Google Ad

Wednesday, May 1, 2019

Martabak Kari


Kemaren waktu belanja ke pasar Gang Baru Semarang, seperti biasa..kalap apa2 di beli hihi. Memang pasar Gang Baru itu pasar kecil cuma sepanjang gang gitu, tapi barang yang di jual unik-ubik. aku borong beberapa bumbu Chinese yang nggak ada di pasar atas tempat tinggalku. Beli ini..itu..sampai kulet lumpia lebar-lebar yang biasa di atas jarang, di sana ada ukuran dua kali lipat dari kulit lumpia biasa. 

Akhirnya kepengen aku buat Martabak Kari dech kemaren...karena aku beli telur bebek juga di pasar Gang Baru. Pas ada stok sedikit daging cincang. Pas punya bumbu Kari banyak di rumah, jadinya langsung aku buat..dan enak sekali rasanya. Kalau martabak kari gurih gini, aku lebih suka bikin sendiri, lebih pas rasanya. Nggak tau kalau beli itu kadang kok keasinan, kadang kurang gurih..hihi.

Agar daging mudah matang waktu di tumis, di giling ya teman-teman pakai chopper, jangan di cincang biasa. Tapi kalau sempat cincang halus pakai pisau ya bisa kok. Atau kalau lebih praktis beli yang udah gilingan di supermarket, tapi pilih yang masih fresh ya, agar tidak amis rasanya.

Menggoreng martabak pakai kulit lumpia gini, nyalakan minyak dulu ya, lipat satu persatu setelah di isi, lalu langsung masukin ke minyak, agar tidak sobek kulit lumpianya. Minyak udah harus panas dulu agar begitu masuk, martabak mengembang, jadi nggak akan menyerap minyak ya.

Selamat mencoba ...bisa jadi menu takjil gurih di bulan puasa nanti nich teman-teman.

Martabak Kari

Bahan :
100 gram daging, giling halus
1/2 sdk teh bumbu kaldu sapi
4 bawang merah
2 sdk teh Kari Bubuk
Tumis bawang merah hingga harum, masukkan daging giling dan kaldu sapi, Kari bubuk, aduk rata dan masak hingga meresap

Siapkan 4 butir telur bebek, beri bumbu 1/2 sdk teh sapi / garam, merica 1/2 sdk teh, 1/4 sdk teh gula pasir
Masukkan Bawang bombay 1/2 - 1 buah , tergantung ukuran, cincang
Masukkan Daun bawang 10 batang, iris halus ( aku pakai godong brambang, lebih sedep untuk martabak gini )
Aduk rata
Masukkan tumisan daging
Cek rasa dengan sedikit menggoreng adonan telur, hingga rasa sesuai selera
Jika suka asin, bisa di tambah bumbu, jika keasinan, bisa di tambah telur atau daun bawangnya, karena masalah selera itu masing2 orang beda ya teman-teman, ada yang suka gurih kuat, ada yang suka soft, jadi masak itu di sesuaikan aja selera masing2 ya. Aku kasih bumbu dasar aja.
Siapkan kulit lumpia, beri isi secukupnya, lipat bentuk kotak. Goreng segera hingga matang
Sajikan hangat


1 comment :

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel