Tuesday, April 17, 2012

Onion Blossom..bawang bombay goreng mekar.


Dulu..pertama makan onion ring..agak ragu..bawang bombay kok di goreng..emang enak..ternyata. Setelah mencobanya..enak lho. Pertama makan di Restoran Jepang gitu kan , kalau makan tempura suka ada onion ringnya tuch.....tapi itu belum enak banget. Nah...pas makan di Hart Chicken Buffet, di mana salah satu menu andalannya onion ring ini.....jadi dech suka....bawang bombaynya sangat renyah dan gurih....jadi suka dech sampai sekarang..dan sering bikin. Gampang sich cara bikinnya. Bawang bombay di potong melingkar tipis tipis....lepaskan dari ruas2nya, taburi dengan tepung terigu, lalu celupkan ke adonan cair dari tepung bumbu instan renyah ..goreng hingga kering. Kalau mau repot ya meracik tepung bumbu sendiri dari campuran terigu dan maizena serta bumbu bubuk. Lalu goreng hingga kering dan renyah.

Trus kemaren pas posting onion ring ini di langsungenak..dapet info dari teman teman yang tinggal di luar, terutama di Amerika..ada menu khusus dari fried onion ini..namanya Onion blossom, biasa di jadikan menu pembuka di resto resto steak terkenal. pas buka google..emang banyak resep onion blossom..dan cara membentuk..hingga cantik menyerupai kelopak bunga. Bahkan ada alatnya pula...untuk membelah bawang bombay jadi bentuk kelopak bunga yang cantik. Tapi bawang bombay di sana gede gede kali ya..masak satu onion blossom..bisa jadi satu piring besar gitu dan bisa di makan rame rame..^^.

Karena penasaran..aku langsung coba dech..hari ini..tapi cuma punya bawang bombay kecil kecil..dan nggak punya alat pula..akhirnya ku coba potong potong pakai pisau biasa aja..hasilnya mekar juga sich..cuma gak beraturan dan nggak sama kelopaknya..haha. Nggak apa apa dech..yang penting berani mencoba..dan rasanya juga enak kok..suami suka...karena ternyata dia sudah sering makan onion blossom ini di resto Tony Roma's di Jakarta. wah..bakalan jadi menu favorit keluargaku nich..Yodha juga suka soalnya..^^

Ini hasil uji coba pertamaku..masih rada hancur..belum seperti bunga mekar sich..hihi..malah kayak bunga kecombrang..kata temenku..hihi..tetap semangat..besok coba lagi..soalnya penampilannya cantik lho kalau berhasil..bisa jadi salah satu menu andalan pesta nich..^^

Kalau gak telaten bikin onion blossom..ya..akhirnya sisanya di bikin onion ring aja...lebih cepat..haha


2 comments :

  1. wenak nih mbak .....
    mau dong nyobain ...

    boleh kok dititipin ama pak Marjoko ^___^


    hihihihi .....


    *temenseruangan*

    ReplyDelete
  2. Udah kan kemaren pernah bawa Mas Yudee..kebagian gak..?..hehe

    ReplyDelete