Friday, July 27, 2012

Soto Madura


Masih..dengan menu2 yang seger di bulan puasa ya..yukk..simak resep Soto Madura ini..mantab dech..daging plus jerohan di campur dalam  satu kuah soto..jadi ada sensasi aroma kaldu tersendiri yang beda dari soto daging biasa..itulah uniknya soto Madura..buatnya juga gampang..simple..nggak banyak pelengkap kayak soto2 lain..udah..cuma kuah isi daging dan jeroan saja. Di makannya pakai nasi putih yang agak pero gitu, yummy.....plus telur rebus juga boleh..dan kerupuk emping kalau saya..juga tidak lupa tempe garit kering..hahaha..sama aja banyak ya tambahan dari saya..tapi aslinya enggak kok..ya cuma kuah sama daging dan jeroan aja..^^..selamat mencoba..^^

Soto Madura 
Bahan2 :
300 gram daging sapi potong 3x3 cm
3.500 ml air
150 gram babat cuci bersih
150 gram usus sapi rebus
150 gram paru sapi rebus
4 lembar daun jeruk buang tulangnya
3 cm lengkuas memarkan
3 batang serai ambil putihnya
4 sendok teh garam
2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
2 sendok teh ketumbar
12 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm jahe
2 cm kunyit bakar
4 butir kemiri sangrai
1 sendok teh merica

Bahan Pelengkap:
3 batang daun bawang iris halus
3 tangkai seledri iris halus
3 sendok makan bawang goreng
3 buah jeruk nipis

Bahan Sambal (haluskan):
10 buah cabai rawit merah rebus
2 buah cabai merah keriting rebus
1/4 sendok teh garam
2 butir kemiri goreng

Cara Pengolahan :

Rebus daging dengan air sampai mendidih. Angkat dan saring air kaldunya. Didihkan lagi.
Masukkan daging, babat, usus, dan paru. Masak sampai mendidih.
Tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas, dan serai sampai harum. Tuang ke rebusan daging. Tambahkan garam dan gula pasir. Masak sampai matang.
Sajikan dengan pelengkap dan sambalnya.

5 comments :

  1. Mbak diah, sy pengikut barunya mbak diah nich. Baru beberapa hari ini sy jalan2 di blog mbak, koq ternyata menarik banget. Mbak sy mau nanya ya; sy uda lama pengen bs bikin soto meduro, tp hasilnya ga pernah bener; ternyata kaldu jeroannya itu to yg bikin beda; sy br ngeh. Wah pdhl sy ga suka jeroan, paling sy ambil kaldunya ajah, benda aslinya sy singkirkan. Kalo sy pake dikit aja pengaruh rasa banget kah mbak? Trus mbak, boleh tdk minta petunjuk detailnya meng cara mengolah jeroan? Kalo tdk slh ada yg hrs direbus dulu lalu dibuang air rebusan pertama nya agar tdk amis/bau. Lalu apakah treatment utk tiap anggota jeroannya itu sama ya mbak? Mohon petunjuknya ya mbak. Sy demen banget soto madura kayak yg di gubeng pojok, Surabaya yg kesohor itu. Thanx banget sebelumnya ya mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Priscilla..salam kenal...:)
      Wah..kalau SOto Madura yang di Gubeng Pojok Surabaya..aku belum pernah coba Mba..hihi..jadi ya tidak ada bayangan bagaimana rasa dan penampakannya. Kalau resep ini ya ala2 aku sendiri..cuma ya udah mirip sich kalau sama yang sering aku beli di Yogya.
      Mengolah jerohan di rebus dulu mba hingga empuk, pakai salam, lengkuas ntar hilang dech amisnya. Terus airnya di buang, baru dech di campur rebusan dagingnya. Oke..met coba ya..:)

      Delete
    2. Tengkyu ya mbak'e. Wah liat resep2nya mbak sy jd sharian di depan laptop nich ehee. Bsk mulai dieksekusi dah salah satu resepnya. Maaf ya mbak kalo banyak nanya. Coz banyak resep2 mbak lainnya yg pengen sy tanyain. Berguru dulu, sebelum nyemplung langsung ^_^ Sukses ya buat mbak diah

      Delete
  2. mbak DD blom pernah makan soto madura yang di surabaya ya? soalnya kalau di Surabaya kuahnya butek banget, konon ada yg bilang ditambahin dengan air beras gitu. tapi anw, makasih ya mbak, kapan2 tak cobanya mudah2an sama ky yg di surabaya, secara klo dirantau gini susah cari yang ky dikampung ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum Mba..:)
      Kayak soto makasar ya Mba berarti pake air beras..tapi dari banyak resep yang aku baca tidak ada yang pake Mba klu Soto Madura..coba mba coba pakai jika enak kabari ya Mba..hihi

      Delete