh..nggak suka banget, rasanya yang asem-asem gimana gitu..belum akrab di lidah ndesoku..hihi. Sampai akhirnya marak beredar resep risol mayo dari jaman duhulu kala..*lebay *...aku juga belum tergerak untuk mencoba membuatnya. Sampai akhirnya beberapa waktu ini..di dekat rumah ada yang jual risol mayo..tiap pagi gitu..kok ramai ya yang beli..apakah enak ?..Tapi aku yo belum tergerak hati untuk membelinya..hihi. Sampai mba Elmi, cerita..kalau penasaran beli risol mayo di situ..udah mahal..isinya dikit katanya..cuma tebel kulitnya...hihi. Wah..iya tho..pikirku..lha terus enaknya di mana jika makan risol tebel kulitnya doang gitu..hihi. Aku memang paling sebel..makan risol yang kulitnya tebel di gulung-gulung, tapi isinya pelit..berasa makan adonan tepung aja kalau gitu.
9

Tuesday, July 23, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 15 ...Bistik Kuah Bola Bola Daging ( Ala Solo )



Udah pernah nyicipin Bistik Jawa ala Solo teman2 ?..Di Solo ada salah satu warung bistik yang terkenal..yaitu bistik Darmo. Bistik ala Solo ini adalah tipe bistik Jawa..kayak semur gitu..bercitarasa gurih manis..dan segar. Isi bistik bisa daging cincang atau lidah yang di potong kecil2. 

1

Google Ad

Visit Our You Tube Channel