Tuesday, April 17, 2012

Nasi Goreng Babat



Nasi goreng..salah satu kuliner kebanggaan Indonesia..yang sudah terkenal sampai Mancanegara. Nasi goreng membuatnya sangat mudah dan bisa di kreasikan sesuai selera. Namun ada juga yang sudah menjadi icon kuliner suatu daerah..misalnya Nasi goreng babat..yang terkenal di Semarang..walaupun di daerah daerah lain juga ada. Nasi goreng ini lah salah satu nasi goreng favoritku. Dulu di Yogya..suka banget makan nasi goreng babat yang enak..di depan Hotel Yogya Plaza..di Jl.gejayan..gak tau sekarang masih ada atau tidak..

Bikin nasi goreng itu mudah saja ya..semua orang pasti bisa..bumbu tinggal sesuai selera..ada yang suka pedas..ada yang tidak..enak semua. Mau share aja..resep nasi goreng babat favoritku....siapa tahu ada yang suka juga..^^

Bahan :

2 piring nasi putih ( nasinya harus pera / mawur ya..biar enak nasi gorengnya..)
100 gram babat  yang sudah di rebus empuk , dengan jahe, salam , lengkuas dan sedikit garam.
6 siung bawang merah, iris tipis
2 butir bawang putih
Cabai merah 5 buah ( atau sesuai selera ya )
Bumbu kaldu bubuk rasa sapi 1 sendok teh
garam secukupnya
Kecap manis 2 sendok makan  ( atau sesuai selera )
Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara membuat :

Haluskan bawang putih dan cabai merah, sisihkan. Tumis bawang merah sampai harum, lalu masukan bumbu halus, tumis lagi hingga harum, masukan babat yang sudah di potong kecil2, aduk agak lama supaya babat agak  kering , awas..jangan sampai gosong ya..^^. Masukkan nasi putih, dan bumbu bumbu lain..aduk aduk dan masak hingga bumbu meresap di nasi. Sajikan hangat dengan acar dan bawang goreng .Jika suka pedas.bisa di tambahkan irisan cabai rawit merah.






No comments :

Post a Comment