Google Ad

Monday, April 29, 2019

Kuliner Khas Semarang, Nasi Ayam Bu Pini



Hallo,

Maaf lama nggak update web teman-teman..hihi.

Dua minggu ini sibuk banget keponakan di sini menikah. Biasalah..pernikahan adat Jawa, prosesnya panjang, dari dua minggu sebelum nikah udah ada hajatan, dll. Pokoknya waktu serasa kurang. Setelah itu lanjut ada syuting di rumah dengan majalah sajian sedap, mudik ke yogya, dll.


Semoga sebelum puasa bisa ada waktu update resep-resep baru yang ketinggalan belum aku upload di sini ya.

Sekarang aku  mau posting kulineran dulu ya. Kangen post kulineran. Karena banyak teman yang menanyakan kuliner khas Semarang, di ig, aku post di sini aja ya..biar tercatat dan mudah di search.

Salah satu kuliner Semarang yang paling legendaris, selain Nasi goreng babat, dll..adalah Nasi Ayam. Nasi Ayam ini bukan nasi pakai ayam goreng ya, tapi satu kuliner khas yang merupakan satu paket masakan, dalam satu penyajian. Biasa di jual di pagi hari untuk sarapan atau makan malam. Khasnya di jual di warung-warung lesehan pinggir jalan kalau dulu, seperti di sekitar Simpang Lima, dll. Tapi karena sekarang sudah di larang PKL di sekitar Simpang Lima, sekarang kalau mau cari Nasi Ayam yang mudah dan bersih, aku sarankan ke warung-warung khusus Nasi Ayam ini saja.

Ada beberapa warung Nasi ayam yang terkenal di Semarang, ada Bu Nyoto, Bu Wido, Kemuning, dan Bu Pini . Namun yang favoritku adalah Bu Nyoto atau Bu Pini. Oke, kali ini aku ulas yang Bu Pini dulu ya. Nasi Ayam Bu Pini ini letaknya di daerah Gang Pinggir Pecinan. Kalau teman-teman mau main ke Pasar Gang Baru, nah sekalian bisa makan di sini. Buka pagi hari untuk sarapan.

Nasi ayam ini, nasinya gurih ya bersantan, kemudian di sajikan dengan telur pindang, sambal goreng labu siam dan krecek, ada opor ayam dan tahu. Kemudian di siram areh santan kental. Sedangkan lauknya ada aneka sate bumbu gurih atau bumbu kuning. Paling suka sich aku sate ususnya hihi. Ada warung yang menyajikan aneka sate rebusan opor, ada yang di ungkep bumbu kuning, lalu di goreng sebentar. 

Rasa dari Nasi ayam ini untuk nasinya, gurih, untuk luaknya kombinasi gurih, pedes dan sedikit manis. Kalau aneka satenya cenderung gurih. Enak dech kalau lidah Jawa ya cocok hihi. Oke, selamat mencoba ya teman-teman kalau lagi liburan ke Semarang. Nanti aku ulas kuliner lain ya.



1 comment :

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel