Google Ad

Tuesday, May 14, 2019

Membuat Ketupat Dengan Slow Cooker


Ketupat, salah satu menu yang wajib ada di hari raya Lebaran ya teman-teman. Kalau nggak ada ketupat kok kurang rasanya. Makanya setiap menjelang Lebarang seminggu sebelumnya sudah banyak di jual selongsong ketupat ya.


Suka dech suasana pasar seperti itu. Kalau di Semarang malah dua kali hihi. Seminggu sebelum Lebaran dan seminggu setelah Lebaran, akan ada lagi penjual selongsong ketupat bertebaran di pasar. Karena di Semarang ada tradisi Lebaran lagi setelah seminggu Lebaran nasional, yaitu tradisi Bodo Kupat.

Membuat ketupat sendiri itu sebenernya mudah, tapi kadang memakan waktu lama dan harus sering di cek agar tidak kehabisan air. Nah, aku sich sekarang sudah punya cara mudah untuk membuat ketupat. Aku pakai Slow cooker aja. Slow cooker itu alat memasak yang di design memasak makanan secara perlahan, dalam waktu lama.

Bentuk slow cooker seperti rice cooker, tapi bagian dalamnya terbuat dari keramik, jadi menyerap panas dengan baik, jadi walau di masak suhu rendah dan lama, makanan akan tetap matang sempurna. Nah, kalau untuk membuat ketupat ini, justru pas banget, karena Ketupat di masak perlahan, sehingga hasil ketupat lebih menul-menul enak.

Cara membuat ketupat dengan slow cooker :
Siapkan selongsong ketupat
Cuci beras, tiriskan
Isi selongsong ketupat dengan beras. Aku udah coba beberapa kali membuat ketupat dengan slow cooker, yang paling pas takarannya adalah 1/2 bagian dari selongsong ketupatnya. Hasilnya bisa pulen dan lembut ketupatnya
Selanjutnya, isi panci slow cooker dengan air hingga setengah pancinya, sambungkan ke listrik, tekan tombol high. Biarkan hingga air mendidih dulu, baru masukkan selongsong ketupat yang sudah di isi beras. Pastikan semua ketupat terendam air ya.
Tutup
dan biarkan menyala terus slow cookernya sekitar 5 hingga 6 jam.
Walau menyala terus, tidak akan kehabisan air kalau slow cooker ini, karena tingkat penyusutan airnya rendah kok. Jadi nggak perlu capek-capek sering cek apakah air habis  atau tidak.
Selain untuk membuat ketupat, slow cooker ini juga bisa untuk membuat lontong.

Oke, itu sedikit tips dari aku, tentang fungsi lain dari slow cooker ya teman-teman, selain untuk masak sehari-hari. Aku pakai slow cooker dari Vicenza, yang bisa di beli di Lazada, Tokopedia, dll.

Oh ya, slow cooker ini salah satu rekomendasi alat dapur listrik yang wajib punya di dapur teman-teman, karena banyak manfaatnya. Ulasan lengkap aku tentang slow cooker Vicenza ini, bisa di lihat di tulisanku di SINI ya.

1 comment :

  1. Bakal Sebaliknya, yang dapat hamba selidik kali ini yakni strategi yang bisa diperlukan pada poker online uang asli android. Strategi yang dibahas kali ini yaitu check dan raise. Anda tentu bubar tahu kan menyinggung hal Tertera? Terkecuali disebut strategi, check dan raise yakni level yang hendaklah Anda tempuh dalam permainan poker. Inilah laba keduanya di permainan website poker online uang asli .



    Poker007
    Poker007
    Poker007
    Poker007
    Poker007

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel