Wednesday, May 2, 2012

Bol Kus Rasa Brownies


Bikin bolkus alias bolu kukus tuch gampang2 susah ya…..karena kadang walaupun resep sudah benar, langkah2 udah benar, namun kadang tetep saja gak mau senyum..apalagi ketawa..alias mekrok. Cuma resep ini sangat mudah ketawa....ini termasuk inovasi baru bolkus….yaitu bolkus rasa brownies atau di sebut juga brownies kukus mekar. Resepnya dari buku Ny.Liem. Rasanya juga enak..tidak membosankan seperti bolkus biasa dan lumayan lembut juga..walau tidak selembut bolkus yang pakai banyak kuning telur yang baru ku coba kemaren. Tapi yang penting ..liat hasilnya nich..mekrok dan ketawa ngakak padahal resepnya gak pake air soda lho, jadi.. soda bukan hal yang utama bikin bolkus mekrok ya..^^

Mau coba.silahkan..ini dia resepnya.

Yang baru pertama bikin bolkus..ini tips2 nya ya dari berbagai sumber yang pernah ku pelajari :

Mengocok telur harus sampai benar benar kental ya, dengan mixer kecepatan tinggi.

Tuang adonan di cetakan sampai penuh, jadi ketika di kukus adonan akan terdesak oleh panas..jadinya..mekrok dech.

Jika memakai baking powder seperti resep ini, usahakan baking powdernya masih bisa bekerja dengan baik, karena ini juga yang membantu proses mekroknya si bol kus..karena tidak pakai air soda. 

Pakai loyang bolkus satuan yang berlubang2, agar panas dari uap air bisa langsung mengenai adonan, sehingga adonan terdesak ke atas dan jadi mekrok.

Didihkan air di kukusan sampai bergolak mendidih dulu dan uapnya banyak, baru masukan 
 adonan bolkus.

Air untuk mengukus juga jangan terlalu penuh dan dekat dengan angsang kukusan ya..beri jarak..supaya kalau airnya bergolak..tidak naik dan menciprat ke bolkus..biar gak mengkerut bagian bawah bolkusnya dan jadi basah.

Beri jarak loyang bolkus di dalam pengukus ya..jangan terlalu banyak dan berdekatan adonannya.

Lapisi tutup pengukus dengan kain atau serbet agar air tidak menetes di adonan.

Usahakan adonan yang sudah siap di kukus tidak mengantri menunggu untuk di kukus terlalu lama, jadi pakai kukusan yang besar lebih aman, jika tidak, 2 - 3 kali kukus asal tidak ganti air, tadi masih bisa mekrok semua hasilnya.


Bahan:
A.
200 gr gula tepung
100 gr telur
160 cc air
1/2 sdt vanilla

B.
200 gr tepung terigu cap segitiga biru
25 gr cacao powder
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder

C.
10 gr cake emulsifier ( Sp)

D.
25 gr chocolate chip

Cara Membuat:
  1. Kocok bahan A  dengan kecepatan tinggi hingga kental
  2. Masukkan bahan B, kocok selamat 1 menit,kecepatan mixer rendah.
  3. Masukkan bahan C, kocok lagi dengan kecepatan tinggi hingga adonan kental.
  4. Tambahkan bahan D, aduk hingga rata.
  5. Siapkan cetakan bol kus , alasi dengan cup kertas tuangi adonan.
  6. Kukus selama kurang lebih 16 menit dengan api besar.


20 comments :

  1. Lagi cari resep bolkus, nemu ini, kayaknya mudah ya bun.. Ohya untuk resep diatas, jadinya berapa cup bolkus bunda?

    ReplyDelete
  2. Aduch..lupa gak ngitung dech Mba ..tapi jadinya banyak lho..dan anti gagal juga..banyak yang coba ..berhasil mekrok gt..:)

    ReplyDelete
  3. Mba Diah ngukus kue ini pake klakat atau dandang yang biasa yang dipake buat ngukus nasi bukan? Soalnya aku belum punya klakat, pernah coba pake dandang biasa hasil kurang mekar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kok pake kukusan biasa ...tetep mekar ya Mba Lely..di coba dulu asal..jarak bolkus satu dan yang lain jgn terlalu dekat ya..jadi kalau kukusan kecil..paling ya harus ngukusnya yang antri..:)

      Delete
  4. mbak, aq numpang copas ya... mo coba nih... ohia mbak, 100 gr telur tuh kira2 berapa butir ya ??? klo 160 cc air = 160 ml air ya mbak???
    tolong pencerahanx ya mbak...
    makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sri..silahkan di coba..:)
      100 gram telur kira2 2 butir
      iya benar..cc = ml

      Delete
  5. Mba Di ketemu disini lagi, kmrn udah berhasil nyoba tahu nugget, makasi ya :)
    Sekarang pengen nyoba bikin bolkus ini, tapi gula tepungnya boleh diganti gula pasir ga ya Mba, terus tepungnya kalo pake yang kunci biru gimana ya Mba, apa nanti ngaruh sama hasilnya alias jadi pada ga senyum bolkusnya ....Makasi Mba Diah....Utami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik ikutin resep aja Mba Utami..pakai gula halus..jika tidak ada..gula pasirnya di blender dulu pakai blender kering ya..:)
      Kalau tepung pakai kunci biru nggak pa2...:)

      Delete
  6. Akhirnya berhasil bikin bolkus brownies nya Mba Diah, makasi resepnya Mba.....:)

    ReplyDelete
  7. mbak diah,,,,Alhamdulillah aku sukses bikin bolkus resep ini yeyeyeyeyeyey ini 1st try aku bikin kue2an yg dikukus tp lgs nekat bikin bolu kukus....tapi agak kendalanya si coco chipsnya agak meltit jd agak basah gitu mbak pk yg baked stable gak coco chipsnya? Lina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Lina..seneng dengernya..klu berhasil nyoba ya.
      Iya Mba..pakai yang baked stable choco chipnya.

      Delete
  8. mbak,,salam kenal sebelumnya..
    mau tny ni klo air nya diganti dgn susu cair bisa gak ya,,
    thankyou mbak..( linda )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mba Linda..aku belum pernah coba Mba..jadi belum bisa jawab..biasanya memang pakai air aja sich kalau bolu kukus,..:)

      Delete
  9. Waduh...hati dah seneng pas buka kukusan, bolunya ngembang cakep tp kq tiba2 mengkerut gt y. Q lgsg down...
    Bingung salahnya dmn. Step dan tipsnya dah q cermati. Ngocok adonan A sampe kental kira2 berapa lama y mb? Q td sekitar 15 mnt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Airnya..jangan terlalu tgg sampai mendekati angsang kukusan mba..jika kena percikan air dari bawah yang sedang bergolak / mendidih..kdg bs bikin mengkerut..:)

      Delete
  10. Gt y mb...pdhl dah q priksa kertasnya masih kering. Tp bs jd ada saat terkenanya yah. Kl dr lama pengocokannya dah bener y mb? Makasih banyak :)

    ReplyDelete
  11. Mbk dih kasus saya sama dg mbk weni, mengkerut. Air udah tak masalah. Lalu apa ya masalahnya?

    ReplyDelete
  12. Halo mbk diah, sy bu milka yg kmrn baru pesen sutil sama tepung kentang dr surabaya, nahh krn sy suka bolkus maka kmrn sy coba bikin bolkus resep mbk diah ini, saat jd memang mekrok banget sihh, seneng lihatnya, tapi sayangnya rasanya kok kenyal ya mbk, gak bisa kyk bolu kukus yg biasa sy beli, apa pengaruh telornya,?, atau krn waktu ngaduk bahan ke 4nya sy pake spatula aja tdk pake mixer, tlg dibantu ya mbk di, thanks banget

    ReplyDelete
  13. Kiss...kiss.. buat mb di. Bolkus brownis ku cantiiiiik dan lembut hasilnya. Makasih resepnya yaaa... ^_^

    ReplyDelete