Google Ad

Saturday, March 9, 2019

Mangut Tahu Cabai Hijau


Mangut, menu masakan bersantan pedas khas Semarang yang baisanya bahan utama adalah ikan asap. Di Semarang ikan asap melimpah, karena dekat laut ya teman-teman. Ikan Asap biasanya dari berbagai jenis ikan, namun yang dalam bentuk potongan daging, biasanya daging ikan Manyung dan ikan Pari. Aku kenal ikan asap setelah tinggal di Semarang. Awalnya kurang suka, karena aromanya. Tapi semakin lama tinggal di Semarang jadi semakin suka, hihi.


Ikan asap ini khas aromanya jika di masak santan. Dan nggak harus cuma ikan asap lho, macam-macam bahan bisa kita cemplungin ke kuah mangut. Kadang aku malah kebalik, ikan asapnya cuma sedikit, yang banyak bahan lain, misal tahu atau tempe, terong, dll. Jadi ikan asapnya ini untuk nyumbang aroma dan membuat kuah makin gurih aja. Seperti yang aku buat kemaren, aku buat Mangut tapi lebih banyak tahunya daripada ikan asapnya, maka aku sebut Mangut Tahu aja ya teman-teman hihi. Walau tetap ada ikan asapnya ya.

Mangut  bisa pakai cabe merah atau hijau, ada yang bumbu iris, bumbu ulek, enak semua sich, aku kalau buat suka-suka aja lagi kepengen yang versi mana. Jadi di webku ini banyak ragam resep Mangut ya teman-teman, semua enak kok, dan punya ciri khas tersendiri.

Oke, selamat mencoba ya teman-teman, ini dia resepnya.

Mangut  Tahu Cabai Hijau

Bahan :
5 potong daging iwak Manyung Asap ( bisa di ganti ikan asap lain )
200 gram  Tahu putih, potongkotak kecil
100 gram  cabai hijau, iris tipis serong
6 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
2 cm kencur, haluskan
1 cm kunyit,biarkan utuh
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
2 lembar daun salam
Garam / bumbu kaldu secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan ( sesuai selera )
1000 ml santan cair / sedang
 
Cara Membuat :
Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan kencur dan kunyit halus serta cabai iris, tumis sampai harum. Masukkan santan , dan semua bumbu-bumbu lain, didihkan. Setelah mendidih masukan iwak Manyung asap dan tahu. Masak hingga meresap api kecil. Cicipi rasanya. Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap. Sajikan.

2 comments :

  1. JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
    AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
    HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel