Google Ad

Friday, July 27, 2018

Rice Bowl Kongbap Kekian Asam Manis



Hallo, ketemu lagi dengan menu masakan bertema mingguan di webku : Heathy Menu with Kongbap !

Rice bowl, menu kekinian ala Kafe-Kafe anak mudah jaman now. Aneka macam toping, aneka macam bentuk mangkuk yang lucu-lucu dan kekinian juga sungguh menjadi bisnis yang menjanjikan sekarang ini ya teman-teman. Rice bowl ini praktis, karena di sajikan dalam satu mangkuk, sekalian ada lauknya. Jadi praktis jika di konsumsi anak kost, pekerja untuk makan siang, dll.
Bahkan sekarang ini di supermaket deket rumahku yang ada di lingkungan kampus ada Rice Bowl aneka toping yang siap makan, dalam kemasan mangkuk mika gitu, ada tutupnya. Jika ada yang beli tinggal di panaskan sebentar di Microwave. Walaupun instan..nyatanya laku juga untuk mahasiswa hihi. Yodha pernah beli sich sekali dua kali waktu nggak sempat bikin sarapan dulu. Rasanya ya so so aja sich, tapi tampilannya menarik.

Nah, makanya kenapa kita nggak buat sendiri aja menu ala Rice Bowl di rumah, tentu lebih sehat, enak dan hemat. Lebih sehat karena Nasinya bisa kita tambah Kongbap, aneka biji-bjian kaya serat yang bisa di campurkan ke beras sewaktu kita menanak Nasi. Hasilnya, nasi jadi lebih pulen, dan menarik warna-warni dari biji-bjian Kongbap ini. Soal rasa, nggak berubah kok, tetap nasi, tapi lebih kaya serat dan secara langsung kita bisa menikmati nasi sehat dan sekalian mengkonsumsi serat alami dari Kongbap ini.

Cara pakainya juga mudah sekali. Satu sachet Kongbap di tambahkan ke dalam 250 gram Beras putih kemudian di masak seperti  biasa. Agar nasi tetap pulen, takaran air di tambah ya sekitar 50 ml, agar matang sempurna. Yodha aja tiap hari makan Nasi Kongbap nggak protes, asal lauknya enak, tetap lahap dia...hahah.

Oh ya, Kongbap ada 3 varian ya, yang pertama warna orange itu yang pertama, kemudian sekarang ada warna hijau, ada kuning juga. Bedanya apa ?...di campuran aneka biji-bjian aja sich, yang hijau dan kuning lebih lengkap aneka biji-bjiannya. Yuk..kita biasa keluarga kita mengkonsumsi menu rumahan ya sehat ya teman-teman, tentu dengan penyajian yang menarik ala resto, akan lebih menarik dong buat anak-anak. Jadi hemat juga kan. Oke, aku share salah satu lauk inovasiku untuk Rice Bowl ini ya...jika tidak suka Kekian, bisa di ganti Udang, Ikan Kakap, Ayam, Cumi, dll kok. Kalau aku kali ini pakai Kekian Udang. Rasanya tentu saja enak dan gurih..di padu saus asam manis yang segar...serta nasi Kongbap yang sehat...hemmm...Yummy..! Cuma aku pakai wadah biasa aja karena ala rumahan ya..hihi. Jika mau buat usaha, ada kok mangkuk-mangkuk cantik kekinian buat wadah Rice Bowl ini..hihi.

Rice Bowl Kongbap Kekian Asam Manis

Bahan Nasi Kongbap :
250 gram beras putih
1 sachet Kongbap Hijau

Masak di rice cooker seperti membuat nasi putih biasa ya.

Bahan Kekian :
200 gram tepung terigu protein sedang, 50 gram tepung sagu
200 ml air, kira-kira
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
100 gram udang kupas yang sudah bersih, haluskan
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Kekian :
Aduk rata semua bahan sambail di uleni sebentar agar adonan agak liat, jadi nanti kekiannya lebih kokoh dan ada sedikit kenyal
Panaskan minyak, sendokkan adonan melebar sampai terendam minyak
Goreng di api kecil hingga benar-benar matang bagian dalamnya, dan bagian luar kecoklatan
Dinginkan, baru potong serong sesuai selera
Kekian siap di olah

Bahan Saus :
1/2 buah bawang bombay, iris kasar
2 bawang putih, geprek
2 cm jahe, iris kasar
300 ml air
3 sendok makan saus tomat
1/2 sendok makan gula pasir
1 sendok teh cuka jika perlu, karena saus tomat udah asam ya
1/4 buah nanas, potong kecil
1 batang daun bawang iris kasar
50 gram kacang polong
1/2 sendok teh kaldu jamur
1 sendok teh saus tiram
Garam jika perlu
1/2 sendok makan maizena untuk pengental

Cara membuat :
Tumis bawang bombay, jahe, dan bawang putih hingga harum
Masukkan air, saus dan semua bumbu kecuali nanas, kacang polong dan daun bawang
Masak hingga meresap dan mendidih
Tambahkan maizena yang sudah di encerkan dengan air
Koreksi rasa
Masukkan Nanas, kacang polong dan daun bawang, aduk sebentar agar warna tetap cantik ngga layu
Sajikan hangat

No comments :

Post a Comment

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel