Google Ad

Monday, July 9, 2018

TIMUS GURIH LEGIT


Kemaren aku bikin timus atau ketimus.  Kue tradisional khas Jawa nich sudah mulai langka nich jarang yang jual ya teman-teman.

Padahal rasanya enak sekali ya  Timus ini.  gurih manis, legit.  Kalau aku suka yang manisnya samar2 jadi terasa gurih dan enak ngga mbosenin untuk di cemal cemil.

Kemaren aku bikin timus dengan tambahan cream bubuk,  wah enak sekali rasanya. Cream ini bisa untuk pengganti santan atau susu .

Aku coba campur ke adonan timus ini rasanya enak sekali makin gurih legit. Cobain dech teman-teman,  nanti akan tau bedanya dengan timus biasanya 😘😘😋😋

Timus Legit

Bahan :
750 gram ubi,  kukus, haluskan
50 - 75 gram tepung tapioka
50 - 75 gram gula pasir
1/2 sdk teh garam
2 sdk makan cream bubuk untuk masak  / bisa  di ganti susu bubuk jika tidak ada
1/4 sdk teh vanili

Cara membuat :
Campur semua bahan
Cicipi rasanya hingga sedikit manis , gurih dan legit
Bentuk bulat lonjong
Goreng di minyak yang sdh di panaskan hingga matang

Tips :
Menggoreng ini,  minyak harus sudah panas dulu,  jadi langsung berkulit,  selanjutnya kecilkan sedikit api agar tidak cepat gosong.
Waktu menggoreng tes dengan satu bulatan adonan dulu,  jika udah bagus bentuknya,  lanjut.  Jika masih sedikit lembek,  tambah sedikit tepung , tapi maksimal  hingga 75 gram ya agar rasa ubi tetap dominan bukan tepungnya.
Timus yang enak tekture kres luarnya,  lembut dalamnya , jadi gunakan ubi yang mempur dan tidak lembek,  dan waktu mengukus jangan terlalu lama agar ubi tidak lembek.



No comments :

Post a Comment

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel