Wednesday, December 28, 2011

Brownies Kukus Ny Liem


Sebenernya udah 2 kali coba resep ini..Lebaran kemaren coba sampai 3 resep, tapi kok rasanya kering..ternyata oh ternyata..aku salah catet resepnya..jadi minyaknya ku catet cuma 75 ml....padahal harusnya 175 ml. Kemaren Lebaran sampai ku jadikan bola bola coklat yang di tambah susu kental manis dan di gulingkan ke coklat meises biar enak, abis kering banget. Jadi udah ku lewatkan aja resep ini..ku masukkan kategori tidak layak di buat lagi..hehe. Tapi baca review dari yang pada coba nich resep kok bilang enak dan moist..penasaranlah daku coba lagi..ternyata oh ternyata..kurang minyaknya. Kemaren udah coba lagi dan minyak sesuai takaran..hasilnya ..bener2 moist..lembut dan gak neg......jadi..sekarang resepnya harus ku post di blog..biar gak lupa resep dan sedikit ini itu yang ku kurangi dan ku tambahin.

Bahan-bahan:
Telur 6 butir
Gula 225 gram ( aku 200 gram saja )
Vanili secukupnya (  1/2  sdk teh )
Garam secukupnya
Emulsifier 1/2 sdt teh
Terigu 125 gram, ayak, aduk rata dg coklat bubuk
Coklat bubuk 50 gram, ayak, aduk rata dg terigu
Minyak 175 ml
Dark Cooking Cokelat 100 gram, lelehkan, campur dg minyak

Susu Kental Manis (SKM) 75 ml ( 4 sachet coklat kental manis coklat )

Petunjuk
Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk. Aduk perlahan hingga rata.
Masukkan campuran minyak dan DCC, aduk hingga rata.
Sisihkan sepertiga bagian adonan, beri SKM, aduk rata.
Bagi 2 adonan tanpa SKM,
bagian I kukus selama 10 menit,
tambahkan adonan dg SKM selama 10 menit,
terakhir masukkan adonan sisa tanpa SKM,
lanjutkan mengukus selama kurleb 20 menit.

Karena males ngukus berlayer2..maunya cepet..haha..akhirnya kemaren ku tambah aja semua adonan susu kental manis coklat..biar moistnya rata dan ngukusnya sekaligus....... hasilnya tetep enak kok..tambah moist malahan ..

17 comments :

  1. Asiiik mksh mbk di ... btw itu untuk loyang bulat uk D 20cm bisa gk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sisa banyak mba adonan kalau loyang 20 cm..kalau ada yang agak gedean lagi atau loyang kotak..soalnya adonan ngembang banget :)

      Delete
  2. Mbak diah emulsifier itu apa ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merk di pasaran SP atau TBM atau ovalet mba..biar adonan cake kokoh dan stabil..:)

      Delete
  3. enak mba, aq coba 1/2 resep ud ngembang tp dingin jd bantet. salah dimana ya? kl utk 1 resep loyangnya uk brp? makasih mba , resep"nya enak, sebagai pemula mudah dicontek hehe... -lia-

    ReplyDelete
  4. Kok bisa ya Mba Lia..bantetnya gmn..kan udah ngembang..pas dingin jd bantet..hihi..bingung aku,.:)

    ReplyDelete
  5. hihi... aku jg bingung. wktu dikukus aku intip ngembang, stlah matang jd kempes....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..itu mungkin adonannya nggak kokoh Mba..ngaduknya mungkin yang terlalu kuat ya..pas nyampur bahan2 lain..:)

      Delete
  6. mbak untuk loyangnya ukuran berapa ya?

    ReplyDelete
  7. tahan sampai brp hari mbak??

    ReplyDelete
  8. mbak didi ini sampai mengembang atau sampai kental aja ya mbak, mbak aku pernah bikin pakek resep ny/ liem ini, tapi kok seret ya mbak, apa karna pengocokan atau karena apa ya mbak kira-kira? makasih mbak didi

    ReplyDelete
  9. Mbk didi, bisakah kalo minyaknya diganti dgn mentega? Makasih ya mbk

    ReplyDelete
  10. Mbak bisa kan minyak diganti sama mentega yg udh dilelehkan? Apa cita rasanya berkurang atau sama saja?

    ReplyDelete
  11. Mbak bisa kan minyak diganti sama mentega yg udh dilelehkan? Apa cita rasanya berkurang atau sama saja?

    ReplyDelete
  12. Dear,Mba Didi
    Alhamdulilah saya telah mencoba resep ini dan banyak yg suka rasanya dan akhirnya saya jual dan hasilnya penjualnnya utuk kegiatan2 sosial seperti warung sodakoh,warung makan gratis untuk duafa dan anak yatim piatu setiap jumat...tpi knapa ya brownies suka kopong tengahnya,apa yg salah?

    ReplyDelete
  13. Sudah mencoba resep ini dan berhasil, rasanya lembut, tp saya pakai coklat pasta karena ga punya dcc

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete