Tuesday, June 5, 2012

Pisang Bolen Bandung




Kemaren dapat kiriman pisang raja yang ranum dan masak pohon dari mertua..langsung dech kepikiran buat pisang bolen Bandung ini..soalnya enak banget kalau pisang raja2 nya bener matang dan manis rasanya. Biar tambah sipp..sengaja ku biarkan sampai beberapa hari dan bener over ripe pisangnya..jadi aromanya ..mantab..^^
Resep pisang bolen ini yang paling cocok di lidahku..dari tabloid koki ..hasilnya empuk..lembut dan gak kalah sama pisang bolen dari Bandung yang terkenal itu..enak ini malah..soalnya isinya istimewa..satu pisang cuma ku belah jadi dua, di tambah keju dan meises coklat ..yummy dech..mau coba....silahkan....gampang kok buatnya..cuma harus telaten aja melapis dan melipat adonan pakai korsvet, biar hasilnya ok..bisa berlapis2..tapi rasanya nggak kayak puff pastry biasa..tetap terasa rasa kulit pisang bolen gitu..ini resepnya ya :

Pisang Bolen Bandung

Bahan Kulit :
Tepung terigu protein tinggi / sedang 250 gram
Susu bubuk 1 sendok makan
Gula pasir 50 gram
50 gram mentega asin ( atau bisa juga di campur margarine )
Backing powder ½ sendok teh
Air  100 ml es
Kuning  telur 2 butir
Korsvet ( pastry margarine ) 75  gram, pilih yang bagus ya..supaya tidak ngendal di mulut hasilnya..
Olesan , aduk rata :
Kuning telur 1 butir
Susu cair 2 sendok makan
Isi :
Pisang raja 8 buah, potong jadi dua bagian ( pisangnya harus pisang raja yang benar2  tua dan matang ya..supaya tidak sepet rasanya..^^ )
Gula pasir 100 gram
air 100 ml
Keju dan coklat meises sesuai selera
Cara Membuat :
Isi : rebus pisang, gula dan air, hingga pisang matang ( tidak perlu sampai lembek..sebentar saja ), angkat dan tiriskan pisangnya.
Kulit :
Campur semua bahan kulit kecuali korsvet, uleni hingga kalis. Bulatkan adonan, simpan di kulkas selama 15 menit.
Pipihkan adonan persegi  panjang, olesi dengan sepertiga bagian korsvet, ratakan, lipat sisi kiri dan kanan kearah tengah, lalu lipat sekali lagi. Diamkan di kulkas 15 menit. Lakukan pengolesan dan lipatan yang sama hingga 3 kali sampai korsvet habis. Diamkan di kulkas 30 menit. Jika tidak sabar menunggu bolak balik di kulkas..pengolesan dan pelipatan bisa di lakukan sekalian 3 kali. Baru simpan di kulkas 30 menit..( jurus sesatku..hehe)
Tipiskan adonan setebal 3 mm, potong2. Ambil potongan adonan kulit, isi dengan satu potong pisang, tekan/ belah pisang..isi keju dan meises di tengahnya, lalu lipat persegi adonan kulit. Olesi dengan bahan olesan, lakukan hingga adonan habis, susun di loyang, lalu panggang  di oven 180 C selama 20-30 menit tergantung oven masing masing ya..^^



25 comments :

  1. ngiler juga ngeliatnya,,ja pingin buat, btw korsvet tu bentuknya sperti apa ya..apa sama dgn ovalet? o ya.. aku suka sama blognya..soalnya agak "membumi" alias mudah dijangkau n gak neko-neko.

    ReplyDelete
  2. Hihi..makasih Mba Inda..Saya memang suka yang simple2 aja Mba..dan masak yang saya dan keluarga suka..^^. BTW..korsvet itu pastry margarin..atau mentega utih yang khusus untuk membuat pastry yang berlapis2 gitu Mba..kayak danish pastry..yang di jual di bakery2 gt..atau salah satunyabuat isang bolen ini..bentuknya seperti mentega biasa, cuma agak padat..seperti batangan gt di jualnya..coba cari Di TBK terdekat Mba..pasti ada..^^

    ReplyDelete
  3. brosing2 resep ini di internet, resepnya mbak Diah yg paling pas kayaknya..
    langsung dicoba deh :))

    ReplyDelete
  4. @ Roney...sippp...selamat mencoba ya...semoga sukses...^^

    ReplyDelete
  5. wahh jadi kangen bikin adonan,, dulu kerjaan ku buatin ini Pisang Bolen Bandung,,,, ahhaaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayukk bikin Mas..ngobatin rasa kangen..BTW kalau resep Mas gmn bikin pisang bolen Bandung..buat perbandingan gt..^_^

      Delete
  6. Mbak Di,aku kurang jelas cara ngasih korsvetnya,,,heheh,,gak ada gambar yaa,,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..nggak ada Mba..tinggal di olesin aja Mba..kayak biasa..kalau mau berlapis banget yang banyak2 ngolesinnya..kalau kayak punyaku..dikit aja itu asal rata..soalnya aku kurang suka mentega..hihi.Nanti dech..kalau aku buat lagi tak fotoin ya..cuma nunggu unya pisang raja yang ranum2 dulu..:D

      Delete
  7. resepnya mak diah ni emang simple2 dan fotonya bikin ngiler terus...BTW mak diah aku nunggu resep2 kue kering yg ekonomis2 gtu biar bisa bt ide jualan kue kering taun depan hehehe...salam kenal dr mak ema dilombok,NTB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mak Ema..slam kenaljuga ya..:)..eh udah ada lho Mak..kue2 kering ekonomis..coba kmrn lebaran beberapa ku posting..di search aja di kanan atas ya Mak..slmt mencoba..^^

      Delete
  8. merk korsvet yang biasa dijual di pasaran apa ya mb diah, suka bolen tapi nda bisa bikinnya coz susah bikin kulitnya hehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macam2 Mba..kalau aku sich belinya di TBK dekat rumahku..udah di repacking dengan merk TBK nya..tapi aku biasa bilang..minta korsvet yang paling bagus..agar tidak mengendal pas di makan..dan nggak neg..jadi aku nggak tau merk apa yang ada di TBk tematku..*kpn2 tak tanyain ya..hihi..*
      Tapi kalau di supermarket..biasanya banyak merk2 yang ada kayak Gold Bullion Flake Pastry Margarine..dll..cari aja yang judulnya ada pastry margarinenya pokoknya ya..:)

      Delete
  9. Mbak, makasi resepnya.. Pengen cobaa nih.. Klu boleh request photo cara bikinnya step by step dong mbak.. XD

    Blognya bagus! Sangat berguna. Semoga tuhan memberkahi dan memberi rezeki lebih buat mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..makasih ya Mba..atas doa baiknya..:)

      Iya..nanti kalau aku buat buat pisang bolen lagi di fotoin dech step by stepnya..tapi antri ya Mba..hihi..Masih byk resep2 baru yang musti di coba..:)

      Delete
  10. mba,pny resep pastry yg isiannya kacang ijo gak ya?
    aku pernah dapet kiriman dr batam pastry isi kacang ijo kayak isian bakpia gitu ...enak banget...^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak apa Mba Linda bentuknya ?..Malah belum pernah makan aku mba..:D

      Delete
  11. Kmrn sy bikin bolen bandung tanpa korsvet resep dr bu Fatmah. Skrg pengin bikin yg pake korsvet, dr kmrn googling rata2 perbandingan terigu dan korsvet 2:1. Sy cenderung lebih cocok sm resep ini deh yg korsvetnya ga kebanyakan ;)
    Oya mba, kalo telor di skip atau dikurangi ada pengaruh ke adonan ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ngaruh mba..kan telur bantu adonan ngembang ya..:D

      Delete
    2. Oh...gitu ya mba....soalnya yg resep tanpa korsvet itu minus telur....^_^

      Delete
  12. Mb diah orang semarang ya? Kl beli bahan2roti di semarang dmn y? Solana sy di pekalongan suka ga lengkap. Oh ya BTW korsvetitu ada ymengandung Babi betul ga? ThNx

    ReplyDelete
  13. Mba kalo gak ada korsvet pengganti nya apa ya ??kalo butter bisa gak ?

    ReplyDelete
  14. Thank You resepnya sis, aku coba semalam hasilnya enak :)

    ReplyDelete
  15. pisangnya bisa diganti tape gak mba? klo bisa tapenya digimanain untuk isinya biar enak?

    ReplyDelete
  16. klo bikinnya di baking pan bisa ga ya mba diah?

    ReplyDelete