Monday, October 24, 2011

Marmer cake


Marmer cake adalah jenis cake jadul yang tetap disukai , walaupun sekarang banyak cake2 modern yang lebih enak dan tampilannya lebih menarik. cake jadul ini dulu biasa di suguhkan di acara2 hajatan di kampung. bikinnya pun masih pakai kocokan tangan manual, pakai loyang dari besi tebal yang langsung bisa di panggang di atas kompor..pokoknya jadul banget dech..kadang suka masih kangen sama rasa cake ini.

Sekarang sich marmer cake udah bisa di modifikasi rasanya juga, misal ditambahkan tape, jadi dech marmer cake rasa tape, seperti foto marmer cake ku yang ini..pakai tape, jadi warnanya bisa tambah cantik..kuning cerah, atau bisa di tambahkan buah pisang yang sudah di lumatkan, jadilah marmer cake rasa pisang. ..atau tambahin bumbu spekuk dan parutan jeruk lemon..wangi dech cakenya.

Akhirnya kemaren kesampaian bikin marmer cakenya Yasaboga..cuma karena cuma bikin setengah resep , kayaknya kurang maksimal dech..rasanya sich udah lumayan ok. Sebenernya dulu pernah punya resep marmer cake yang ok..moist dan empuk dari tabloid saji..tapi gara2 ku gunting2 resepnya, sekarang malah hilang..hiks..hiks..belum nemu lagi resep yang cocok. Nich lagi hunting2 resep dan ujicoba lagi macem2 resep marmer cake.

Marmer cake sebenernya bisa di buat dengan metode sponge cake, butter cake, chiffon cake atau cotton cake,namun lebih bagus sich menggunakan resep yang tipe butter cake, kalau sponge cake..motif marmernya gak keliatan, karena warna coklatnya sering tenggelam. Tai ada juga sich di majalah Sedap resep marmer cake chiffon gulung..tapi..belum sempat coba..ntar dech cobain..kapan2..^^

Untuk membuat motif marmer, sebagian adonan tanpa warna harus diambil, lalu di beri coklat bubuk atau coklat pasta. Jumlah adonan yang di ambil bisa 1/3 atau kurang dari itu, jangan lebih dari 1/3 adonan, supaya motif marmer yang terbentuk bisa cantik.

Cara membetuk motif marmer :
* Kalau cuma ingin motif marmer di bagian atas cake saja, ambil adonan coklat , lalu taruh di bagian tengah atas adonan,lalu bentuk marmer menggunakan lidi atau garpu.
 *Adonan coklat di tuang di tengah bergantian dengan adonan kuning sampai habis , atau di taruh di loyang  bergantian secara acak setelah itu di buat motif marmer dengan bantuan lidi atau garpu.
* Adonan coklat di tuang dalam adonan sebelum di masukkan ke loyang, lalu di goyang2 sebelum di tuang keloyang adonannya, tapi ini cuma cocok untuk tipe sponge cake yang adonannya ngalir, gak cocok untuk tipe butter cake yang adonannya kental.

Next... resep yang akan ku coba adalah dari saji juga, cuma ini pengocokan telurnya sekalian, gak di pisah kuning dan putihnya. Kalau resep favoritku dulu yang dari resep saji juga, kuning telur dan putih di kocok terpisah, jadi hasilnya moist dan empuk. Atau , mungkin sama resep ini juga ya..cuma kuning dan putihnya di kocok terpisah..kapan2 ku coba lagi ah..pakai tehnik itu..^^

Marmer cake

Bahan :
250 gram Margarin
200 gram gula halus
5 butir telur
250 gram terigu prot sedang
30 gram maizena
1 sendok teh BP
60 ml susu cair
1/4 sdk teh essens vanila
2 sendok makan coklat bubuk dan 2 sendok makan air panas,di larutkan.

Cara Membuat :
Kocok margarin,gula sampai lembut.
Tambahkan telur satu persatu , sambil dikocok rata, bergantian dengan sebagian tepung terigu
Masukkan sisa tepung terigu,maizena,BP bergantian dengan susu cair dan essen vanila.
Ambil 200 gram adonan,tambahkan larutan coklat bubuk.
Tuang adonan putih di loyang, lalu tuang beberapa adonan coklat di atasnya..bentuk marmer dengan lidi atau garpu. Tuang lagi adonan putih, lalu coklat, bentuk motif marmer lagi, begitu seterusnya sampai adonan habis.
Oven 50  menit dengan api bawah 180' C.

3 comments :

  1. Mbak Diah, ciri margarin dan gula lembut spt apa? Telur dll nya itu dimixer brp lama ya? Trims

    ReplyDelete
  2. mbak diah.. margarinnya gk usah di cairin yah..?

    ReplyDelete