Monday, December 17, 2012

Bolu Pandan


Akhirnya cobain juga bolu pandan....resep dari Bu Ambar di  langsungenak...dari referensi teman2 yang udah coba sich bilang enak....terus semakin penasaran....kok di bilang kuenya kalau di potong bunyi krenyes2..hihi..ada2 aja. Setelah coba buat..ternyata....bunyi kreyes2 tuch cuma bagian luar yang kering aja....mungkin karena suhu oven yang panas....aku pakai 200 C....soalnya oven ku ruangan dalemnya lega dan besar....klu suhu biasa kok gak mateng2....hehe....dan adonan juga mengandung santan kental ya....jadi hasil kulit luarnya bisa kreyes2 garing gitu, tapi dalam kuenya sich....tetep moist dan empuk ngembang gede pula..sampai loyang tulban biasa sisa adonannya. Over all.....enak dan layak di coba....buatnya juga gampang dan  simple bahan2 nya....plus pakai santan....jadi kuenya jadi lebih gurih..mau coba....ini dia resepnya...

BAHAN :
  • 6 butir Telur
  • 1 sdt Ovalet
  • 225 gr Gula Pasir
  • 250 gr Tepung Terigu campur dgn
  • 1 sdt Baking Powder
  • 150 ml Santan campur dgn
  • 50 gr Mentega cair
  • Tambahkan sedikit Garam & Pandan Pasta


CARA MEMBUAT :
  1. Kocok Telur, Gula dan Ovalet smp mengembang dan kental.
  2. Masukkan Tepung Terigu, kocok kecepatan rendah sampai tercampur rata.
  3. Lalu masukkan campuran Santan Mentega dan Pandan Pasta, aduk rata.
  4. Tuangkan kedalam loyang yg telah di olesi mentega dan taburi tepung.(jika pakai loyang bulat  loyangnya usahakan yang tinggi 10 cm..karena kue ini ngembang gede..atau pakai loyang yang lebar..)
  5. Panggang sampai matang.
Ini bolunya tuch sebenernya ngembang bagus dan lembut..tapi pas mau di foto di potong2 Yodha..tuch,..jadi ancur..hihi..

28 comments :

  1. makasih mbak..baru saja kucoba...uenakkkk bangetttt...lembuttttt heheeheheh...cuma pastanya gak pandai kira2 mbak..td coba 1/2 resep jd pastanya kukasih 1/2 sdt...lihat di adonan kok kayak terlalu pudar..langsung kutetes 2 tetes pasta lagi ke adonan yg lagi dimixer,jadinya agak sedikit lebih hijau dari punya mbak..anakku bilang..yg digambar ma yg bagus warnanya..haahahahahaa :D maunya sama persis dg di gambar -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...terprovokasi sama Yodha ya Mba..anaknya..:)
      Iya..warna sich kadang beda pasata juga beda hasil sich Mba..tapi kalau mau soft..jangan banyak2 emang kasih pewarnanya..:).Memang pas mash adonan nggak genjreg banget..nanti klu mateng hasilnay lebih cerha kok..:)

      Delete
    2. o gt ya mbak...ok mbak..tar waktu coba lagi pakai lebih sedikit,terimakasih :)

      Delete
  2. Mba Diah klo mau di tambahin parutan keju diatasnya, sebaiknya dimasukinnya kapan? apakah sebelum masuk oven atau pada saat bolu setengah matang? dan kira2 bolu ini manggangnya berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum di oven mba..biar melekat kejunya..:) Manggang tergantung oven masing2..bisa 40 - 60 menit.

      Delete
  3. Mba diah...klo menteha ganti minyak sayur bisa ga....soalnya alergi butter

    ReplyDelete
  4. Mba Diah kemarin aku bikin bolu pandan jugatapi seret ditenggorokan. kayanya kurang telur dan margarinenya... ini aku mau coba bikin pakai resep mba diah ini...semoga g seret lagi hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah lembut mba Tina..kalau ini..aku suka dan nggak terlalu manis juga..cobain ya..:)

      Delete
  5. Mba diah itu pakai loyang tulban ukuran berapa . Terus masukin santannya diaduk pakai sepatula apa mixer ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang agak tinggi ya mba..7 cm tulbannya..di aduk pakai spatula aja..:)

      Delete
    2. Ok mba terimakaseh ...
      Sekalian mau tanya mba ,mba disemarang ada ikea nga ya mba .....

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Udah di coba Mbaaaaaaa resepnya semalam .. berhubung di resep kata mba adonan lebih, ahirnya telur saya kurangi jadi 5 (alasan ngirit jg .. hihihi) itu aja hasilnya ngembang banget, empuk, lembut dan gurih. Bikinin buat mertua .. dapat sanjungan katanya bolu nya cantik dan GEDE banget .. aah terhura saya ..

    Anyway thanks alot mba diah didi :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya lupa kasih nama .. ini dari eka ranti di cilacap. Resep nya bisa buat andalan kalo lagi pengen bikin bolu pandan santan :-)

      Delete
    2. Iya mba Eka..syukurlah jk sukaa...aku ikut seneng dech mendengarnya :)

      Delete
  8. halo mba diah..salam kenal..mau tanya kalo ovaletnya diganti tbm bisa gak ya? trima kasih.. :)

    ReplyDelete
  9. selamat pagi mbak diah. nama saya dika. saya sekarang sedang membantu ibu saya membuat bolu pandan dengan resep kepunyaan mbak diah. saya mau tanya mbak, itu manggangnya dengan suhu berapa ya?

    ReplyDelete
  10. halo mbk, tadi q udah nyoba, tp hasilnya kq bantat ya, kira2 sebabnya apa ya???...

    ReplyDelete
  11. Bantu jawab yah..
    Mgkin swktu mengaduk adonan
    Margarin tdk menyatu dgn adonan tepung endapan bisa membuat kue mnjd bantat mba ..

    ReplyDelete
  12. ini pakai 150 santan kental mbak ?

    ReplyDelete
  13. Mb, adonan telur dan gula sdh dikocok sampai ribbon stage. Tepung dikocok dg speed 1, malah turun banget mb. Hasilnya ngembang tp tdkseperti punya mb didi. Ada bagian yg basah. Tepungnya td ada menggumpal, mb. Padahal sdh diayak. Minyak tercampur rata. Kayaknya aku ngg hoki mmg kl ngocok tepung. Harusnya pakai spatula. Kl menurut mbak kira2 salahku dmn, ya?

    ReplyDelete
  14. Malam2 iseng bgt trus cb bikin bolu ni stgah resep za emg bener ya pas dipotong ada krenyes2nya hehe...mantap deh mba makasih ya resepnya

    ReplyDelete
  15. Bolunya emang mantab mba, lembut banget, thanks ya mba atas resepnya.

    ReplyDelete
  16. Mbk santan'a yg d peras dr kelapa langsung apa d campur air.pingin cb ne mbk...

    ReplyDelete
  17. Mba mau nanya, kalau aku buat bolu terus ngga pake loyang tapi pake kertas cup cake bisa ngga ya? Soalnya aku punya sisa cetakan cupcake banyak hehe makasih mba

    ReplyDelete
  18. Mba mau nanya, kalau aku buat bolu terus ngga pake loyang tapi pake kertas cup cake bisa ngga ya? Soalnya aku punya sisa cetakan cupcake banyak hehe makasih mba

    ReplyDelete
  19. salam kenal mba...kapan itu aku coba resepnya...kue-nya bantet...dari awal hula dan telur dikocok udag ga ngembang..gula yg kupakai gula pasir yang agak coklat..apa sebetulnya gula pasir yg putih bersih ?

    ReplyDelete