Google Ad

Sunday, March 31, 2019

Sus Bertoping Resep Baru


Hari ini aku bikin kue Sus Bertoping Krispy lagi teman-teman, Kue Sus ini di kenal dengan nama Kue Sus Jepang juga ya. Tapi beda resep sama yang dulu aku post.

Kali ini aku coba pakai margarin dan butter separo masing-masing. Dan hasilnya lebih enak menurutku, nggak terlalu gurih seperti kalau pakai margarin aja itu kan kadang asin hihi.

Ini pas, apalagi aku pakai BOS aja , penggati butter, yang murah itu..jadi fungsi untuk membuat renyah adonan Susnya tapi nggak mblenger aroma butter.

Tapi jika teman-teman suka aroma butter, atau mentega yang mahal ya nggak apa-apa pakai itu kok.
Oh ya, kue Sus ini jenis kue basah ya, apalagi isinya vla, jadi jangan berharap akan kering terus ya topingnya, hihi. Paling enak memang segera di sajikan setelah di isi vla, atau jika mau di simpan, simpan tanpa isian ya, tahan satu atau dua hari.

Kecuali mau di buat sus kering yang kecil-kecil, kalau dalamnya hingga kering manggangnya, ya akan awet kriuk topingnya. Karena toping Sus ini sebenernya seperti adonan kue kering kok teman-teman. Kue Sus anget tanpa isianpun enak kalau di kasih toping gini, udah ada kriuk manis gurihnya.

Oke, aku tulis dulu ya resep adonan Kue Sus nya ya , kalau isiannya sesuai selera saja, mau di isi vla bisa, atau coklat leleh juga bisa. Selamat mencoba teman-teman.

Bahan :
150 gram terigu protein rendah
250 ml air
50 gram butter tawar, 50 gram margarin
175 gram telur ( di timbang setelah di pecahkan kulitnya ya )
1/8 sdk teh garam
1/4 sdk teh baking powder

Cara membuat :
Rebus air dan margarin, serta butter
Masak hingga mendidih dan margarin serta butter larut
Masukkan tepung terigu
Aduk rata cepat agar tidak menggumpal dan jadi adonan kalis
Dinginkan hingga suam-suam kuku
Tambahkan telur bertahap, kocok dengan mixer hingga jadi adonan halus, terakhir masukkan baking powder, kocok rata
Masukkan ke kantong plastik segitiga
Semprot ke loyang bentuk bulat
Beri toping
Panggang 200 C 20 menit, kecilkan api jadi 170 C, panggang hingga toping kering

Bahan Toping
75 gram margarin
75 gram gula halus
75 gram terigu
2 sdk mkn air

Mixer semua bahan, masukkan ke kantung plastik segitiga
Semprot melingkar ke atas adonan Kue Sus.

3 comments :

  1. mba... kalo misal toppingnya ditambahkan essence apa boleh?

    ReplyDelete
  2. JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
    AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
    HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel