Monday, July 16, 2012

Resep Nasi Gandul Khas Pati...


Nasi Gandul adalah masakan khas dari Pati..seperti nasi kuah gulai yang agak manis gurih...yang di sajikan di piring yang di alas daun pisang, jadi konon itu sebabnya di sebut nasi gandul..hihi..lucu ya namanya. Tapi sajian nasi khas ini enak lho..perpaduan gurih dan sedikit manis yang pas..enak  di santap hangat2 dengan sedikit sambal pedas. Jika kita makan nasi gandul di warung khusus nasi gandul..biasanya kita bisa memilih aneka lauk pendampingnya..bisa babat, iso, daging , telur pindang..dan penjualnya akan memotong2 lauk tersebut denga gunting,  juga tidak boleh ketinggalan tempe goreng garing tipis2 gitu..yang rasanya sangat renyah..yummy dech pokoknya. Kemaren aku bikin sendiri nasi gandul..enak..seger..nggak kalah sama kalau beli di warung2 nasi gandul yang asli Pati.. Mau coba sendiri di rumah..ini dia resepnya..^^

Bahan-bahan :
500 gram daging sapi, dipotong-potong ( aku suka yang tetelan dan sandur lamur atau daging dekat tulang muda sapi gitu..jadi bisa lebih gurih rasanya dan cepet empuknya)
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
5 sendok makan kecap manis
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula merah
1.700 ml santan dari 1 butir kelapa ( aku suka santan encer saja..lebih seger )
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sendok teh jintan
1/2 sendok teh ketumbar ( sangrai dulu ..lebih enak..)
1/2 sendok teh merica
1/4 sendok teh pala
3 butir kemiri  ( sangrai dulu lebih enak )
2 cm kencur
Kluwak 2 buah
Biar ada rasa sedikit cabe, ku tambah juga 1 sendok teh cabe bubuk.
Pelengkap : Iso , babat, atau paru bacem, telur pindang dan tempe goreng garing , serta sambal cabe rawit.


Cara Pengolahan :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan serai sampai harum. Tambahkan daging sapi. Aduk sampai berubah warna.
  2. Masukkan santan, kecap manis, garam, dan gula merah. Masak sampai matang.
  3. Sajikan dengan nasi putih hangat.

5 comments :

  1. Halo mba, slm kenal. Resepnya enak2, kayanya cocok ini dgn selera saya. Mbak, caranya buat usus bacem bagaimana ya? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikinnya kayak bumbu bacem biasa Mba / Mas..tapi klu mau lebih enak ya di ungkep bumbu komplit biasa..bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kemiri,daun salam daan lengkuas, air kelapa, garam dan gula merah..met coba ya Mba/Mas..:)

      Delete
  2. Oh begitu, makasi ya mbak. Saya sebetulnya blm pernah masak bacem2, tapi dulu sering makan. Skrg sudah ngga di indo, mesti belajar masak sendiri. Kalau ngga bakal jadi mahasiswi indomi nih. Besok aku coba ah, makacih banget :D

    ReplyDelete
  3. Ya..Mba..biasanya kalau tggl di luar malah jadi rajin masak ya..oh ya..klu belum tau takarannya ini resepkomplitnya ya Mba Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
    300 gram babat sapi, dicuci bersih
    200 gram usus sapi
    200 gram paru sapi
    2 lembar daun salam
    4 cm lengkuas, dimemarkan
    1 sendok makan air asam
    2 sendok teh kecap manis
    2 sendok teh gula merah
    1 sendok teh garam
    750 ml air kelapa
    minyak untuk menggoreng

    Bumbu Halus:
    6 butir bawang merah
    4 butir kemiri
    4 siung bawang putih
    1 1/2 sendok teh ketumbar

    Cara membuat:

    Rebus babat sapi, usus sapi, paru sapi, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 cm jahe, 2 cm lengkuas, dan 1 sendok teh garam dalam 1.000 ml air sampai matang. Buang airnya. Angkat. Potong-potong.
    Aduk rata bumbu halus, daun salam, lengkuas, air asam, kecap manis, gula merah, garam, dan air kelapa. Masukkan jeroan. Masak sampai meresap.
    Goreng jeroan sampai kecokelatan.

    ReplyDelete
  4. Mbak Diah , thanks resep nasi gandulnya. Mantepppp. Semua suka. Bisa jadi alternatif menu anak2. Aku tambah daun jeruk spy wangi

    ReplyDelete