Monday, May 14, 2012

Bakso Goreng Ayam


Bakso goreng...aku suka sekali..rasanya gurih, cocok buat lauk..atau di buat  pelengkap untuk makan bakso kuah. Di Yogya sich , bakso kuahnya kebanyakan di lengkapi , bakso goreng, cuma bakso goreng daging sapi. Dulu pernah bikin bakso goreng sapi, belum maksimal rasanya. Sekarang coba yang dari ayam, ternyata lebih gampang, dan rasanya pas..gurih..sesuai yang ku inginkan. Kuncinya di penambahan udang dan kulit ayam, yang memberi aroma dan rasa gurih tersendiri...enak dech pokoknya..
Aku bikin satu resep ini jadinya banyak banget..hehe..jadinya sebagian ku simpan di freezer..trus goreng lagi sebentar pas mau di sajikan..masih tetep enak tuch kemaren setelah beberapa hari. Kalau bosan di buat bakso kuah, enak juga kok bakso goreng ini di buat  campuran nasi goreng, mie goreng atau cap cay, buat ganti kekian gitu....yummy. Mau coba..silahkan..kalau mau bakso gorengnya renyah, buat dalam ukuran kecil2 ya..dan tidak usah di isi telur puyuh, kalau yang ku buat ini gede2..jadi luarnya renyah..dalamnya empuk.
Tapi ini fotonya gak oke..karena kemaren buru2 mau pergi ke rumah Mertua..jadi sedapetnya aja di foto  pake hp..pas mau di foto lagi pakai kamera beneran..lupa terus..keburu abis..hehe..besok kalau buat lagi..di foto yang oke dech..^^

Bakso Goreng Ayam Isi telur puyuh


Bahan-bahan :
200 gram paha ayam fillet, cincang halus
100 gram kulit ayam, cincang halus
100 gram udang dihaluskan
2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk , garam , bumbu kaldu bubuk rasa ayam / penyedap rasa sesuai selera.
1/2 sendok teh gula pasir
1 butir telur ayam
1 putih telur
100 ml air es
250 gram tepung sagu
1 sendok makan tepung terigu
1 sendok teh baking powder
1 batang daun bawang, diiris halus

Bahan isi : telur puyuh secukupnya


Cara Membuat :
  1. Aduk paha ayam, kulit ayam, udang, bawang putih, garam, merica bubuk, garam & penyedap , gula pasir, telur, putih telur, dan air es. Aduk rata.
  2. Tambahkan tepung sagu, baking powder, dan daun bawang. Aduk rata.
  3. Bentuk bulat dengan dua sendok, isi telur puyuh.
  4. Goreng dengan minyak yang dipanaskan dengan api sedang sampai matang.

14 comments :

  1. Mba diah, tepung sagu belinya dimana to? aku kok belum nemu di semarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di TBK mba..aku belinya..klu di atas ada di Kabita..di jalan Kanfer raya..:)

      Delete
  2. TBK itu mana mb? hehehe..katrox.com mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. TBK = Toko Bahan Kue Mba Siti..namanya Kabita..yang paling komplet..kalau di Semarang atas..:)..

      Delete
  3. Mbak, kalau pakai filet dada ayam sbg pengganti paha ayam tdk apa2 kan? Ini baksonya kopong? Fotonya kelihatan kopong. Saya lagi cari bakso goreng yg kopong. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja mba..cuma paha ayam lebih liat ya..kadang susah di cincang halus..:)..kopong dan tidaknya bakso goreng itu tergantung cara menggoreng kita mba..kalau sabar dan telaten dengan api kecil dan waktu lama ya bisa kopong..tapi kalau nggak sabaran..cepet2 mateng gorengnya..ya nggak bisa kopong..karena bagian luarnya aja yang garing..dalamnya basah. Aku pernah bikin bakso goreng kalau mau bener2 kopong sekali goreng bisa 1/2 jam sdr lho..:)

      Delete
    2. Ok deh, saya coba bikin sedikit dulu.... Mudah2an sabar dan kopong. Kalaupun tdk kopong, ya tdk apa2, yg penting enak.... Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Delete
  4. Ada yg lupa... tepung sagu bisa diganti dg tepung tapioka? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, mbak.
      Sisca - Surabaya

      Delete
    2. Mbak Diah, kemarin sdh saya coba. Hasilnya enak, gurih. Saya pakai cetakan takoyaki biar bentuknya bulat2, lalu saya goreng sebentar dg minyak di dlm wajan spt biasa. Ide pake cetakan takoyaki ini dpt inspirasi dari blog juga, tp saya lupa siapa. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Delete
    3. Sipp Mba Sisca..wah..boleh juga itu ya idenya..jadi lebih cantik ya Mba..bentuknya..:)

      Delete
  5. Tepung sagu atau tepung tapiokanya bisa diganti tepung bakso gak, Mbak ? Tq

    ReplyDelete
  6. Tepung sagu atau tepung tapiokanya bisa diganti tepung bakso gak, Mbak ? Tq

    ReplyDelete