Google Ad

Thursday, July 19, 2018

Sop Bening Berkaldu

Cuaca akhir ini panas ya teman-teman. Enaknya makan yang seger-seger yuk. Tak perlu mahal kok...Sup sayur bening pun oke banget di makan pas panas gini. Seger banget.


Biasanya aku bikin Sup bening tanpa kaldu, tapi kali ini aku buat sekalian untuk Yodha, jadi aku pakai air kaldu bening aja, biar makin bergizi. rasanya juga makin gurih. Tapi kaldu yang di pakai haru skaldu bening ya teman-teman, jadi nggak amis rasanya. Kalau bikin sup, potongan ayam langsung masuk itu menurutku kok malah jadi amis, tapi jika di buat kaldu bening dulu enak seger.

Cara membuat kaldu bening sudah sering aku share ya teman-teman di webku, ajdi ayam , pilih yang kampung atau pejantan, di rebus dengan api kecil sekali hingga keluar kaldu beningnya. Pertama mungkin akan namak keruh di awal perebusan, namun setelah di masak beberapa waktu akan menjadi bening kaldunya. Itulah yang kita sebut sebagai kaldu bening yang berasal dari sari kaldu ayam yang keluar perlahan ketika di masak api kecil

Tak percaya itu beneran kaldu ? Coba aja setelah di rebus air kaldu masukn freezer, nanti akan mengental seperti jeli. Dan air kaldu ini bisa di simpan di freezer ya teman-teman. Bisa untuk bikin Soto, bubur ayam, nasi ayam hainan dll kok kaldunya. Atau di buat aneka sup, jadi tambah seger. Untuk kuah bakso juga enak kaldu ayam bening ini.

Oke, ini dia resep sup beningnya ya, selamat mencoba....

Sop Bening Berkaldu

Bahan :
1 liter air kaldu ayam bening
3 siung bawang putih, bisa di haluskan lalu di tumis, atau bisa juga di goreng dulu lalu di geprek jika mau kuah bening.
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu jamur
2 batang daun bawang
1/4 buah kol, iris kasar
1 buah kentang, potong dadu
1 buah wortel, iris serasi
1 buah tomat iris kasar

Cara membuat :
Didihkan kaldu, beri bumbu
Masukkan mulai sayur yang keras seperti kentang dan wortel, baru terakhir sayuran yang mudah lunak
Koreksi rasa, sajikan bersama bawang goreng, sledri cincang
Plus tambahan Udang Goreng akan lebih lezat



No comments :

Post a Comment

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel