Google Ad

Saturday, May 4, 2019

KEMBANG GOYANG KEJU


Kembang Goyang, salah satu kue jadul yang ada di toples Lebaran ya teman-teman. Kue ini enak, kriuk-kriuk renyah gurih ada samar-samar sedikit manis. Versi jadul pakai tepung beras, rasanya khas kriuknya. Kalau jaman now, ada versi yang empuk, pakai terigu dan tapioka, kembang goyangnya terasa ringan krenyes. Tapi aku suka versi yang jadul..lebih terasa gigitannya dan lebih gurih menurutku pakai tepung beras hihi.


Membuat Kembang Goyang sebenernnya mudah saja sich, adonan tinggal di aduk-aduk, lalu celup cetakan ke adonan, goreng. Ada berbagai bentuk cetakan Kembang Goyang. Aku punya beberapa macam. Favoritku yang aku pakai ini, karena bentuk Kembangnya lebih rumit hihi.

Waktu mencelup adonan, cetakan jangan sampai tenggelam ya teman-teman, cukup hingga batas tinggi cetakan saja, agar kembang goyangnya mudah di lepas ketika di goreng hanya dengan cara di goyang-goyangkan. Itulah kenapa namanya kembang goyang mungkin ya teman-teman.

Waktu adonan di masukkan ke minyak, minyak sudah panas ya agar adonan langsung mengembang dan tidak mbeling. Jika sudah terlepas, api bisa di kecilkan sedikit agar tidak mudah gosong. Sebelum cetakan di masukkan ke adonan, sebelumnya  di celup ke minyak panas dulu ya, agar tidak lengket.

Oke, selamat mencoba ya...

Kembung Goyang Keju

Bahan :
300 gram tepung beras
75 gram gula pasir
2 butir telur
1 sdk teh garam
375 - 400 ml santan ( jika suka kembang goyang agak tebal renyah tekturenya, 375 ml, jika suka yang renyah tipis2 , santan 400 ml)
1/4 sdk teh vanili
75 - 100 gram keju, parut halus
Campur semua bahan
Aduk rata
Panaskan minyak
Celup cetakan kembang goyang ke minyak panas
Celup ke adonan tepung, hingga tinggi cetakan saja, jangan terendam ya, agar mudah lepas kuenya ketika di goreng
Goyang2 cetakan, agar kue lepas dari cetakan, goreng hingga matang dan kering, api kecil ya

1 comment :

  1. Mba diah misal d tambah tepung tapioka masih renyah ap tidak

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel