Tuesday, May 29, 2012

Onde Onde Ketawa Balut Keju


Resep ini adalah salah satu snack favorit keluargaku. Resepnya ku modifikasi dari resep onde onde ketawa keju yang pernah ku posting sebelumnya. Dengan bahan2 yang murah dan cara membuatnya juga sangat mudah.Rasanya enak banget..renyah...dan gurih kejunya sangat terasa.Walaupun aku sendiri tidak terlalu suka keju..tapi kalau di buat camilan ini..wah..nggak bisa berhenti makan dech..pengen cemal cemil terus..mau coba..silahkan ..ini resepnya :

Bahan:
100 ml Air
175 g gula pasir
1 butir telur ayam
2 sdm minyak sayur
100 g keju cheddar,parut
200 gram keju cheddar, parut
Minyak untuk menggoreng

Ayak jadi satu:
300 g tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue

Cara Membuat :

  • Didihkan air dan gula sampai larut,dinginkan.
  • Kocok telur dan minyak sampai rata,masukkan sirup gula sedikit demi sedikit sambil di kocok rata.
  • Tambahkan campuran terigu, aduk rata.
  • Tambahkan keju, aduk lagi.
  • Bentuk bulatan-bulatan sebesar bakso.
  • Celup ke air,gulingkan ke parutan keju sampai terbalut rata.
  • Panaskan minyak goreng, goreng onde-onde hingga merekah dan matang.
  • Jaga api jangan sampai terlalu besar karena akan cepat gosong. Gorengnya juga jgn terlalu banyak sekaligus ya..secukupnya saja.....jika tidak akan saling menempel onde2 nya. 
  • Jika mau lebih renyah...setelah di angakat dari penggorengan, lalu  oven sebentar di panas sedang..makan hasilnya onde2 lebih tahan lama dan krispi..
  • Pakai wajan anti lengket yang tebal, bukan wajan alumunium biasa..agar matang merata dan tidak mudah gosong..namun jika mengalami kesulitan menggorengnya...bahan lapisan di ganti wijen biasa aja..tapi keju di adonan di tambah..jadi hasilnya tetep gurih dan ngeju juga..seperti fotodi bawah ini...yang versi lapis wijen...







13 comments :

  1. Makasih resepnya mba...Baru pertama bikin Alhamdulillah sukses. Jd semangat masak lg.

    ReplyDelete
  2. Sippp Mba Asri...wah jadi pgn bikin juga aku..lama nggak bikin onde2..:)

    ReplyDelete
  3. Ertianna nugrahaniMay 7, 2014 at 10:20 AM

    Onde2 ketawa dulu pernah bikin tapi yg versi balut keju belum pernah bikin...pasti lebih enak ya mbak. Kebetulan aku penyuka keju besok tak praktekin deh..makasih resepnya ya mbak.

    ReplyDelete
  4. punya sy onde2 nya gak ketawa :( alhasil dalemnya gak mateng sempurna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lagi mba..gorengnya api jgn terllau panas di minyak byk...:)

      Delete
    2. sudah berhasil mba didi ;^) ternyata kuncinya di api yg harus kecil sm minyaknya jgn terlalu panas ya biar si onde2 punya waktu buat merekahkan diri. hehe... terimakasih banyak mba didi, love u full... hehe

      Delete
  5. halo mba diah....apakah menguleni adonan harus sampai kalis ya? kemarin bikin adonan nya lengket dan ga bisa dibentuk.....alhasil waktu digoreng dalamnya masih basah mba....jadi dibuat versi penyet biar bisa garing dalamnya...walo begitu tetep enak ko mba kriuk nya tahan lama....hehe

    ReplyDelete
  6. Kalis tapi lembut mba..jadi nggak perlu di uleni. Versi penyet..hihi..lucu juga ya....next bisa di bentuk bulat2 terus di gunting mba..bisa juga itu mekar..:)

    ReplyDelete
  7. Mba Diah, itu satu resep kira2 jd brp onde2 ya?

    ReplyDelete
  8. Maaf mba Diah, suka lp tulis nama. Retno mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..lupa mba..udah lama bikinnya kecil2 jadi banyak dulu..:)

      Delete
  9. izin share ya mBak Diah?..kebetulan q suka masak memasak.Walaupun alergi .dgn uap masakan...hehe.And trim's info mengenai macam2 tepungnya.

    ReplyDelete
  10. Mbak diah, kalo gorengnya harus pake minyak yg banyak kaya goreng donat y mba? Terus apinya mas mau goreng kecil apa sedang y mba? Soalnya ketawa nya aku paksa kaya di gunting gitu, hehe ^_^. Solusinya y mbak Diah. Terima kasih :)

    ReplyDelete