Google Ad

Tuesday, July 17, 2018

Arem-Arem Praktis isi Ayam



Alhadulillah Kak Yodha udah masuk SMP. Ngga terasa, cepat sekali waktu berlalu. Dulu si anak kriwil kecil yang sudah makan, sekarang udah besar dan jago makan...hihi.

Yodha masuk SMP Al Azhar. dua hari ini lagi orientasi. Ada tugas bawa snack yang di bungkus pakai daun kemaren. Akhirnya aku buat aja Subuh. Kalau mau beli juga pagi-pagi ribet mesti keluar rumah. Ternyata bikin snack berbungkus daun seperti Arem-arem ini memang kudu dari malam hahah.

Kalau pagi hari, walau udah kerja cepat bungkus2nya tetap aja nggak cukup waktu untuk mengukus biasa, akhirnya aku presto aja. Dan ternyata bisa matang cepat dan enak rasanya, malah jadi empuk menul2 lembut arem-aremnya. Waktu untuk prestonya sesuaikan dengan Panci masing-masing, karena tiap panci presto daya tekannya beda ya. Kalau aku pakai Fisler, 15 menit dari waktu berdesis , cukup untuk memasak arem-aremnya. Oh ya, karena walau ada angsangnya tetap kena air waktu mempresto arem-aremnya, usahakan isian berani bumbu ya teman-teman, agar tidak anyep, ketika sudah matang.

Cara memprestonya seperti biasa, masukkan air ke panci presto , masukkan angsang, tata arem-aremnya di angsang, tutup rapat. Taruh di atas kompor, nyalakan api sedang, tunggu hingg bunyi desis kencang. Bari dech di hitung waktunya hingga matang. Kalau punyaku 15 menit cukup...karena prestoku tekanannya sangat tinggi.

Untuk isinya, karena untuk Yodha aku nggak buat pedas, jadi aku isi dengan isian ayam cincang seperti bumbu Lemper aja, tapi aku tambah beberapa biji cabai tapi di buang biji... ternyata tetap enak sekali rasanya.

Mau coba teman-teman, yuk simak resepnya ya...
Arem-Arem Praktis isi Ayam
Bahan :
300 gram Beras, cuci bersih
250 ml air
2 sendok makan santan bubuk / cream masak
1/2 - 1 sendok teh garam ( sesuai selera gurihnya )
2 lembar daun salam

Cara Membuat :
Masukkan semua bahan ke rice cooker, masak seperti biasa hingga matang
Aduk2, dan diamkan sebentar agar tanak dengan tombol warm
Siapkan bahan isian ( lihat resep bahan isian di sini , cuma aku tambah sedikit cabe tanpa biji ya )
Siapkan daun pisang, lemaskan dengan cara di panasi sebentar di atas kompor
Ambil adonan secukupnya
Beri isian secukupnya
Bentuk seperti Arem2, presto selama 15 menit, dari mulai panci berdesis ya..bukan dari awal nyalain kompor ngitung waktunya. Karena Panci Presto baru bekerja jika sudah bunyi desis kencang, artinya tekanan panas sudah maksimal.

1 comment :

  1. bun..klo ga pake presto pake kukusan biasa ya? kira2 berapa lama dikukusnya?

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel