Saturday, July 21, 2012

Pindang Bandeng


Puasa tahun ini..mencoba untuk tidak berlebihan dalam meyediakan menu2 untuk keluarga..bukan apa2 sich......tapi rasanya kok tiap tahun puasa, berat badan bukannya berkurang..tapi malah nambah..hihi. Jadi...sekarang mulai mau memperbaiki menu ahh..enggak terlalu banyak yang berlemak2 dan banyak jajanan manis2..sekarang mau sering2 masak masakan yang sehat aja....tapi tetep enak pastinya..^^...kayak pindang bandeng ini..seger banget lho..rasanya enak..gurih sedikit manis..seger pedas..plus aroma khas dari bumbu2 yang di bakar dulu..wah..suamiku suka banget..sampai nambah dua kali tadi makannya. Resep terinspirasi  dari Mba Elkaje ini bener2 enak dech..sudah ku utak atik sesuai seleraku..dulu sering coba berbagai resep pindang bandeng..ini yang terenak dech..^^

Bahan-bahan: 
2 ekor ikan bandeng, masing2 potong jadi 3
6 sdm kecap manis
2 sdm gula jawa
1/2 sdm garam
15 btr cabe rawit
3 lbr daun salam
2 potong lengkuas
2 lbr sereh
1250 cc air
3 buah tomat merah di potong2
Belimbing wuluh 6 buah ,potong2

Bumbu Bakar:
10 bawang merah
6 bawang putih
6 cabe merah besar
6 buah cabe hijau besar
2 ruas kunyit
2 ruas jahe
4 mata asam jawa

Petunjuk
Cara:
Bumbu bakar: tusuki bumbu di tusuk sate, termasuk asam jawa yang sudah dikepal padat.
Bakar hingga matang.
Didihkan air, masukkan bumbu bakar yang telah di lepas dari tusuk sate
Masukkan cabe rawit, kecap, garam, gula, salam, lengkuas dan sereh.
Setelah mendidih, masukkan bandeng, tomat dan belimbing wuluh
Pindahkan ke slowcooker, masak dengan mode low selama 5-6 jam


6 comments :

  1. looks yummy :)

    terima kasih atas share resepnya ^^

    by Husna

    ReplyDelete
  2. kl ga pake slow cooker ga bs ya mbak?

    ReplyDelete
  3. Makasih Mba Husna..iya enak banget ini, seger dan juga sehat..tana minyak ..silahkan di coba untuk menu buka puasa ya..^^

    @ Anonymous..bisa kok tanpa slow cooker..pakai panci biasa aja..tapi dengan api kecil ya..dan di masak agak lama..biar bumbu2 bisa meresap sempurna..^^

    ReplyDelete
  4. BUMBUNYA BULAT2 YA MBAK..GAK DIGILING ATAU DIRAJANG?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Mba Shyswy..di cemplungin gitu aja...masaknya yang lama ya..pakai api kecil..nanti akan keluar aroma bumbunya..kalau di haluskan beda rasa nanti..:)

      Delete
  5. Mbak kalau gak ada belimbing wuluh bisa diganti apa ya? Hehe

    ReplyDelete