Sunday, December 30, 2012

Ayam Panggang Klaten


Terinspirasi waktu jajan di rumah makan Bu Ageng Yogya kemaren, langsung dech pengen bikin sendiri ayam panggang ala Klaten di rumah. Lebih murah..dan lebih enak tentunya..karena bisa sesuai selera bumbunya. Kebetulan Yodha juga suka ayam yang di ungkep lama dengan bumbu kental gurih manis gini. Jadi..nggak perlu jauh2 ke Yogya lah..ayam panggang Klaten yang mak yuss pun bisa tersaji hangat dari dapur sendiri. Lebih ekonomis pula..klu beli 30 ribu cuma dapet sepotong plus nasi..kalau buat sendiri..bisa dapat 1 ekor ayam kampung muda ukuran kecil. Lumayan kan..hehehe. 
Ayam panggang Klaten adalah ayam panggang yang sebelumnya di ungkepdulu dengan santan dan bumbu2 Jawa komplet, sehingga pas di panggang ayamnya si selimuti bumbu2 yang sudah jadi areh. Rasanya enak sekali, gurih dan sedikit manis..beda sama ayam panggang biasa, cobain dech..gak rugi pokoknya. Oh ya..ayamnya lebih enak pakai ayam kampung yang masih muda ya..tapi jika tidak ada ya pakai ayam negeri juga tidak apa2.
Mau coba...ini dia resepnya ya..........

Ayam Panggang Klaten

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
1 ekor ayam kampung / negeri, dipotong 4 - 8 bagian
2 lembar daun salam , lengkuas 2 cm memarkan
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya, disobek-sobek
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
1/2  sendok makan garam ( secukupnya )
1 sendok makan gula merah sisir
1 sendok teh asam jawa 
600 ml santan dari 1 butir kelapa
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus:
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh merica
1/4 sendok teh jintan, disangrai
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih 
5 butir kemiri, disangrai
1 cm jahe 
1 cm kunyit, dibakar


Cara Pengolahan :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
  2. Masukkan santan, garam, gula merah, dan air asam. Masak sampai meresap dan bumbu dan santan  mengental  jadi areh
  3. Bakar sambil dibolak-balik dan dioles sisa bumbu sampai harum.

9 comments :

  1. Wih, enak banget. Mbak, krmn aku coba masak sayur godog betawi dan bubur sumsum. Suamiku bilang enak katanya. Padahal aku msih pemula, dan banyak gagalnya. Tapi liat resepnya mbak diah, resepnya jd simpel dan jadi! Kalau ngikut resep beberapa blog ibu2 yl, malah ngga jadi. Request donk mbak, resep pentol cilok daging. Ini jajanan yg aku kangen bgt. Nanti2 aku request lagi yah mbak, hehe...Good job mbak Diah! ^^ella

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba..ayuk..semangat..coba2 resep2 yang lain ya...biar tambah di sayang suami..ok..ntar klu sempat bikin ciloknya dech..^^

      Delete
  2. karena mama aku aslimklaten.. sering buanged mba bikin ayam panggang klaten ini,, enak banged.. ,, nyuummmyy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeh..enak banget emang Ma Shinta..bumbuny kental dan nendang bgt ya..^_^

      Delete
  3. Areh itu artinya apa mbak? Maklum saya orang betawi:) Diungkep di dalam santan nya dengan api kecil atau sedang? Kira2 brp lama mbak? Saya seneng banget visit blog nya mbak untuk cari inspirasi memasak krn saya tinggal di luar negeri jadi sering kangen makanan tradisional indonesia. Makasih ya mbak untuk kontribusi nya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Areh itu santan yang mengental..karena di panaskan dalam waktu lama Mba Evelyne..pernah makan gudeg belum?..Nah biasanya kan di atas udeg di kasih santan kental..ya itulah areh. Masaknya ..kira2 ya 1 jam mba..dgn api kecil..pokoknya sampai santannya mengental gt..Selamat memasak ya Mba..klu tggl di luar emang sering kangen masakan Indo ya Mba..:)

      Delete
  4. Saya pernah makan gudeg koq. Iya untungnya di tempat tinggal saya bnyk penduduk Asia nya jadi cari bumbu2 masakan Indonesia cukup gampang. Barusan saya bikin mie goreng jawa dr resep nya mbak diah, suami ku bilang enak. Dia langsung ngebet makan habis pulang dr gym heheh. Thanks mbak for being friendly and helpful:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Evelyne.wah seneng dech kalau dengar keluarga suka apa yang kita masak ya Mba..:)
      Senang bisa sedikit membantu ide resep buat keluarga. Selamat masak ya Mba..Semangat..:)

      Delete
  5. mbah diah, resepnya simpel2 semua ya.. setiap sher baca resep mbak lgsg di di praktek alhmdlh berhasil mulu.. wahh makasi ya, besok saya mau coba resep ayam panggang klaten.. brhpr berhasil juga,... terima kasih inspirasinya, di tunggu buku resep masak karya mba diah..

    ReplyDelete