Google Ad

Sunday, April 13, 2014

Gandum / Kekian Goreng Udang



Di Semarang....aelain kekian asli yang terbuat dari daging ayam..udang dll..di kenal juga kekian versi palsu..yang di sebut juga gandum. Gandum ini biasa di tambahkan di mie goreng atau nasi goreng ala abang2 atau ala kaki lima. Di beberapa warung terkenal..gandum gorengnya setingkat lebih elit..hihi..ndak cuma tepung aja..tapi di tambahin udang dikit..jadi semakin gurih. Kalau di Yogya..ada masakan juga yang pakai kekian palsu dari gandum ini..namanya cap jahe. Nah..makanya kadang2..aku suka iseng..bikin cap jahe..dari kekian goreng udang...rasanya..tentu saja lebih enak dan gurih.
21

Soto Daging Ala Madura


Soto lagi ..kemaren Yodha pengen Soto..dan karena punyanya cuma daging..ya udah bikin soto daging aja. Sebenernya sich pengen bikin soto daging ala Boyolali yang bening gitu..tapi dari dulu coba2 belum pas aja rasanya..ya mungkin karena kaldunya kurang kali yach..kalau soto bening itu memang yang di tonjolkan rasa asli manis dari kaldu bening dagingnya. Nah..buat kaldu seperti itu tentu saja perlu banyak daging..sementara aku kalau bikin soto daging cuma make dagingnya 500 gram..hihi. Jadi..lebih baik bikin soto bumbu komplet aja..biar manteb..karena ketolong rasanya sama bumbu yang banyak dan komplet. Dan alhamdulilah sich kalau bikin soto bumbu komplet kayak soto Betawi..atau soto Madura ini..udah bisa pas dan enak rasanya..menurutku dan warga rumah lho..hihi.

5

Saturday, April 12, 2014

Sushi ??? ^^



Apa ini hayo..teman2..Sushi kah ?..Oh bukan !..hihi..kalau gitu pasti kimbab khas Korea ya..?..Bukan juga teman2..ini cuma arem2..hihi..tapi arem arem goreng. Nggak kalah cantik kan..sama sushi khas Jepang..atau kimbab nya Korea..hihi..walau beda bentuk sich..cuma sama2 nasi gulung isi aja..kalau arem arem goreng ini mah..asli Indonesia. Dan kalau di suruh milih..sushi..kimbab..atau arem arem..aku jelas2 pilih arem arem..*selera ndeso ..bangga..hihi..*

12

Rempeyek Kembang Goyang



Ini rempeyek..atau kembang goyang?...Dua2nya..hihi..ini adalah rempeyek yang di cetak pakai cetakan kembang goyang..jadi cantik kan teman2..rempeyeknya. Sudah lama aku nggak bikin rempeyek..gara2 wajan wok cekung dari besi kesayanganku jatuh..dan pinggirnya sedikit retak..jadi nggak bisa lagi dech di buat goreng peyek..paling2 buat bikin nasi goreng masih bisa. 
28

Friday, April 11, 2014

Semur Kering Bola Bola Daging & Telur Puyuh




Ini adalah salah satu menu favorit Yodha. Dia lagi suka makan daging..tapi daging giling yang benar2 halus dan tanpa lemak..jadi bener2 kualitas super gitu..tanpa serat..hihi..belinya harus di toko daging langganan. Jadi..kalau di masak bisa empuk dan nggak berserat. Pernah aku beliin di pasar..daging..aku cincang sendiri..nggak mau dia..gaya banget ya teman2...hihi. Tapi nggak juga sich..cuma rada pemilih memang kalau makan daging Yodha..kalau nggak di masak sampai super empuk..atau yang bener2 daging giling halus gini ..baru mau makan dia. 

18

Thursday, April 10, 2014

Onde Onde Pandan Kumbu Kacang Tolo


Lagi pengen onde2 kemaren..tapi pengen onde2 yang beda..jadilah bikin onde2 pandan..plus isinya juga beda..pakai kumbu kacang tolo. Enak sekali rasanya kumbu kacang tolo ini teman2..nggak kalah lho rasanya dengan kumbu kacang hijau. Daku lagi suka sama kumbu kacang tolo ini..gara2 pernah beli onde2 di pasar..isinya kumbu kacang tolo ini..kok enak banget..legit dan lebih enak dari kumbu kacang merah yang besar2 itu..jadinya ketagihan dech..sering bikin sendiri di rumah...rasa kumbu kacang tolo ini memang sangat legit dan terasa ndeso gitu..hihi. Suami yang biasanya kurang suka kacang merah..ketika aku ganti kumbu kacang tolo ini..jadi suka lho.
15

Wednesday, April 9, 2014

Tahu Mambo


Tahu Mambo..adalah lauk ringan khas Kalimantan..aku taunya pas kemaren sambil nemenin Yodha belajar..sambil baca2 majalah Sedap..eh tertarik kok ada resep tahu Mambo. Setelah tak baca2..kok simple banget resepnya..cuma kayak perkedel tahu..tapi pakai cincangan tomat. Akhirnya aku coba..dan ternyata memang rasanya ya kayak perkedel tahu..tapi ada sensasi sedikit asem2 seger dari cincangan tomatnya. rasanya sich aku suka ..karena aku penggemar tahu..jadi di olah jadi apa aja ya tetep suka. Lumayanlah buat nambah2 ilmu mencoba resep2 lain dari luar daerah..ndak cuma nguplek resep2 Jawa aja..hihi.
5

Tuesday, April 8, 2014

Tips Menguleni Adonan Roti Atau Donat


Roti..atau donat..adalah salah satu cemilan yang harus di uleni dalam proses pembuatannya..jika kita tidak punya bread maker atau mixer yang mahal2..macam heavy duty dll. Tapi kita masih bersyukur kok teman2..kita juga punya alat yang tak kalah canggih..pemberian YME..yakni kedua tangan kita. Dengan alat kedua tangan kita ini pun kita bisa kok bikin roti ataupun donat dll adonan yang perlu di uleni. Nah..masalah menguleni adonan ini yang harus di perhatikan dalam hal pembuatan roti atau donat yang memang harus di uleni ya adonannya. Karena sekarang sich banyak juga resep2 yang nggak perlu di uleni..salah satunya kayak donat yang pernah ku posting dulu. Tapi..kadang2 kalau aku ya tetep rindu citarasa donat atau roti yang di uleni..nggak tau apa karena butuh usaha dan perjuangan bikinnya itu yang seru..jadi kalau liat hasilnya enak..bagus dan mengembang sempurna..jadi lebih puas gitu..ada kebahagiaan tersendiri..hihi.

108

Tongseng & Sate Kambing Dalam Sekali Masak & Satu Bumbu..^^


Ceritanya kemaren masak tongseng..tapi daging kambingnya setelah di masak tongseng..di bakar..jadilah tongseng dan sate kambing..hihi. Menunya berubah dadakan..gara2 Yodha..minta sate kambing..padahal udah terlanjur di masak tongseng daging kambingnya. Yodha makan daging kambing ?..Yapp..dia ketagihan daging kambing setelah nyicip sate kambing yang suka di beli sama papinya. cuma kalau makan sate kambing yang dari daging segar terus di bakar gitu..dia pilihin yang bagian lemak2nya atau atinya yang di makan..hihi..karena kan dagingnya alot. tapi..paling nggak ya udah mau daging kambing lah..makanya sering ku masakin juga daging kambing ungkep.
8

Google Ad

Visit Our You Tube Channel