Laman

  • Home
  • About
  • Recipes
  • Aneka Tepung
  • Cooking Tips & Tricks
  • Food Street/Restaurant Review

Thursday, April 19, 2012

Sosis Solo Goreng


Sosis Solo..adalah snack goreng yang gurih..sejenis risoles tanpa panir dengan isi ayam cincang dan gurih manis. Dengan kulitnya yang lembut serta rasa gurih ayamnya..pas dech rasanya..apalagi di makan dengan cabe rawit ..wah..satu..tidak bakal cukup....
Sesuai namanya ..makanan ini berasal dari Solo. Sebulan yang lalu  sich aku sempat bikin sosis Solo juga..cuma kemaren yang versi pelengkap untuk isian Timlo Solo. Yang aku buat hari ini, yang bisa di makan langsung sebagai cemilan atau snack. Sncak ini cukup populer..bahkan di luar Solo sekalipun..seperti di Semarang..Sosis Solo ini juga jadi snack favorit untuk banyak orang.

Membuatnya gampang sich..mau coba..ini dia resepnya..yang sudah ku sesuaikan selera ku ya..alias hasil utak atikku sendiri..^^

Bahan Kulit :

125 gram tepung terigu protein sedang
1 butir telur yang besar  ya
300 ml santan cair / air biasa
1/2 sendok teh garam

Bahan isi :

Ayam rebus yang sudah di suwir suwir kecil 250 gram
Bawang merah 5 butir
Bawang putih 2 siung
Ketumbar 1/2 sendok teh
Pala bubuk 1/4 sendok teh
Bumbu kaldu ayam 1 sendok teh
Garam secukupnya
Gula pasir 1/2 sendok makan

Cara Membuat :

Kulit : Campur semua bahan,aduk rata sampai halus,saring jika perlu. Dadar satu persatu seperti mebuat kulit risoles.

Isi : Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, lalu tumis hingga harum dan matang, masukkan ayam dan bumbu2 lain, tambahkan sedikit saja air, agar bumbu bisa merata, lalu aduk hingga kering. Dinginkan.

Penyelesaian :

Ambil selembar kulit ,isi dengan satu sendok adonan isi, lalau gulung seperti membuat lumpia..tapi lebih langsing. Goreng dengan minyak panas sedang hingga matang. Pasmenggoreng..bagian lipatan yang di masukan dahulu ke minyakpanas ya..jadi di posisi di bawah gitu..biar tidak terbuka. Tapi jika mau aman ya bisa di rekatkan pakai putih telur sebelum di goreng, tapi  tidak ya nggak apa apa..kan kulit sosisnya basah..tinggal di tekan2 aja..nempel kok. Sajikan dengan cabe rawit. Selamat mencoba..awas..ingat diet ya..jangan kebanyakan makanya..walaupun enak banget...^^




7 comments:

  1. Mbak Diah, saya sudah coba resep sosis solonya, wah asli enak banget loh ! Terimakasih banyak ya sudah sharing resepnya ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Leonora..sama2 ya..wah..mskh juga....udah mampir ke dapurku sini..hihi..jangan sungkan..tinggalkan pesan..kalau ada kesulitan atau ada hal yang kurang jelas...tentang resep2 di sini ya..di tulis aja di komen di bawah resepnya..^^

      Delete
    2. mbak diah asli keren bgt..saya nyontek resepnya ya mb,buat eksperimen

      Delete
    3. Iya Mba Handika..silahkan di coba ya..:)

      Delete
  2. mba ,saya buat kulitnya kok ga jad yaa?
    padahal resepnya sama lho
    makasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Saya bikin ya jadi terus tuch Mba,,resepnya ya sama itu terus lho..:D
      Pan dadarnya di panasin dulu..baru tuang adonan, di angkat ketika sudah set..:)

      Delete
    2. Hasil lain fotonya dgn resep sama kulitnya liat di sini ya..http://www.diahdidi.com/2013/04/sosis-solo-goreng.html
      Atau di sini ..ndak ada masalah kok dgn resepnya :)...http://www.diahdidi.com/2014/01/sosis-solo-goreng-balut-telur.html

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...