Google Ad

Showing posts sorted by relevance for query lumpia. Sort by date Show all posts
Showing posts sorted by relevance for query lumpia. Sort by date Show all posts

Monday, May 4, 2015

Suntuk ?..Jalan-Jalan dan Jelajah Rasa Lumpia Legendaris di Semarang Yukk..!


Libur panjang telah usai, waktunya beraktifitas dan berkarya lagi ya teman-teman. Liburan ke mana kemaren ?..Ke luar kota..?..Wah serunya..! Kalau aku..nggak bisa pergi jauh-jauh dulu dech..masih terikat kerjaan dan deadline..huhu. Tapi..karena libur panjang tiga hari..tetep..buat menghilangkan suntuk dan refreshing. Sabtu kemaren sempat muter seharian ke kota Semarang bawah. Eh..kirain libur panjang ini nggak macet Semarang..ternyata malah bertambah..super macetnya. Makanya mumpung turun gunung..kemaren sekalian aja seharian muterin Semarang..hihi.
25

Thursday, October 31, 2013

Lumpia Semarang dan Sejarahnya..


Lumpia Semarang...sejak belum tinggal di Semarang..udah sering makan dulu..sering di bawain..matan pacar..hihi..alias papinya Yodha..sejak dulu pacaran..dan juga dulu memang pas kerja aku banyak relasi dari Semarang..jadi sering bolak balik Semarang juga urusan kerjaan, jadi sering beli. Nah..sejak itulah aku jatuh cinta pada lumpia Semarang ini. Nah..sejak menikah..dan tinggal di Semarang..jadi semakin suka..dan sering mencoba lumpia Semarang yang sudah punya nama di Semarang. Sampai akhirnya..aku lebih suka buat lumpia Semarang sendiri..yang rasanya bisa benar2 sesuai selera. Soalnya..tuch..kalau beli..kadang ada yang terlalu manis dan neg isinya. 
36

Saturday, April 19, 2014

Risoles Vs Lumpia


Mungkin..sekilas mirip ya..risol sama lumpia..tapi keduanya jelas2 berbeda. Sekali gigit aja..pasti lidah kita bisa membedakan rasa risoles dan lumpia itu benar2 berbeda...kecuali..kalau isianya sama lho ya..ya pasti rasanya hampir sama. Soalnya risoles ya memang bermacam2..dan kadang..kayak aku..suka juga mengacau juga..hihi..misal bikin risol tanpa panir..dll...jadi kayak mirip lumpia.
12

Friday, December 26, 2014

Lumpia Rebung Mini



Lumpia..salah satu cemilan favoritku sejak dulu waktu masih di Yogya dan kini, selama 10 tahun terakhir tinggal di Semarang. Kalau dulu sich pas waktu di Yogya..serasa makanan enak dan langka..hihi. Soalnya di Yogya jarang yang jual. Masih ingat dulu..sebelum kenal mantan pacar..( baca : papine Yodha..hihi )..aku udah sering makan lumpia Semarang..karena sering di oleh2 hin dulu sama relasi..pas aku masih  tarakhir kerja di ekspor impor furniture..kan banyak tuch perusahaan *forwading nya dari Semarang..nah dulu sering dech di bawain..alias di beri *sogokan lumpia Semarang dkk..setelah kami pakai jasa forwading mereka..hihi. 

Setelah menikah dan pindah ke Semarang..wah ya jadi semakin suka lumpia Semarang..apalagi udah bisa buat sendiri..ya..jadilah sering banget buat ketimbang beli kan mahal ya..satu bisa 10 ribu..hihi..sayang atuch. Bikin sendiri aja murah lagi. Sayangnya Yodhaku nggak terlalu suka lumpia..mungkin karena rasanya yang tajam dan berbumbu..jadi kalau aku buat lumpia jarang mau makan. Tapi aneh bin ajaib..beberapa waktu lalu kami iseng beli lumpia pasar yang harga 1500 rupiah..eh lha kok Yodha malah doyan. Lumpianya itu mini..isinya dikit..minus udang..ayam dan telur pun nggak pake..jadi cuma rebung aja..hihi. Aku heran kok Yodha malah doyan. Setelah aku resapin dan cicipin rasanya..oh memang unik sich lumpia mini ala pasar ini..rasanya ringan tumisan rebungnya..cukup manis gurih aja..tanpa udang dll, tetep enak. Kayaknya bumbunya cuma mengandalkan gurihnya ebi. Karena isiannya dikit..jadinya kulit lumpianya malah bisa renyah kres2 gitu..hihi.

Oke dech...untuk Kak Yodha yang udah mau makan lumpia..akhirnya aku coba buat sendiri lumpia mini ini. Dan hasilnya beneran bisa kriuk2..karena isinya sedikit, jadi kalau di makan panas2 gitu enak banget..kriuk2 gurih manis. Akhirnya jadi tau dech..jenis lumpia yang di sukai anak2..hihi. Lha selama ini lumpia Semarang yang ukuran besar memang bikin mblenger teman2..makan 1 aja pasti kenyang..karena isinya super banyak dan ukurannya memang besar..tak heran kalau harganya ya..ada yang sampai 10 ribu per biji. Apalagi kalau beli itu..duch kadang terlalu manis berbumbu tajam, jadi anak2 kurang suka. Jadi mari kita buat sendiri aja ya di rumah..lumpia mini..imut renyah dan kriuk...dan ringan rasanya.

Tips membuat lumpia mini ini..pakai saja kulit lumpia siap pakai ya..karena di jamin kriuknya..kalau bikin sendiri ya di dadar..ya..nggak bisa kriuk..karena kulit lumpia yang kriuk itu cara buatnya dengan cara di beset atau di oleskan ke wajan. Kapan2 dech kalau ada waktu pengen liputan ke kampung kulit lumpia di Semarang teman2..biar bisa kasih resep kulit Semarang yang otentik ya  ke teman2..jika ada penjual kulit lumpia yang mau kasih bocoran resepnya sich..hihi. Jadi untuk sekarang..jangan tanya resep kulit lumpianya ya..karena aku pakai kulit lumpia siap beli..hihi..di pasar..murah..1500 dapat 10 lembar. Untuk lumpia mini ini biar isinya variasi..aku tambah wortel..jadi ada manis2nya..tambah enak dech. Biarpun nggak pakai udang atau ayam..lumpia ini tetep gurih..karena pakai bumbu ebi...jadi lebih irit kan teman2..cocok buat snack jualan yang murah meriah nich. Kalau di sini lumpia mini ini di jual 1500 - 2000 rupiah 1 biji nya. Selamat mencoba ya..^^

Lumpia Mini

Bahan:
Kulit lumpia siap pakai 10 lembar
200 gram rebung rebus yang sudah iris2 korek api, 1 buah wortel, iris korek api, 1 batang daun bawang, potong kecil2
2 butir telur, buat orak arik
Kaldu bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya
Gula pasir dan kecap manis secukupnya
Air 100 ml
Putih telur secukupnya untuk perekat

Bumbu Halus :
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran, 1/2 sendok makan ebi yang sudah di rendam air panas

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, aduk sampai berubah warna. Masukkan air, rebung , telur orak arik dan bumbu2 lain, aduk rata dan masak hingga meresap dan kering. Koreksi rasa hingga pas sesuai selera gurih manisnya. Dinginkan.
Ambil selembar kulit lumpia, isi dengan bahan isi secukupnya, lipat dan gulung. Rekatkan sisi2nya dengan putih telur. Goreng di minyak panas hingga matang. Sajikan hangat.

7

Wednesday, May 24, 2017

Lumpia Semarang Gurih


Lama nggak bikin Lumpia...hihi. Beragam resep Lumpia udah pernah aku share di web ini, dari yang versi Lumpia semarang goreng, basah, manis, hingga penggantinya pakai Bengkoang jika tidak ada rebung, lumpia sayur, tahu, jamur dll..semua ada di webku. 

Aneka resep Lumpia silahkan cek di link berikut ya, siapa tahu bisa jadi ide menu untuk takjil buka puasa...buat penyuka gorengan. Jadi..kalau biasanya berbuka dengan yang manis itu sunnah...kalau berbuka dengan gorengan..wajib..hahah...kadang kalau guyonan penyuka gorengan gitu ya. Tapi memang nikmat, berbuka dengan gorengan anget-anget ketika sudah hilang dahaga dengan minum minuman manis, dll.


Jadi silahkan di pilih mau bikin Lumpia apa ya teman-teman. Untuk kulit Lumpia, jika yang tipis aku lebih suka beli, praktis di sini banyak. Karena jika buat sendiri, repot dan ribet. Aku yang bikin biasa yang di dadar jika ingin kulit lumpia yang beda. Kalau yang di beset itu agak susah prosesnya. Jadi adonan seperti adonan roti yang lembek gitu kemudian di besetkan ke wajan besi panas. Jadi hasil bisa tipis. Aku pernah lihat di sentra industri kulit lumpia di Kranggan, kalau melihat sich mudah, tapi prakteknya susah..hahah. Kalau mau kursus di sana juga bisa lho..tapi mahal aku pernah tanya..3 jutaan..hahah. Ah..mending beli kulit lumpia jadi mah kalau aku..3 ribu bisa dapat 15 lembar udah tinggal bungkus...hahah. 

Oke..jadi hari ini aku mau share resep Isian Lumpia Semarang yang versi gurih ya. Jadi di Semarang itu Lumpia di pinggir jalan kebanyakan itu manis sekali...karena over kecap atau gula. Menurutku malah mblenger rasanya. Apalagi yang beli di pinggir-pinggir jalan. Jika mau Lumpia yang enak dan soft rasanya bisa di coba di Lumpia Gang Lombok. Di situ ringan aja isinya enak. Nah..kalai ini aku mau share isian Lumpia Semarang  yang rasanya ringan gurih aja..nggak manis banget.

Isian kulit Lumpia rebung banyak yang mengeluhkan aromanya yang agak kurang sedap. Sebenernya jika fresh..rebung itu nggak bau lho teman-teman. Yang bau itu biasanya sudah lama di rendam di air, atau rebung kaleng. Alhamdulillah kalau di pasar dekat rumah banyak rebung fresh yang baru terus. Tapi jika buat teman-teman, jika menemukan rebung yang kurang segar, rebus bebeberapa kali ya agar berkurang aromanya. Bumbuin dengan lebih kuat, tapi tetap seimbang ya gurihnya.

Oke..aku share resepnya ya..semoga bermanfaat buat teman-teman..dan selamat mencoba ya...:
Lumpia Semarang Gurih

Bahan :
Kulit Lumpia Siap Pakai

Bahan Isian :
500 gram Rebung segar , potong korek api, rebus
100 gram Udang segar, kupas, cincang kasar
1 sendok makan gula ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu jamur / ayam dan garam sesuai selera
2 sendok makan saus tiram
2 - 4 butir Telur ( jumlah telur sesuai selera, makin enak jika banyak telurnya )
100 ml air

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang
Masukkan Udang, aduk hingga berubah warna, sisihkan di pinggir wajan
Masukkan telur, buat orak arik
Masukkan rebung, air dan bumbu lain, aduk rata
Masak hingga meresap dan agak kering
Siapkan kulit lumpia, beri isi secukupnya
Gulung, rekatkan ujungnya dengan putih telur
Goreng hingga matang
Sajikan hangat ya, agar tetap kres rasanya


7

Thursday, May 16, 2013

Lumpia Bengkuang..Easy & Yummy


Lumpia Bengkuang...sudah pernah coba teman2..?..Biasanya lumpia kan isi rebung satau sayuran ya..tapi kali ini aku buat lumpia isi bengkuang. Ceritanya kemaren liat bengkuang kok ngganggur gitu aja di dapur..mau di buat rujak kok nggak ada temennya..kan kurang seru rasanya..jadi terus mikir2 mau di buat apa si bengkuang ini..mau ku buat masker..bagus juga ya sebenernya buat wajah...tapi males ribetnya..hihi..mending ke dokter wajah aja..facial dan feeling praktis..hihi..akhirnya dapat inspirasi dech..hemm di buat bikin lumpia aja..aku ingat di Yogya dulu..waktu masih kuliah..aku sering beli lumpia isi bengkuang ini di depan Mirota Kampus UGM..tapi nggak tahu ya..sekarang masih ada atau tidak...jadi ingat rasanya enak juga bengkuang di buat isian lumpia. Akhirnya..langsung ajak dech kemaren bikin..dan hasilnya emang enak lho teman2..lebih enak dari yang pernah ku beli dulu..hihi..ya iyalah..soalnya yang ku bikin ini pakai ayam dan udang cincang..lha kalau beli dulu kan cuma bengkuang aja..


Oh ya..tekture dari lumpia bengkuang ini..asyik banget..rasanya seger..gurih dan bengkuangnya masih kres2 gitu dan ada rasa2 manis bengkuangnya..enak dech pokoknya..cobain dech. Yodha yang biasanya anti lumpia rebung karena bau khas rebung aja..bilang..enakkk..^_^. Kulit lumpianya..kalau males bikin..beli jadi aja teman2..banyak kok sekarang kulit lumpia siap pakai...kalau di Semarang nich..gampang banget..ya iya donk..kan kota lumpia..hihi..ada satu daerah malah yang khusus bikin kulit lumpia aja untuk di pasok ke pedagang2 lumpia dan pasar2 tradisional. Kulit lumpia Semarang ini jenisnya tipis banget..jadi jika di buat lumpia bisa renyah..aku udah pernah posting sich tentang lumpia Semarang dan cara buat kulitnya di sini..cuma..kalau belum terbiasa emang rada ribet..karena adonan kulit lumpia Semarang ini bukan seperti kulit lumpia biasa yang di dadar gitu..tapi adonannya sangat kental dan cara buatnya di oser2 ke wajan dengan bundelan kain..atau bahasa lainnya di oleskan kali ya..aku pernah coba..susah banget..hihi..jadi sekarang lebih suka pakai kulit lumpia siap pakai yang di jual di tukang sayur aja praktis..murah meriah..dan rasanya juga enak..karena kan di buat oleh para ahli kulit lumpia di Semarang. Nah..kita tinggal ngatur rasa isinya aja..biar pas..dan rasa lumpianya makin oke.

Nah..penasaran mau coba lumpia bengkuang ala aku..ayo di simak resepnya ya...

Lumpia Bengkuang 

Bahan :
3 buah bengkuang ukuran sedang ( duch maaf kemaren lupa nimbang teman2..jadi di kira2 aja ya beratnya..hihi ), kupas dan potong bentuk korek api kecil2.
100 gram daging ayam bagian dada, potong dadu kecil2
50 gram udang kupas, cincang halus
Telur orak arik jika suka ( kemaren aku nggak pake..telur pas habis..hihi)

Bumbu :
Bawang merah 2 butir
Bawang putih 2 butir
Merica butiran 1/2 sendok teh
Bumbu kaldu ayam / garam secukupnya
Gula pasir 1 sendok teh
Air kurang lebih 100 ml


Cara membuat :
Haluskan bawang merah, bawang putih, dan merica .
Tumis sampai harum dan matang, masukkan ayam dan udang, aduk dan masak sampai berubah warna dan matang.
Masukkan bengkuang iris dan air serta bumbu2 lain, aduk rata dan masak sampai meresap dan air habis.
Dinginkan.
Ambil kulit lumpia, beri adonan isi, bentuk seperti lumpia dan goreng hingga matang dan renyah. Easy kan...?
Sajikan hangat...yummy.



14

Sunday, March 27, 2016

Jalan-Jalan ke Kampung Kranggan Dalam..Sentra Industri Kulit Lumpia Semarang


Weekend..waktunya kabur..dari rutinitas packing dll..hihi. Hari ini sengaja dari pagi memang sudah keluar rumah..dari sarapan hingga makan siang di luar. Jadwal pertama makan pecel di Pecel Bu Sumo..kangen lenthonya..hihi. Abis itu lanjut di niatin ke Kampung Kranggan Dalam..tempat sentra industri kulit lumpia khas Semarang yang kulitnya tipis dan transparan, karena cara pembuatannya itu unik..bukan di dadar, tapi di beset. Dari dulu sich sering mendengar ketenaran kampung ini..cuma dari dulu mau ke sana kok nggak jadi-jadi. Waktu kemaren aku mengisi pelatihan di Sriboga..ngobrol-ngobrol sama Pak Panca dari Sriboga..dan di beritahu kalau warga Kampung Kranggan yang mayoritas banyak membuat kulit lumpia untuk pekerjaan sehari-hari ini adalah warga binaan Sriboga juga. Akhirnya tadi beneran di niatin ke sana..dan yeay..dapat ilmu baru..melihat langsung proses pembuatan lumpia dengan cara di beset ini.
17

Wednesday, March 30, 2016

Tips Usaha Lumpia Frozen


Lumpia lagi..hihi. Dalam rangka menghabiskan sisa kulit lumpia yang aku beli di Kampung Kranggan kemaren, aku buat aja semua jadi lumpia..lalu aku simpan di freezer. Jadi bisa buat stock kalau ada tamu, atau pengen ngemil mendadak..nggak perlu repot lagi. Jadi pengen nulis tentang usaha Lumpia Frozen nich..semoga bermanfaat ya buat teman-teman..yang lagi mau usaha apa gitu..dan belum ada bayangan.
28

Saturday, February 1, 2014

Resep Kulit Lumpia Mudah


Sejak aku posting resep lumpia Semarang dan cara membuat kulitnya dulu awal2 nge blog..memang lumayan jadi salah satu most popular recipe di blog ini. Cuma..memang kulit lumpia yang asli Semarang itu proses pembuatannya memang berbeda dengan kulit lumpia biasa yang di dadar. Adonannya juga tidak cair..tapi seperti adonan roti tapi lebih lengket..dan cara buatnya di besetkan..atau di ulaskan / di kuaskan ke wajan panas..dengan tangan menggenggam sebundel adonan gitu...terus di oser2 kan ke wajan sampai rata dan tipis...jadi hasil kulit lumpianya bisa tipis sekali.
80

Monday, July 15, 2013

Lumpia Semarang Versi Basah


Lumpia Semarang...salah satu ikon  oleh2 khas Semarang.. yang sudah cukup terkenal. Lumpia khas Semarang biasanya isiannya adalah rebung..yang di masak dengan udang atau ayam, dengan tambahan orak arik telur, berbumbu kuat dan punya manis gurih. Aroma rebung yang khas..membuat lumpia Semarang beda dengan lumpia isi sayuran atau isian lain. Nah...kalau di Semarang tuch..lumpia2 yang terkenal itu.lumayan mahal..satunya bisa sampai 10 ribu..sekarang hihi..kadang masih suka heran juga sich kalau beli buat oleh2 gitu 1 biji lumpia aja kok 10 ribu..lha kalau kita beli 10 aja udah 100 ribu kan..tapi setelah liat ukurannya yang besar dan rasanya emang beda dengan lumpia2 lain..ya okelah..tapi tetep..sebenernya nggak usah semahal itu juga udah untung kali ya...hihi...*tetep Mak Iritnya mikir..hihi*..soalnya kalau bikin sendiri sebenernya bahan2nya nggak mahal sich. Akhirnya kadang kalau buat oleh2..aku suka bikin sendiri..lebih murah..dan rasanya juga tak kalah enak kok..sama yang di jual2.
15

Wednesday, October 2, 2013

Lumpia Panggang


Pengen makan lumpia..tapi yang lebih sehat..akhirnya bikin lumpia panggang aja. Paling tidak kan mengurangi pemakaian minyak..^_^. Lumpia ini lumpia Semarang isi rebung..kayak yang biasa aku bikin..cuma kulit lumpianya aku buat sendiri..karena memang untuk di panggang. Kalau yang mau di goreng..pakai kulit lumpia siap pakai yang tipis2 gitu oke oke aja.
4

Tuesday, March 29, 2016

Lumpia Segitiga


Waktu mau bikin snack buat tukang yang kerja di rumah tadi mikir..mau buat apa ya. Soalnya stock bahan menipis. Akhirnya aku ingat kulit lumpia lebar-lebar yang aku beli dari Kranggan Dalam di sentra industri kulit Lumpia kemaren. Mau buat martabak..kok nggak punya daun bawang banyak. Tunggu Budhe sayur..cuma dapat 1 batang daun bawang..hihi. Wah ya sangat kurang jika di buat martabak. Akhirnya nengok bahan lain di gerobak Budhe sayur..adanya tahu lagi..tahu lagi..yo wis lah di angkut aja ke dapur. Dan akhirnya jadi juga snack untuk tukang yang kerja di rumah..Lumpia sayur tahu. 

7

Sunday, June 2, 2013

Lumpia isi Sayuran


Kadang..kalau bosan bikin lumpia isi rebung atau yang lain..aku suka bikin lumpia isi sayuran ini..rasanya lebih light ya dan seger isinya. Kemaren sebenarnya mau buat atau isi sayuran, tapi stock tahu pong ku sudah agak asam.Nah karena sudah bikin isiannya..akhirnya berubah haluan..bikin lumpia sayur aja..kebetulan masih ada kulit lumpia di kulkas..hasilnya..sam enaknya.

Kulit lumpianya juga nggak perlu bikin sendiri, aku beli aja..murah..di Semarang kulit lumpia tipis2 gini banyak di pasar. Di tukang sayur juga banyak..dan kulit lumpia Semarang ini kalau di buat lumpia hasilnya bisa renyah dan kres kulitnya..yummy. Oke..buat yang suka lumpia sayur..ini aku kasih resepnya ya..tapi kalau mau lebih sehat..isian lumpia sayur ini juga pas buat isian lumpia basah, yaitu lumpia yang kulitnya tidak perlu di goreng..enak juga itu..dan lebih sehat. Resepnya di sini ya..Selamat mencoba teman2..^^

6

Friday, February 7, 2014

Lumpia Basah Jagung Isi Tahu & Sayuran


Lumpia lagi...dadar lagi..hihi..memang..lagi seneng2nya ndadar dan bikin aneka kulit snack yang di dadar..sejak punya wajan kewalik nich..mendadar jadi semudah goreng telur...hihi. Iya sich..tinggal di celup..terus di panaskan di atas api..dadar tipis yang sama tipis dan sama rata...jadi cepet sekali buatnya. Padahal..mendadar manual ya..udah sering dan biasa sich..bisa cepet juga..tapi kalau ada alat yang bisa buat lebih mudah..ya kenapa nggak ya..^^

Jadi..jangan bosan ya teman2, jika ke dapurku..soalnya nanti bakalan lebih sering ketemu dengan postingan aneka..dadar..crepes..lumpia..risol..dan sejenisnya..hihi..tunggu sampai aku nemu gagdet dapur lain yang lebih seru..baru ganti kali menunya. Untung suami juga suka sich...aneka dadar2..jadi ada yang bantuin ngabisin dech. Kalau Yodha..hemmm..masih belum mau makan jajan pasar...gorengan paing sukanya mendoan sama bakwan..hihi.

Biasa dech..kalau punya gadget baru..kayak anak kecil punya mainan baru dech aku..di pakai terus..buat nyoba aneka resep..nanti kalau udah bosan..tersimpan manis dech di lemari..hihi. tapi kayaknya kalau yang ini nggak dech..soalnya aku suka sekali aneka kue2 atau jajanan yang kulitnya di dadar. Jadi..semoga tetep jadi alat dapur yang multi fungsi favoritku..kayak snack maker double pan..yang sampai sekerang..masih sering ku pakai..^^

Oh ya..tadi aku bikin lumpia lagi..tapi versi yang basah..nggak perlu di goreng..biar lebih sehat..nggak perlu minyak..dan juga biar nggak bosan lumpia goreng terus. Buat variasi kulit lumpianya aku tambah jagung manis yang di belnder..lumayan menambah rasa kulitnya dan memmberi warna kekuningan cantik dech. Isinya..yang murah meriah aja..isi tahu dan sayuran..minus daging atau ayam..cuma biar gurih aku tambah sekedar 3 - 4 udang yang di geprek. Jadi..rasanya kayak lumpia basah ala pasar..jaman aku kecil dech..ya begini..cuma minus udang..^^ Tapi jika tidak suka lumpia basah..resep ini bisa juga di jadiin lumpia panggang. Setelah di isi adonan kulitnya dan di bentuk..tinggal di panggang dech di teflon sampai kulitnya kecoklatan dan agak renyah. Tapi tidak cocok untuk di goreng lho ya..kulit lumpia ini..karena sangat elmbut..kalau di goreng bakal nyerap minyak.

Oke...yang suka lumpia  basah..yuk di coba ya teman2..ini dia resepnya :
Lumpia Basah Jagung isi Tahu & Sayuran

Bahan kulit :
1 buah jagung manis, di pipil, dan di blender halus dengan 350 ml air, lalu saring
100 gram tepung terigu protein sedang
50 gram tepung beras
1/2 sendok teh garam
1 butir telur
Aduk rata semua bahan kulit, lalu saring jika perlu.
Bahan isi :
200 gram tahu, potong kecil2
1 buah wortel, potong korek api halus
50 gram taoge panjang
4 ekor udang segar, geprek
Daun bawang 2 batang, iris halus ( tadi aku gak pake..pas habis )
Telur 2 butir, di buat orak arik
1 sendok teh kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir
Air 100 ml

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat isi :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan udang yang di geprek, aduk hingga udang berubah warna. Masukkan air , dan semua bahan serta bumbu, kec taoge. Masak hingga meresap dan hampir kering. Masukkan taoge, aduk rata dan masak sebentar hingga kering. Koreksi rasa.

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit lumpia , isi dengan bahan isi secukupnya, lalu gulung bentuk lumpia. Sajikan denga cabe rawit..atau di teruskan jadi lumpia panggang dengan di panggang sebentar di teflon hingga kecoklatan kulitnya.





14

Saturday, August 22, 2015

Lumpia Sayur & Tahu



Kemaren absen lagi sehari posting..padahal ada menu baru yang aku buat..huhu.  Alhamdulillah kerjaan banyak banget..sampai kadang-kadang nggak punya waktu juga buat manjain diri sendiri..misal sekedar leyeh-leyeh di depan tivi atau minum teh di sore hari..sambil nyemil cemilan buatan rumah..wis ndak sempat. Minum teh..kopi..samapi makan pun kadang di depan komputer atau sambil pegang tab..hihi. Nonton tivi..sambil packing..hihi. Tapi gimana lagi ya..jika nggak begitu nggak kepegang semua kerjaan. Karena semua di lakukan sendiri.  Tapi tetep di syukuri dong ya...masih punya kesempatan berkarya..walau dari rumah. Nemenin Yodha belajar juga sambil nyicil gunting-gunting atau tempel stiker..dll..kalau waktnya main..malah suka main toko-tokoan sama Yodha..haha. Dia ngangkat dirinya jadi *stock manager*..jadi suka bantu-bantu merapikan di rak misal ada stcok tepung baru datang. Tapi dia suka pilih-pilih kerjanya..hihi..paling suka merapikan tepung pre mix lazetta atau tepung tempura..yang kemasan menarik dan sudah bagus karena dari pabrik..hihi. Kalau tepung-tepung lain kan masih polos, belum ada stikernya..kalau di suruh bantu tempel stiker suka mau..kadang juga.." kabur ! "..katanya..langsung pindah depan tivi..hihi.
13

Monday, February 27, 2012

Bikin Lumpia semarang yukks...


Membuat lumpia Semarang, tidak sulit lho..mari kita buat sendiri, selain lebih enak , tentunya lebih murah juga. Di Semarang lumpia yang terkenal, dulu sewaktu belum tinggal di Semarang....paling suka kalau di oleh2 in lumpia ini dari relasi kerja..sekarang begitu tinggal di Semarang..walaupun belinya deket....tapi kok sayang karena harganya , untuk lumpia yang enak dan terkenal cukup menguras kantong 10 ribu perbiji, padahal jika mau buat sendiri rasanya pun yang sama saja kok dengan beli , lebih enak malah..bumbu bisa sesuai selera.  
Jadi....buat yang suka lumpia Semarang dan tinggal di luar Semarang.....nggak perlu jauh2 ke Semarang, kalau mau menikmatinya. Kalau tidak ada rebung segar bisa beli rebung kaleng yang ada di supermarket. Kalau di Semarang sich banyak sekali rebung yang sudah di rebus dan di iris iris, siap untuk di masak isi lumpia, namanya juga kota lumpia..^^. Kalau rebungnya mentah..di rebus dulu ya sampai empuk. Selamat mencoba :

NOTE: Resep kulit lumpia ini adalah yang asli..bukan yang model di dadar di teflon..tapi cuma di oles..jadi adonannya memang kental sekali...jadi Sy sarankan pakai kulit  lumpia siap pakai yang bisa di beli di supermarket. Jadi untuk sementara resep kulit Sy hapus dulu yach...drpd byk yang coba tapi bingung caranya...karena  memang agak tricky buatnya..nanti kalau Sy sempat buat Sy foto step by step dulu baru Sy update lagi resep kulit lumpianya. 

Lumpia Semarang:
kulit lumpia secukupnya
rebung 500 gram,rebus, potong korek api
daging ayam 200 gram,rebus, potong dadu kecil
udang 100 gram
daun bawang 2 btg
bawang merah 8 butir,cincang,
bawang putih 6 siung,cincang
kecap manis 4 sendok makan
merica bubuk 1 sdk teh
garam dan gula pasir sesuai selera
air 200 ml,

Cara membuat :

Tumis bawang merah & putih sampai harum, masukkan daun bawang dan ebi atau udang, tambahkan ayam, rebung dan bumbu lain serta air, masak sampai matang dan air habis...
angkat..dinginkan...

isi kulit lumpia dengan bahan isi, lekatkan dgn putih telur..goreng sampai kuning kecoklatan...garing..cress..tinggal makan pake cabe dech...



37

Thursday, July 15, 2021

Lumpia Tahu & Sayur

Selamat sore Ibu-Ibu,

Cemilan sore tadi teman-teman, Alhamdulillah Yodha dan Papinya suka...๐Ÿ’• Atau mungkin karena kelaparan ya??? 

Punya tahu, sayuran di kulkas mau buat apa ya yang enak? Pas kebetulan punya kulit lumpia juga di kulkas, akhirnya aku buat ini aja teman-teman. Lumpia Tahu & Sayur, salah satu gorengan Nusantara untuk variasi lumpia. Kalau Lumpia Semarang isi rebung kalau di Yogya Lumpia banyak isi sayuran;  Wortel sama taoge atau ditambah tahu seperti ini, rasanya? Gak kalah enak kok teman-teman.

Kalau di Yogya aku suka beli lumpia isi sayur gini di dekat Malioboro, Lumpia Samijaya, atau di sepanjang trotoar sekitar pertokoan Gardena Yogya, semua enak!๐Ÿ’• Tapi ini beda style ya sama lumpia itu isiannya, ini ala aku sendiri ... pakai tahu ๐Ÿ˜€ Kapan-kapan aku buat yang versi Yogya itu.

Yuk cobain ya, apalagi dilengkapi ayam dan udang, tambah bergizi dech untuk keluarga ya teman-teman.

Yuk cobain...jangan lupa goreng pakai minyak goreng FORTUNE (IG@fortunecermat) ya agar lebih renyah dan gurih ❤️

Lumpia Tahu & Sayur

Bahan :
  • 250 gram ayam rebus , cincang
  • 50 gram udang kupas, cincang
  • 1 wortel ( 125 gram, di iris )
  • 250 gram tahu, iris kecil
  • 2 daun bawang, 1 sledri cincang
  • 75 gram taoge
  • 1/2 bawang bombai, cincang
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk mkn gula pasir
  • 2 telur
Bumbu :
  • 5 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 1/2 sdk teh merica butiran

Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus hingga matang
  • Masukkan udang, ayam
  • Masukkan tahu, sayuran
  • Tambahkan 50 ml air
  • Tambahkan kaldu ayam..garam..gula
  • Aduk rata
  • Cek rasa
  • Tambahkan 2 telur
  • Aduk2 hingga telur matang
  • Angkat, dinginkan
  • ambil selembar kulit lumpia
  • Beri isian secukupnya
  • Olesi ujungnya putih telur
  • Gulung bentuk lumpia, goreng hingga matang
  • Sajikan hangat
Selamat mencoba !
1

Wednesday, September 3, 2014

Tips Membuat Isian Lumpia Semarang Ekonomis


Kemaren beberapa teman yang punya usaha kue2 dan cemilan basah tanya cara membuat aneka kudapan ekonomis tapi enak yang bisa di jual..baiklah..karena *Mak Irit ahlinya yang mur mer dan ekonomis tapi enak..hihi..mari kita bahas satu persatu ya nanti teman2..jika pas aku bikin cemilan. Walau sebenernya udah banyak sich..resep2 ekonomis tapi enak yang udah aku posting di sini..tinggal rajin ngubek2 aja isi web ini teman2..pasti banyak dech nemu ide aneka snack rumahan yang bisa di jual..untuk menambah penghasilan keluarga. Colek mba Harsini yang kemaren kirim email dan juga teman2 lain yang sudah mulai atau baru mau   punya niat usaha sambilan bikin aneka jajanan..ayukk..semangat ya..pasti bisa..walaupun kita sibuk ngurus keluarga dll..tapi jika punya keinginan untuk memulai usaha di bidang kuliner..pasti ada jalan. Di mulai aja dari yang kecil2 an teman2..bisa nyetor aneka snack ke tempat pedagang jajan pasar di pasar2 tradisional..di toko2, warung2, kantin sekolah..kantor dll..atau di titip di tempat2 pedagang snack di pagi hari..kalau di tempatku di Semarang sini banyak lho yang jual aneka snack dan jajanan di pagi hari..dan laris manis pula...walau rasa kadang standar banget. Kalau teman2 nggak punya waktu untuk menjual sendiri..dengan di titip jual seperti itu..menguntungkan juga lho..karena para pedagang jajanan itu malah nggak bikin sendiri..jadi di setor aja oleh para pembuat jajanan. Jadi..peluang bisnis di bidang makanan itu ada di mana2 teman2. Di lingkungan tempat tinggal, sekolah..kantor..semua bisa jadi lahan usaha kok teman2..^^

13

Saturday, June 5, 2021

Lumpia Semarang

 

Lumpia Semarang

Selamat Sore Ibu CerMat!

Ngemil sore gini paling enak yang gurih dan anget-anget ya Bu ... Nah, kalau camilan favorit yang gurih favorit di rumah salah satunya Lumpia Semarang, gurih manis, garing, dan kriuk....๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Kalau bikin ini, semua pasti suka banget deh... Cepet habisnya dan ngga pernah bosen.

Untuk membuat Lumpia Semarang, agar bisa garing kriuk ... Adonan isi harus dimasak hingga kesat kayak tumisan kering ya Bu. Selain lebih kriuk bisa juga disimpan di freezer dan jadi stok Frozenfood, deh.

Dari banyak versi resep Lumpia Semarang yang sudah aku share ... resep ini versi yang gurih manis ... ala Lumpia di toko oleh-oleh ya ...

๐Ÿ˜‹LUMPIA SEMARANG

Bahan Isi:
  • 500 gram rebung, rebus hingga empuk
  • 5 bawang putih, cincang
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • 1 sdk mkn kecap asin
  • 3 sdk mkn kecap manis
  • 1 sdk mkn gula pasir
  • 1 sdk mkn ebi, rendam air panas, haluskan
  • 100 gram udang kupas, cincang
  • 100 gram ayam rebus, cincang

☺️Cara Membuat:
  • Tumis bawang putih hingga harum
  • Masukkan udang, ayam, aduk rata
  • Masukkan air 300 ml
  • Masukkan rebung, kecap dan semua bumbu]
  • Aduk dan masak hingga kuah hampir habis
  • Terakhir tambahkan 2 butir telur, otak arik dulu di pinggir pan..baru di aduk rata kembali hingga tumisan benar2 kesat dan tidak berair
  • Cek rasa..
  • Dinginkan
  • Ambil selembar kulit lumpia..beri isian secukupnya, gulung..lem ujungnya dengan putih telur
  • Goreng hingga matang dan renyah.

Selain itu gunakan minyak berkualitas. Andalanku minyak goreng FORTUNE (IG @fortunecermat) dong agar hasil gorengan lumpianya garing dan gurih maksimal...๐Ÿ’•๐Ÿ’• Cobain yuk, Bu!

0

Tuesday, April 16, 2013

Martabak Tahu Praktis


Tadi keasyikan di depan komputer..sambil..nunggu tukang sayur..eh deket2 waktu makan siang ..suami telp...katanya mau mampir ke rumah..pas makan siang..soalnya lagi ketemu klien..pas kebetulan di Semarang atas kantor kliennya..waduh..belum masak..^^...akhirnya wis..tak suruh beli lauk aja..lha mau masak udah mepet..waktunya.akhirnya suami bilang mau beli mangut belut aja..menu favoritnya..ya udah..aku mikir..bikin lauknya aja yang cepet..nah tengok belanjaan di tukang sayur ada tahu..dan kulit lumpia..yang udah..langsung di buat aja Martabak Tahu..praktis..cepat..15 menit mateng...pas suami datang..dah matang masih anget...habis dech 3 biji..^^ ..abis makan siang..sholat terus..balik kantor dech..so..masak kepepet pun bisa tetep nyenengin hati suami kan..^^

16

Google Ad

Visit Our You Tube Channel