Google Ad

Monday, March 31, 2014

Tahu Krispi...Ala Abang Abang



Beberapa waktu lalu pas main ke alun2 Ungaran..kita duduk2 dulu santai di taman..karena mau makan nasi goreng belum pada buka. Iseng aku liat ada abang2 penjual tahu krispi pakai gerobak gitu, dan pas aku liat proses pembuatan dan gorengnya tuch bersih si abangnya..dia nepungi tahunya tangannya di lapis plastik..^^..jadi berminat beli beli dech aku. Akhirnya aku coba beli 10 buah dulu sekedar buat coba2 dan pengen tau rasanya..sama tidak dengan tahu krispi yang banyak di jual di deket rumah. Ternyata beda..tahu krispi abang2 ini lebih enak..tahunya lembut dan gurih bagian dalamnya, sedang bagian luarnya garing..kres2 lapisan tepungnya renyah..nggak keras..kayak yang di jual di Semarang..wah..jadi suka dech..apalagi anget2 masih baru selesai di goreng gitu. 
12

Gula Batu Lebih Sehat Dari Gula Pasir ?



Akhir2 ini daku lagi suka banget minum teh poci gula batu..wah bisa dua kali sehari dech minum teh..karena sibuk banyak kerjaan..jadi nge teh bisa menambah semangat dech. Biasanya sich nge teh juga..cuma kadang2..kalau ingat..hihi..tapi sekarang kalau nggak nge teh kayak ada yang kurang gitu setiap hari. Aku suka aja sama aroma dan rasa salah satu merk teh yang cukup terkenal..benar2 wasgitel..kalau kata orang Jawa..wangi..Legi dan kentel..plus sedep..hihi. kadang2..kalau lagi banyak kerjaan kayak gini..nge teh merupakan salah satu cara untuk santai sejenak. Menikmati teh panas2...di temani gula batu ..wah..benar2 dech...mantab..^^
4

Sunday, March 30, 2014

Tips & Variasi Klaappertaart


Wua..dari pagi sibuk banget..maaf ya teman2..belum sempat update resep baru...cuma sempat bikin ini nich kemaren sore..klappertaart lagi. Tapi resep udah pernah ku share ya di sini sebelumnya..jadi aku kasih tips2 aja ya seputar klappertaart dan variasinya ya..semoga bermanfaat. 
8

Saturday, March 29, 2014

Oseng Buncis, Tahu, Telur Puyuh & Tetelan Cabe Hijau



Judulnya...panjang..hihi..singkat kata..sebut saja oseng buncis campur sari ya..ini adalah salah satu oseng2 khas Jawa favorit suamiku. Oseng2 kayak gini..biasa..sering di jumpai di acara2 prasmanan hajatan atau di warung2 nasi ramesan..banyak yang jual. Bikin sendiri..lebih enak pastinya..karena bumbunya bisa sesuai selera. Oseng2 buncis campur ini adalah jenis oseng2 Jawa yang berkecap. Bercita rasa gurih, pedas dan sedikit manis. Kalau aku suka tak gado aja juga enak dech.
2

Friday, March 28, 2014

Donat Labu Kuning


Memanfaatkan sisa labu kuning di kulkas..akhirnya aku buat donat labu kuning saja. Sudah lama pengen bikin donat labu kuning..baru kesampaian sekarang. Dan memang labu kuning ini ajaib..bisa mengubah warna aneka kue2 dan roti serta donat jadi kuning cantik..alami walau pemakaiannya cuma sedikit. Suka dech...donatnya juga jadi kuning cantik.
9

Thursday, March 27, 2014

Soto Kudus ( Resep Baru )



Sebenernya tadi nggak ada niatan bikin soto sich hari ini..tapi tadi pas ke pasar beli ayam pejantan satu ekor..aku tinggal meleng milih udang..eh lha kok sama ibu penjual ayamnya di potong kecil2..aduch..padahal aku udah langganan di situ dan selalu nggak pernah mau di potong kecil2 kalau beli ayam, pasti di potong cuma jadi 4 bagian gitu..jadi kalau di masak dan di foto kan lebih cantik. Ya..dengan rada sebel akhirnya kepikiran di buat soto aja dech sampai rumah. Dan akhirnya jadilah menu soto Kudus di rumah hari ini. Cuma..nggak seru dong..kalau bikin soto Kudus dengan resep yang sama yang udah aku posting dulu. Jadi hari ini aku belajar menyempurnakan resep soto Kudus..agar lebih mirip lagi sama citarasa aslinya..ya..walaupun tanpa kecap THG..karena stock kecap THG ku habis..tadi aku pakai kecap lele aja..enak juga kok. Ayam yang udah di potong2 kecil2..aku buat sekalian jadi sate ayam pendamping soto..yaitu sate ayam yang cuma di rebus sama kuah soto dan kecap.
32

Misro Serut



Lagi beres2 file foto di komputer..ternyata nemu banyak foto2 masakan yang aku buat di taun 2013 kemaren yang kadang kelewat di posting..hihi. Ya udah..sayang kan..kalau udah di ambil difotonya nggak di posting ya teman2..walau cuma cemilan yang sederhana sich kadang..kayak cemplon ini..atau misro kali ya di tempat lain. Tapi pas aku liat fotonya..oh iya..ini uji cobaku bikin misro atau cemplon kalau di Yogya, singkongnya aku serut..dengan serutan keju..bukan ku parut biasa..pakai parutan kelapa halus..jadinya penampakan misronya jadi cantik keriting dan rasanya renyah kres2 luarnya terasa gigitannya. 
3

Wednesday, March 26, 2014

Puding Tape Ketan Hijau Lapis Gula Merah


Sudah lama pengen bikin puding lapis di loyang setengah lingkaran ini..akhirnya kesampaian juga. Dua minggu nunggu2 pesanan orderan loyang ini..akhirnya sampai juga ke rumah kemaren sore..paketnya. Makasih Mba Rika..tak kira nyasar je paketnya,...kok udah 2 minggu nggak datang2..sejak aku konfirm order..ternyata kehapus ya catatannya..ok dech yang penting udah nyampe sekarang..dan aku bisa bikin puding cantik ini..^^

Puding lapis begini menggunakan loyang khusus..yaitu loyang tumpuk. Jadi puding pertama di tuang dulu membentuk setengah lingkaran dengan di tumpuk cetakan kecil di atasnya. Setelah puding pertama mengeras, angkat cetakan puding kecilnya, lalu isi dengan puding lain, dinginkan..jadi dech puding dengan dua lapis yang cantik. Sayangnya puding gula merahnya aku pakai santan..jadinya santannya misah dech dengan gula merahnya..dan kurang menarik sedikit hasilnya. Tapi nggak apa2 dech..besok tak coba lagi motif lain..hihi..lagi semangat nich ..udah punya cetakannya soalnya.

Oke aku share resepnya ya teman2..sapa tau ada yang sudah punya cetakan puding kayak gini juga..semoga bermanfaat ya..^^

Puding Tape Ketan Hijau Lapis Gula Merah

Bahan :
1 bungkus agar2 bubuk putih
1000 ml santan sedang kentalnya
200 gram tape ketan hijau.
150 gram gula merah
2 sendok makan gula pasir
1/2  sendok teh garam
Daun pandan 3 lembar

Cara membuat :
Campur santan, garam dan agar2, aduk rata, ambil 300 ml adonan, sisihkan.
Tuang 700 ml adonan sisanya di panci, tambahkan gula merah sisir dan daun pandan.
Masak hingga mendidih. Tuang di loyang pertama yang sudah di tumpuk loyang kecil di atasnya.
Diamkan hingga mengeras, tusuk2 dengan lidi. Sisihkan.

Masak sisa adonan 300 ml dan 2 sendok makan gula pasir hingga mendidih. Masukkan tape ketan hijau, aduk rata. 
Ambil loyang kecil di atas puding lapisan pertama, lalu tuang adonan puding tape ketan hijaunya sampai penuh. Diamkan hingga mengeras, potong2..sajikan.




12

Pastel Goreng Isi Komplet


Beberapa hari ini papinya Yodha lagi malas makan nasi untuk makan malam..akhirnya bikin cemilan2 yang mengenyangkan saja..salah satunya ya..pastel ini..cemilan favorit suami. Memang sich..kalau di pikir2..pastel ini mirip2 pie luar ya..tapi karena kulit luarnya sama renyah dan isinya udah komplet juga. Cuma..biasa..kalau snack2 ala Indonesia kan di goreng..jadi tentu saja lebih gurih, kalau pie kan di panggang kulitnya. Pastel ini udah mengenyangkan ya..lha isinya kan udah komplet..ada kentang, wortel, soun, ayam cincang..dll..jadi nggak makan nasi pun ya nggak masalah kalau makan pastel ini..^^
29

Google Ad

Visit Our You Tube Channel