Wednesday, April 18, 2012

Resep Tahu Gimbal Semarang



Biarpun bukan orang asli Semarang..tapi..klu cuma masak makanan khas Semarang sich udah biasa..dari nasi ayam,babat gongso..dan tahu gimbal..soalnya kalau beli kadang gak sesuai selera sich..akhirnya ngulik resepnya..trus masak sendiri aja dech biar bisa sesuai selera..sampai ponakanku bilang..tante ini kalau makan sesuatu di warung atau di Restoran pasti di teliti dulu bumbunya apa..haha..biar bisa masak sdr..
Kemaren abis dapet udang seger2 di pasar..aku kalau beli udang suka yang masih loncat2 gitu..di bikin gimbal udang..wah..manis dan gurih rasanya..suamiku juga suka banget..ampe abis sepiring dech gimbal udangnya..hihi..suami dan anakku tuch tester alami masakanku.. klu enak di habiskan klu makan..tapi klu gak enak yang makan 1 biji udah..gak mau lagi..^_^....
Back to resep ...ini dia resep tahu gimbal yang udah aku otak atik sesuai selera ku..jadinya enak lho...

Bahan :
Gimbal Udang :
Terigu protein sedang 100 gr
Tepung beras / sagu 20 gram
Udang seger ukuran kecil 250 gram
Bawang putih 1 siung
Ketumbar sdkt saja
Garam / bumbu kaldu..1 sendok teh
Aduk adonan gimbal dengan bumbu halus dan air,goreng dgn cara di tipiskan di wajan sampai kering. Sisihkan

Bahan Pelengkap :
2 buah lontong
2 buah tahu putih,goreng
Kol, iris kecil
Taoge panjang,rendam air panas
Telur ceplok 2 buah
Seledri & bawang goreng untuk taburan

Bumbu kacang :
Bawang putih 2 siung,klu kurang suka aroma bawang putih mentah di goreng dulu
Kacang tanah 100 gram,goreng
Cabai rawit merah 5 buah ( atau sesuai selera )
1/4 sdk teh garam
Petis udang 2 sdk teh
Air asam / jeruk nipis 1 sdk teh
Air matang 150 ml
Gula merah 2 sendok teh.
Haluskan semua bumbu kacang..tidak usah sampai halus sekali,tambahkan air matang dan asam ,lalu tambahkan garam & kecap sesuai selera.

Atur lontong, tahu goreng, kol, taoge di piring, beri irisan gimbal udang dan telur ceplok, taburi bawang merah goreng dan seledri, terakhir siram saos kacangnya..sajikan utk 2 piring tahu gimbal dan 1 piring gimbal udang..^_^...


12 comments :

  1. enak banget klo punya orang terdekat yang bisa masak, bisa diajak buka warung/resto :D

    ReplyDelete
  2. Hehe..makasih Mas Unggul...kenapa tidak di minta belajar masak..orang terdekatnya Mas..atau Mas nya yang belajar sendiri...biar bisa segera buka resto..^^

    ReplyDelete
  3. ijin copas resep ya,mbak. jadi kepingin coba. itu udang ga perlu dikupas kulitnya ya?

    ReplyDelete
  4. Boleh di kupas..boleh tidak Mba Maris..ssuai selera aja..^^

    ReplyDelete
  5. mbak bagaimana cara membuat air gula/ yang biasa dituangin ke sambel kacang,,?? mohon tanggapannya,,,trimakasih

    ReplyDelete
  6. @ Mas Samsul Hadi..air gula yang kayak di Kupat tahu Magelang ya Mas?..Kalau tahu gimbal Semarang kan air biasa aja yang di tuang setelah semua bumbu di haluskan. Kalau tahu kupat Magelang..baru air gula yang di tuang ke ulekan cabe dan kacang di piring ya..klu bener itu yang di maksud..ini caranya Bahan Kuah:
    1.000 ml air
    100 gram gula merah, disisir halus
    4 sendok makan kecap manis
    1/4 sendok teh garam

    Cara Membuatnya :
    Kuah: rebus air dan gula merah sambil diaduk sampai gula larut. Angkat dan saring. Tambahkan kecap manis dan garam. Masak sambil diaduk sampai mendidih.

    ReplyDelete
  7. lengkap juga ternyata, ada udangnya juga, jadi tambah mantap. tambah enak klo ada sambalnya juga tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Bela..komplet dech..eh udah ada cabainya lho Mba..jadi kalau mau pedes..tinggal di tambahin aja jumlah cabe rawitnya..^^

      Delete
  8. Mba di, petis udang yang enak merk apa ya?makashi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah suka pakai petis pasar Mba..hihi

      Delete
  9. Jadi kangen tahu gimbal....aku dulu suka beli tahu gimbal ini di penjual yg suka mangkal di depan sekolahan....enak....waktu itu dia pake kuah item....penasaran sampai sekarang,kuahnya itu dari apa,soalnya bikin tahu gimbalnya seger,ga seperti yg dijual di tenda2 deket simpang lima...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang hitam itu pakai petis mba..memang kan pakai petis udang yang kehitaman itu bumbu tahu gimbalnya..:)

      Delete