Monday, October 17, 2011

Kue Kacang Jadul




Mudik ke Yogya ke rumah Eyangnya Yodha kemaren di bawain kacang tanah hasil panen buanyak banget....seneng banget..karena kacang kampung kan rasanya lebih manis..enak di buat apa aja, di buat bumbu pecel..gado2..enakk..di goreng sangan ( sangrai ) gitu aja juga udah manis rasanya..suamiku suka banget..soalnya kalau di Semarang kacang tanah dah gak ada yang asli kampung gini..banyakan kacang impor dari China..rasanya sepo..(hambar..)..walaupun kacangnya gede2..pokoknya love makanan yang asli Indonesia dech..lebih original  rasanya..hehe..jadi inget jeruk shantang kesukaanku..dulu rasanya ajaib..manis2 sedkit asam..heavenly dech klu makan jeruk kecil2 ini..tapi sekarang dengan serbuan jeruk China yang aspal..walaupun harganya murah..tapi gak enak banget..asem banget..

Back to kacang tadi..akhirnya punya stock kacang tanah banyak buat di bikin kue kacang yang udah ku rindukan..hehe..lebay..soalnya paling enak bikin kue kacang ini ya pakai kacang dari kampung yang rasanya manis..gak pernah mau bikin kue kacang ini kalau pakai kacang yang disupermarket atau TBK yang udah kupasan itu..gak original lagi dech rasanya..biarpun bikinnya lumayan ribet, karena harus nyangrai sendiri..ngelupasin kulit ari satu2 dan suka di comoti suami yang udah dikupas..buat di cemil gitu aja..tapi puas..hasilnya otentik..rasa kue kacang jadul..yang dulu suka di jajakan di warung dan di jual satuan di taruh dalam toples gitu ..bentuknya bulat atau bulan sabit..atau bentuk lain..yang pasti ini jajanan favoritku waktu kecil..heheh....rasanya renyah gurih..kadang garamnya gak rata di  kue..tapi malah enakk..hehe..browsing resep akhirnya nemu dari Mba Wida..Rasanya sich udah mendekati otentik..renyah ..gurih...cuman buatku agak kemanisan..jadi next time di kurangi dech gulanya..trus manggangnya di ovenku musti bentar aja dech biar warnanya bisa cantik kayak kue kacang jadul...kemaren manggang sesuai di resep..rada over bake dikit..tapi tetep enak kok..tambah renyah......

Ini dia resepnya :

KUE KACANG 

Bahan-Bahan:
250 gr Kacang tanah sangrai ( kupas kulitnya )
400 gr Terigu
200 gr Minyak goreng
200gr Gula halus ( aku 150 gram aja )
1 sdt garam
2 kuning telur + 1 sdm mentega untuk polesan
Cara Membuatnya:
  1. Sangrai kacang hingga matang, kupas kulit arinya hingga bersih. Tumbuk atau blender kacang hingga halus.
  2. Campur tepung terigu, gula halus, garam,kacang tanah sangrai halus,dan terakhir masukkan minyak goreng aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
  3. Simpan adonan didalam kulkas selama kurang lebih 1 jam , tutup dengan plastik.
  4. Setelah 1 jam, diamkan sebentar dalam suhu ruang, adonan siap untuk dicetak.
  5. Taruh kue diatas loyang yang telah dipoles margarin, poles bagian atas kue dengan campuran kuning telur dan mentega. Panggang dalam suhu 170 derajat Celcius selama 25 menit hingga matang.

11 comments :

  1. Mbak...makasiiiiiih buanyak. Aku udah praktekkan dan hasilnya enak tenan. Makan ampe nggak mau berhenti, hehe. Izin share ya resepnya...

    ReplyDelete
  2. Sipp..Mba Hesti..iya..ini enak banget..dengan bahan yang sederhana ya..jadinya woke..^^..

    ReplyDelete
  3. mbak Diah, numpang izin praktek resepnya yah...
    sekalian disimpen di blogku juga ya mba...

    hehehe... makasih banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Lina..ayukk silahkan di coba ya..^^

      Delete
  4. Mba sdh dicoba rasanya enaaak cocok untuk kue lebaran thx resepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Andriany..iya ini enak banget aku juga paling suka..kue jadul ini..hihi

      Delete
  5. mbk, ijin simpn resepnya ya, insya Allah mo dcoba

    ReplyDelete
  6. Huaah ini yang aku cari, makaish ya Mbk, mau praktek deh

    ReplyDelete
  7. kok nggak enak ya mbak, padahal saya belum bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas lah, wong belom bikin. jangan di tanggepin mbak dian

      Delete