Google Ad

Thursday, November 7, 2019

Peralatan Dapur Wajib Diidamkan Oleh Ibu Rumah Tangga

Peralatan Dapur Yang Wajib Didiamkan Oleh Ibu Rumah Tangga.

Memasak, sudah jadi keseharian aku di rumah. Selain suka masak, aku juga suka koleksi aneka peralatan dapur, yang berfungsi sebagai alat bantu dalam memasak, dan memudahkan aku waktu memasak. Dengan bantuan alat-alat dapur sekarang yang banyak macam dan canggih, memasak jadi lebih cepat dan menyenangkan, apalagi untuk ibu rumah tangga seperti aku yang tidak punya asisten di rumah, jadi asistenku ya alat-alat ini, hihi.

Di postingan ini, aku ingin merekomdasikan berbagai peralatan dapur yang memakai listrik  berkualitas dan juga bermanfaat di dapur ya teman-teman, agar teman-teman yang saat ini mungkin lagi ada rencana ingin menambah koleksi peralatan dapur, bisa di masukin ke whish list atau memang butuh alatnya, semoga artikel ini bisa sedikit membantu ya.

Peralatan dapur sekarang ada berbagai macam, berbagai jenis, design, fungsi, jadi kita musti pintar-pintar memilih yang terbaik ya teman-teman, contohnya, airfryer, salah satu alat dapur canggih yang bisa menggoreng tanpa minyak. Jadi seiring perkembangan jaman, semakin banyak juga peralatan dapur canggih.

Nah, di postingan ini, aku ingin sekedar memberikan rekomendasi peralatan dapur apa aja yang wajib kita punya, untuk memudahkan proses memasak, dan bermanfaat dalam kegiatan memasak sehari-hari di rumah. Untuk postingan ini, aku fokus ke peralatan dapur yang memakai listrik dulu ya, di postingan selanjutnya aku ulas pernak pernik dapur lainnya.

Untuk memilih peralatan dan pernak pernik dapur, syarat utama untukku adalah kualitas, kedua designnya yang cantik, ketiga fungsinya. Untuk merk, aku nggak fanatik harus merk-merk yang sudah lama beredar, karena merk barupun ada juga yang bagus kok kualitasnya teman-teman.

Beberapa rekomendasi peralatan dan pernak pernik dapur yang wajib punya ala aku, yang sudah benar-benar aku coba pakai di rumah ya, antara lain :

1. Kompor Listrik

Untuk kompor listrik rekomendasi aku yang harganya terjangkau itu merk Oxone, aku suka kompor listrik dari Oxone ini, karena cepat panasnya, jadi tidak perlu menunggu waktu lama, langsung bisa masak dech. Kalau lagi kehabisan gas, kompor listrik ini sangat berguna. Aku punya kompor listrik Oxone yang single stove, bentuknya yang kecil dan satu tungku juga sangat praktis bisa di pindah-pindah ke manapun, cocok untuk food blogger seperti aku yang kadang membuat video masakan di tempat berbeda, kadang di dapur atas, kadang di dapur bawah, kadang di halaman belakang. Nah kompor ini juga bisa di pakai untuk menyajikan makanan panas langsung dari panci, seperti Steamboat, bbq , sop, kuah bakso,  dll, jadi langsung di taruh di meja makan gitu bisa . Designnya juga minimalis cantik, serta watt yang nggak terlalu tinggi.

Ada satu lagi yang aku punya Kompor Shiga dari Jepang, ini juga bagus, canggih ada lampu Hologennya. Sayangnya jika rusak servis centrenya nggak tau, jadi nganggur dech di rumah karena rusak.
2. Oven

Oven, salah satu peralatan dapur wajib punya menurutku, apalagi jika suka baking seperti aku. Aku lebih suka oven listrik di banding oven kompor, atau oven gas, karena menurutku untuk pemakaian rumah tangga lebih praktis, mudah dan lebih cantik juga penampilannya bisa untuk  mempercantik dapur.

Untuk merk oven aku ada beberapa jenis, namun favoritku yang jadi koleksi terbaruku adalah Oven Karaca dari Karaca Indonesia. Aku suka Oven ini, karena designnya cantik, warnanya nggak bisa, untuk kompor, jadi lebih eye catching, seperti warna merah cerah, dll. Oven ini walau dari luar nampak kecil, tapi dalamnya lega, loyang ukuran diameter 33 cm muat lho, jadi suka banget aku, akrena nggak perlu pusing milih-milih loyang. Panasnya juga oke, bisa matang sempurna untuk baking cake, roti, dll. Selain untuk oven, bisa berfungsi sebagai microwave juga, jadi praktis, nggak perlu beli dua alat, sudah lengkap fitur fungsinya.

4. Mixer

Miexer adalah salah satu alat wajib di dapurku, karena aku suka baking, selain untuk membuat cake, juga memantu membuat adonan kue-kue atau jajanan. Aku punya beberpa merk mixer, untuk yan hand mixer, aku suka Philips, designnya simple, kecepatan mixernya bagus untuk mengocok telur cepat mengembang, dan ringan, jadi nggak terlalu membebani tangan ketika kita mengocok adonan.
Tapi aku suka Philips yang tipe tertentu ya, yang model lama. Karena aku punya tipe yang terbaru, tapi untuk bandelnya malah lebih bandel dan tangguh punyaku yang tipe lama ini...nggak mudah rusak.

5. Chopper / Food Processor

Dulu tuch mau beli food processor mesti mikir, kalau beli yang murah pasti cepat rusak, kalau beli yang mahal  kok ya rasanya mahal banget hihi. Nah untngnya sekarang ada Chopper berkualitas yang di tengah-tenagh, nggak terlalu murah, nggak terlalu mahal, tapi berkualitas. Rekomedasi aku, Chopper dari Mitochiba. Itu harganya terjangkau, tapi aku suka kualitasnya oke. Sangat cepat menghaluskan daging sapi, ayam, dll. Jadi bikin aneka olahan daging jadi mudah dan cepat. Yang aku suka dari Mitochiba ini, pemakaiannya yang sangat mudah, designnya simple cantik, mudah di bersihkan, beli satu dapat dua chopper, yang besar untuk menghaluskan daging, dll, plus chopper kecil untuk menggiling bumbu, kacang, dll. Suka banget dech sama Chopper Mitochiba ini, karena sangat berguna di pakai sehari-hari.

6. Airfryer

Airfryer, ini salah satu gadget dapur canggih, bisa menggoreng tanpa minyak sama sekali. Rekomedasi aku untuk Airfryer dengan harga lumayan terjangkau adala Strogen, ini modelnya cantik, seperti tabung, ada wadah tempat makanan, tinggal di tarik keluar, jadi memudahkan kita untuk mengecek apakah makanan sudah matang atau belum. Cara membersihkannya juga mudah.

Airfryer ini sangat berguna, jika kita ingin mengurangi konsumsi minyak dengan alasa untuk lebih sehat atau untuk diet. Tapi , aku sarankan sich untuk menggoreng bahan-bahan yang mengandung minyak alami, seperti ayam, tahu, kacang, dll. Kalau buat goreng kerupuk atau adonan basah tentu nggak bisa ya hihi. Untuk menggoreng frozen food Airfryer ini juga sangat oke, hasilnya bisa matang sempurna dan tetap enak. Aku sering buat goreng akcang, mete, dll tetep enak airfryer ini. Atau untuk memanggang Ubi, kentang, dll bisa matang lebih cepat daripada di oven.

7. Rice cooker

Rice cooker, semua pasti tau kan kalau ini, nah..yang aku mau rekomendasikan sekarang ini adalah Rice cooker digital. Jaman now, Rice cooker juga semakin canggih. Tinggal di sentuh aja, istilahnya..nasi matang sendiri. Nggak cuma itu, rice cooker sekarang juga di lengkapi fitur memasak lengkap, ngga cuma untuk memasak nasi, tapi bisa untuk merebus, mengukus, bahkan bisa untuk bikin kue. Nah rekomedasi Rice cooker digital yang aku pakai ada dua, satu Philips , ini aku suka, designnya cantik, ada fungsi khusu untuk memasak beras merah, yang membuat nasi merah jadi pulen. Satu lagi yang aku punya, Mitochiba, itu aku suka karena fiturnya lengkap juga bisa untuk memasak. kadang aku pakai untuk memasak aneka sup daging, rawon, dll, daging bisa empuk lho di masak di rice cooker ini. Canggih kan.

8. Blender

Untuk blender, aku juga punya beberapa di rumah, nah yang aku mau rekomedasikan ini & in One Blender dan Juicer dari Vicenza, karena satu paket gitu ada 7 alat. Bisa untuk bikin juice, bikin bumbu, dll. Harganya juga terjangkau...beli satu set udah dapat peralatan komplit kita.

9. Slow Cooker

Salah satu alat dapur yang jadi koleksiku adalah Slow cooker, dan aku udah coba berbagai merk, dan pilihan rekomendasi aku jatuh ke Vicenza, karena Slow Cookernya besar, jadi cocok untuk memasak dalam jumlah banyak. Karena slow cooker ini fungsinya adalah memaska secara perlahan, jadinya cocok ketika kita pakai untuk membuat Gudeg, kaldu, dll. Nah, akalu buat Gudeg itu sayang dan tanggung rasanya jika cuma sedikit, ajdi harus sekalian banyak gitu.  Misal mau bikin kaldu juga, karena ukuran besar, bisa muat satu ekor ayam  kampung ukuran besar.

Slow cooker ini sangat praktis juga, karena proses memasak itu secara perlahan, maka tidak perlu kita tungguin, bisa sambil melakukan pekerjaan lain atau di tinggal pergi berjam-jam pun tidak akan gosong masakan kita, karena tidak akan cepat mengurangi kadar air dalam masakan.

Tapi kita harus pintar-pintar mengatur waktu ya jika memasak menggunakan Slow Cooker ini, karena jika kelamaan sari bahan makanan akan keluar semua, jadi rasa bahan makanan akan hambar. Jadi misal kita buat kaldu ayam, jika kelamaan, air kaldunya sich semkain gurih, tapi rasa ayamnya akan hambar karena sudah kelua semua sari-sari dagingnya.  Jadi sebaiknya kita atur agar waktunya pas. Keuntungan lain dari slow cooker ini, wattnya rendah, jadi bisa kita pakai sehari-hari di rumah tanpa khawatir beban listrik tinggi. Aku paling suka memakai slow cooker ini selain untuk bikin gudeg, bikin lontong, ketupat, dll, juga bisa untuk membuat aneka minuman, misal jamu seduhan rempah-rempah, dll, ini bisa meresap semua, dan nggak repot nungguin lama-lama di depan kompor.

10. Three in One Cooker

Ada satu lagi, rekomendasi aku untuk alat dapu ryang memakai listrik yaitu steamer listrik. Aku rekomendasikan yang ukuran mini ya, ini unik, karena selain sebagai alat masak bisa berfungsi sebagai lunch box juga. Jadi jika teman-teman, suka bawa bekal ke kantor, tapi kurang suka makanan dingin, alat ini rekomended, karena ukurannya mini, pas untuk satu hingga dua porsi, ada tiga mangkuk, bawah untuk nasi, dua mangkuk di atas untuk lauk dan sayur, dan designnya cantik, jadi nggak akan malu dech di bawa-bawa ke kantor untuk bekal. Cara manasin makanannya juga mudah banget, tinggal di colokkan aja sebentar ke listrik sebentar saja, bekal makanan kita akan kembali hangat.

Alat ini juga cocok untuk masak makanan mpasi untuk bayi atau balita, bisa di bawa untuk traveling juga. atau coock untuk anak kost yang nggak ada tempat memasak khusus teman-teman.

11. Bread Maker

Salah satu rekomendasi alat dapur yang berguna menurutku untuk keperluan sehari-hari adalah bread maker. Karena aku suka baking, keluarga suka nyemil, jadi alat ini sangat membantu jika kita sibuk, tapi tetap ingin  membuat cemilan yang perlu di uleni, seperti donat, roti, pizza, dll...nah alat inilah asisten aku. Karena sangat praktis,  misal kita mau bikin donat atau roti, tinggal kita masukkan bahan ke dalam mesinnya, langsung dech akan otomatis di uleni sama mesinnya hingga kalis elastis, tak perlu capek menguleni adonan pakai tangan, tak perlu di tungguin, karen sudah ada timernya. Selain untuk  menguleni adonan, alat ini bisa juga untuk memanggang roti. Sayangnya bentuknya ya kotak, jadi apapun roti yang kita bikin ya tetap bentuk otak hihi. Tapi buatku nggak masalah, aku lebih suka fitur untuk menguleni adonan ini yang sering aku pakai, kalau untuk memanggangnya bisa di oven biasa. Rekomendasi alat Bread Maker ini, karena aku baru punya satu, aku pakai Make & Bake, lumayan awet udah hampir dua tahun ini aku pakai terus.

Oke, semoga bermanfaat ya sedikit informasi tentang alat-alat dapur yang memakai listrik, rekomendasi dari aku. Silahkan di cermati mana kira-kira yang di butuhkan di dapur teman-teman ya, kalau aku di tanya mana yang paling di suka, ya aku butuh dan suka semua hihi, karena sangat membantu aku untuk memudahkan pekerjaan aku di dapur.

1 comment :

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel