Google Ad

Showing posts sorted by date for query Kue Kacang Jadul. Sort by relevance Show all posts
Showing posts sorted by date for query Kue Kacang Jadul. Sort by relevance Show all posts

Sunday, May 20, 2018

Selai Apel


Sudah banyak teman yang request resep Kue Kering ya, baiklah, aku mulai dari yang paling basic ya, yaitu Kue Kering Nastar. Walau udah sering sich aku share resep dan tips nya. Tapi lebaran tanpa kue Nastar itu serasa ada yang kurang ya teman-teman..hihi.
0

Sunday, October 23, 2016

Kue Putu Merah Putih Dari Salatiga


Hari ini belum masak..kemaren ada acara ke Salatiga..terus capek, dll kerjaan..belum sempat belanja bahan-bahan nich teman-teman..jadi belum bisa posting menu baru ya. Mau posting cerita dan wisata kuliner Salatiga juga belum sempat di pilih-pilih foto-fotonya. Ntar aku pilih-pilih dulu dech..mana yang belum pernah aku posting. Kalau Sate Sapi Suruh dan Gethuk Kethek, sudah pernah aku review di postingan lamaku ya di web ini.
1

Tuesday, June 10, 2014

Geplak Bantul Yogya..Dkk...^^



Kalau pulang mudik..pasti bawaannya banyak..hihi..bagasi sampai penuh kardus berisi macam2 makanan dan bahan2 makanan khas Yogya..lha apa2 di bawa..yang nggak ada di Semarang. Juga membelikan pesanan teman2..bahan2 yang aneh2..kayak abu merang..tepung garut...tepung gaplek..dll..hihi. Lama2 bisa buka warung bahan2 online aku nich..hihi..lha berawal dari bantuin temen2 aja cari bahan2 atau makanan khas Jawa yang nggak ada di tempat lain..kok ya banyak sekali yang pesan macam2 via email..ya oke dech ndak pa2..siapa tau jadi bisnis sampingan ya teman2..hihi. Tapi aku kok terkendala pengiriman yang agak mahal ya teman2..kalau ke luar Jawa..jadi kadang nggak enak gitu sama teman2 yang pesan...harga ongkirnya jadi mahal sekali. Ada yang tau nggak ya teman2..kurir yang murah yang melayani pengiriman ke luar Jawa..selain Jn* tentu saja..kadang2 kalau barangnya berat..misal kayak tepung2 gitu..jadi mahal banget je kurir tersebut..pernah aku kirim ke Kalimantan..sampai sama harga barangnya ongkirnya..hihi..ndak enak sama teman yag pesan..tapi untungnya ya tetep mau..tapi memang berat sich paketnya. Tapi jika ada yang lebih murah..kan lebih enak ya. Kayak sekarang nich lagi bingung..mau kirim abu merang ke Bengkulu..berat 5 kg..ada yang tau nggak ya..dari Jawa ke Bengkulu paling murah pakai jasa pengiriman apa ya teman2..kemaren nanya ke Jn* itu mahal sekali..huhu..kalau paket pos..kapok juga aku..masak kemaren kirim beras merah 5 kg ke Jakarta aja mahal sekali ongkirnya..^^

24

Sunday, September 8, 2013

Kue Kacang..Enak dan Mudah..^_^


Males bikin kue kering karena harus memixer adonan..atau belum punya mixer teman2..?...Tenang..ada resep kue kering yang sangat mudah nich..nggak perlu mixer, cukup di aduk2..cetak..panggang..jadi dech kue kering yang enak. Kue apa itu ya?..Kue kacang..kue jadul..jaman aku kecil..hihi. Kue ini dulu di jual di warung2 dalam bentuk biasanya bulan sabit gitu..dulu..di jual satuan..satu biji..berapa rupiah ya..lupa dech..pokoknya.dulu ini udah berasa kue yang enak banget  gitu. Eh..sekarang juga tetep enak lho..apalagi kalau bikin sendiri..hemm...enak banget..aku suka kue kacang ini..karena rasanya lumer di mulut..ngeprul dan berasa banget kacangnya. 
74

Thursday, May 30, 2013

Aneka Jenis Tepung Terigu dan Fungsinya

Sering kali aku mendapat email atau inbox dari teman2 yang menanyakan jenis2 tepung terigu..memang..untuk yang masih belajar memasak..mungkin masih sedikit bingung ya dengan berbagai jenis tepung terigu dan masing2 kegunaannya. Karena itu..aku akan bahas lebih detail ya..soal tepung terigu ini..supaya bisa menjadi bahan referensi buat teman2 yang   baru belajar memasak atau baking. Tulisan ini aku tulis berdasarkan hasil pengalamanku sendiri di dapur dan juga membaca berbagai referensi di food media majalah..tabloid dll. Semoga mudah di mengerti ya teman2..karena ku tulis dengan bahasaku sendiri..hihi. Jika masih ad ayang belum jelas..silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar ya..^^

Tepung terigu adalah bahan makanan yang di ambil dari bagian dalam biji gandum. Berwarna putih sedikit kekuningan dan mengandung protein yang di sebut gluten. Kandungan gluten inilah yang membedakan tepung terigu dengan tepung2 lain, seperti tepung beras, tepung kentang, tepung tapioka, dll. Gluten merupakan protein yang tidak larut air, bersifat kenyal dan elastis.Pada adonan roti..gluten berfungsi supaya adonan tetap kokoh dan tidak mengecil lagi ketika sudah mengembang. Sedangkan dalam pembuatan mie, gluten menentukan tingkat kekenyaan dan elastisitas dari mie tersebut. Gluten ini juga yang menentukan kualitas dari produk biskuit, wafer, dll.

Dari jenis kandungan gluten / proteinnya tepung terigu di bagi menjadi 3 macam :
  • Tepung terigu protein tinggi, contoh merk yang banyak di temui di pasaran yaitu Bogasari Cakra Kembar, tepung ini cocok untuk membuat aneka roti dan mie. Kandungan proteinnya minimal 13, jadi buat teman2 yang tinggal di luar negeri mungkin bisa mencari tepung jenis ini di lihat dari jumlah kandungan proteinnya atau biasa di sebut juga Bread Flour. Kalau di Indonesia sich sudah gampang, tinggal cari merk tepung yang berprotein tinggi, banyak contohnya. Contoh resep yang udah pernah ku coba memakai tepung terigu  protein tinggi antara lain :Roti Goreng Isi Kacang Hijau , Donat Kampung , Pisang Bolen Bandung, dll
  • Tepung terigu protein sedang, contoh merk Bogasari Segitiga Biru, kandungan protein nya sekitar 12 %, cocok untuk membuat cake dan aneka makanan / kue.Tepung ini biasa di sebut juga all purpose flour. Contoh resep yang sudah sering ku coba menggunakan tepung terigu protein sedang ini antara lain Cake Labu Kuning Lapis Coklat, Cake Peta, Brownies Kukus Ubi Ungu, Cake Tape , Onde Onde Ketawa dll
  • Tepung terigu protein rendah, contoh merk Bogasari Kunic Biru, cocok di buat untuk membuat aneka kue kering, bolu gulung , gorengan dll. Kandungan proteinnya rendah, sekitar 11 %, cocok juga untuk membuat bakpao..hasilnay jadi lembut bakpaonya. Contoh penggunaan tepung terigu protein rendah yang sudah pernah ku coba antara lain : Bakpao Mawar, Kue Kacang Jadul, dll
92

Friday, May 24, 2013

Kue Ku Terigu..atau Bakpao Ala Pasar..?


Hemmm...kue apa ini hayo teman2..? Bentuknya sich, kayak bakpao..rasanya juga..tapi ini rasanya seperti bakpao jadul..yang dulu ku makan waktu kecil..jadi lembut tapi agak lengket dikit di mulut..enakk..karena memakai santan di adonannya. Hemm..baru nyadar..ternyata bakpao ala pasar ini..pakai santan di adonan kulitnya..pantesan..beda rasanya sama bakpao2 modern yang sering ku buat. Aku terinspirasi untuk membuat bakpao jadul ini..nggak sengaja..hasil blog walking aja..aku tergelitik dengan penampakan kue nya..pinky..jadi ingat bakpao jadul ala pasar yang dulu sering ku makan pas masih kecil..terus ku baca judulnya..ternyata namanya kue ku terigu..unik..! Karena aku taunya dulu ya bakpao pasar namanya..hihi. Langsung dech..memori ku terlempar ke belasan tahun..cey ..belasan..puluhan kali ya..hihi *nggak nyadar ya..kalau udah kepala tiga*,..oke dech..puluhan tahun lalu..ketika ibuku suka membelikan kue kayak bakpao ini setiap pulang dari pasar. Rasanya sederhana saja sich dulu..tapi..pas aku buat kemaren..kok enak banget ya..hihi..rasa nostalgianya juga mendukung kali ya. Tapi beneran..hasilnya empuk..lembut dan gurih rasanya..lebih enak dari bakpao modern yang sering ku coba perbagai resepnya. 

53

Monday, April 29, 2013

Sego Gudangan Tabur Sambal Kedelai..Sedapppp..........^^



Setelah nggak sarapan tadi pagi...waktunya memanjakan diri sendiri dengan membuat menu makan siang yang *istimewa*..tapi...jangan bayangkan aku buat steak daging impor..atau spaghetti ya...siang ini aku cuma masak Sego Gudangan..ikan asin layur goreng , telur rebus dan kerupuk gendar..sedappnya rek..^^..cuma kurang tempe goreng garitnya aja..tadi nggak kebagian di tukang sayur. Nah apalagi sego gudangannya ini yang versi sego gudangan ndeso..ala tempatku di Yogya..yang khasnya di makan pakai taburan sambal kedelai pedas..wah...tambah yummy dech...sadaaap..eh..sedaaap ^^....Hyun Bin lewat..nggak bakal ku lirik dech..hihi..*soalnya ya nggak bakalan lewat ya....* Aku memang lebih suka masakan kampung gini buat ku makan sendiri..jadi menu makan siangku..lha kalau Yodha dan Papinya mana mau..^^..akhirnya ya kalau kangen masakan kampung..buatnya pas makan siang aja..di nikmati sendiri. Jangan berpikir bakalan ribet ya..masak urap buat sendiri..trus nanti masak lagi buat suami sendiri..nggak..kan masak sayuran rebusnya sekalian tuch..nah..ntar sore buat suami..tinggal di jadikan pecel..dengan sayuran yang sama yang di rebus buat gudangan tadi..beres kan..sambel pecelnya yang instan aja..banyak tuch yang enak2 dari Blitar beli di supermarket..hihi..tinggal dech masak lauknya buat sore..^^

Oh ya..mau cerita sedikit tentang sego gudangan ini ya..kalau di tempatku di Yogya sana..menu sego gudangan gini banyak di jual untuk sarapan..yang jual juga bukan restoran atau warung makan..tapi cuma mbah2..tetangga yang kalau pagi jualan bubur sayur..sego gudangan ini..plus jajanan kayak tiwul, gathot dan sawut singkong dll..wis..pokoknya jajanan ndeso semua dech..tapi suer..enak  lho..apa karena dulu nggak ada yang jualan yang lain kali ya ..tapi..sekarangpun menurutku..tetep enak..^^..sayangnya..kalau aku mudik .Mbah2 yang jual nich udah meninggal..jadi nggak bisa menikmati lagi sego gudangan aslinya. Tapi..aku sering bikin sendiri..pasti bisalah..lha soalnya ibuku juga sering masak dulu..jadi udah pasti dong di ajarin ke aku. Ibuku masak sego gudangan dan sambal kedelai gini..kalau anak2nya neton / weton..itu tuch ultah kita tapi menurut tanggalan Jawa...atau untuk acara wiwitan di sawah. Nah..kalau ada yang neton..ibuku pasti akan masak sego gudangan gini..pakai sayuran komplet..ikan asin goreng...kayak gereh pethek..layur dll..di tambah telur dan pisang. terus nanti kita panggil anak2 tetangga tuch buat di bagi2 in sego gudangan ini. Padahal dapetnya ya cuma sego sepincuk..( pakai daun pisang )..trus ikan asin dan telur sepotong kecil..sama pisang 1..tapi anak2 tetangga tuch udah pada seneng banget lho..bahkan...tradisi ini adalah salah satu acara yang di tunggu anak2..lha dulu emang jarang yang jual jajanan ya..jadi cemilannya nasi..hihi..jika pun ada ya belum sebanyak sekarang aneka makanan buat anak2. Selain untuk upacara neton..sego gudangan plus sambal kedelai , ikan asin dan telur rebus gini juga buat acara wiwitan..itu lho..pas saat petani..memulai untuk panen padi. Nah...seru dan enak banget juga ..makan sego wiwitan gini di tengah sawah..sensasinya beda..^^. Kalau mau coba sego wiwitan gini..bahkan di Yogya sudah ada lho..resto besar yang menu utamanya sego wiwitan ini..namanya lupa..search aja di google..resto sego wiwitan di Yogya..udah ada kok..Sayangnya sekarang tradisi begitu udah luntur ya..kalau kita ya taunya ultah anak secara kalender..dan bagi2 nya kue tart..^^..indahnya tradisi ya..seadainya bisa tetep lestari..^^..

Sego gudangan ala tempatku di Yogya ini..sedikit berbeda ya..dengan urapan sayur pada umumnya..kalau sego gudangan ini..sayuran kukus / rebus yang musti ada yaitu daun pepaya segar  yang kita rebus sendiri..jadi masih fresh..ada sensasi pahit2nya dan buah pepaya mengkal yang di serut. Nah sensasi pahit2 dari daun pepaya dan pepaya mengkal kukus yang berpadu bumbu urap dan sambal kedelai inilah yang membuat gudangan berbeda dengan urap sayuran lain, kalau sayur pelengkap lain sich..bisa sesuai selera..bisa di tambah kol..wortel..tauge..dll. Sego  gudangan ini enak sekali...apalagi di tabur bumbu sambal kedelai..terus di makan sama kerupuk gendar dan telur rebus..wis..uenakk banget dech...*menurut lidah ku lho..hihi*..maklum lidah ndeso nich..sukanya yang tradisional..walau udah coba berbagai masakan modern..dari berbagai negarapun..akhirnya..tetap..kalau untuk menu sehari2..aku pilih menu ndeso gini..atau menu2 asli Indonesia..yang tiada tandingannya..* lebay ya..*.

Jadi mari kita lestarikan teman2..menu2 eksotik  khas Indonseia gini..biar tetap lestari..siapa tahu anak cucu kita..nanti kalau bosan makan ayam KFC dan burger..cari resep2 jadul gini..hihi..jadi ku simpan aja resepnya di blog ini..walau udah pada bisa semua ya..kalau cuma bikin urap2pan sayur..^^. Kalau sambal kedelainya..ini adalah sambal cabe bawang biasa..tapi di tambahin dari  kedelai goreng..yang ikut di ulek di sambalnya..jadi sensasi rasanya sangat unik..paling enak di makan sama gudangan ini..atau di buat taburan nasi panas aja dan ikan asin...juga udah enak..^^

Ini dia resepnya ya..selamat mencoba..jika suka.^^

Sego Gudangan & Sambal Kedelai

Bahan-bahan/bumbu-bumbu
3 lonjor kacang panjang, dipotong 2 cm
3 lembar kol, dipotong lebar 1/2 cm
1 buah wortel, potong korek api
25 gram taoge
50 gram daun pepaya segar yang di rebus, potong2
50 gram pepaya mengkal serut

Bahan sambal kelapa:
150  gram kelapa parut agak muda di parut kasar

Bumbu halus:
2 buah cabai merah keriting dan 3 rawit merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1  sendok teh garam
3 sendok teh gula merah sisir

Cara Membuat  :
1. Rebus masing-masing sayuran di dalam air yag di tambah sedikit garam
2. Sambal kelapa: aduk rata kelapa parut dan bumbu halus.
3. Kukus 25 menit sampai matang. Angkat.
4. Campur sambal kelapa dan sayuran. Aduk rata. Sajikan dengan taburan sambal kedelai, ikan asin , telur rebus dan kerupuk gendar.

Sambal Kedelai 
Bahan :
100 gr kedelai, goreng
5 buah cabai merah
3 buah cabai rawit merah
4 siung bawang putih
1/4 sdt ketumbar sangrai
3 lbr daun jeruk purut
3 cm kencur
1/2 sendok teh  garam

Cara Membuat :
Goreng cabai dan bawang putih utuh hingga matang dan cabai kering, haluskan dengan menambah ketumbar daun jeruk purut, kencur dan garam.
Setelah semua bumbu halus, masukkan kedelai goreng, uleg lagi, tapi jangan sampai kedelainya jadi halus. 





2

Thursday, January 10, 2013

Bongko Kacang Tholo


Tadi malem periksa ke dokter kandungan buat check up rutin buat si kecil di perut...eh dapet teguran lagi dari dokter. Supaya mengontrol pola makan dan diet dikit biar si baby dan ibu gak terlalu ndut..hahaha. Mentang2 lagi hamil dan nggak diet2 an..dan udah doyan makan.....jadinya makan terus dech..maaf ya Pak Dokter..oke dech..mulai masuk 7 bulan ini mau makan yang sehat2 aja..nasi merah dan lauk yang di kukus2 atau sayur2 an yang byk. Tapi...masih boleh bikin kue atau cake gak ya..boleh aja ya..yang penting praktek..ntar di bagi2 aja..tapi kalau enak..ya nyicip dikit..hihi..*dasar bandel..*
Back to menu sehat..jadi ingat sama makanan jadul2 yang sebenernya sehat dan tentu saja enak..emoh juga kalau makan makanan sehat   , tapi tidak enak di makan..hihi..bisa2 malah kalap ntar kalau buat makanan enak. Nah salah satu menu jadul khas Jawa yang sehat dan murah meriah adalah bongko kacang tholo ini. Rasanya enak sekali...apalagi buat aku yang memang suka kacang tholo. Di gado sambil nyeplus cabe rawitnya saja udah enak..bisa juga buat lauk. Jadi mau coba masakan enak dan sehat..cobain dech..

Bahan :
  • 250 gr Kacang tolo
  • 1/2 btr Kelapa yang muda, parut
  • Daun pisang secukupnya
  • Areh santan kental secukupnya, dari santan kelapa yang di rebus sampai kental dan di ambil bagian kepala santannya ( aku pakai santan kentalinstan *Bumas* ukuran kecil, di rebus sebentar terus di campur sama 1  buah putih telur dan sedikit garam ) , tapi ini optional..nggak pake juga tetep enak.
Bumbu:
  • 3 siung Bawang putih
  • 1/2 sdt Ketumbar
  • 1 ptg Lengkuas, memarkan
  • 1 ruas jari Kencur
  • 2 lb Daun salam, potong2
  • 1 sdm Gula merah
  • 1/2 sdm Garam
  • Cabe Rawit secukupnya
Cara Membuat :
  • Rendam kacang selama 3 jam, sampai lunak, rebus  lalu tumbuk kasar. Haluskan bumbu kecuali daun salam dan lengkuas.
  • Campur kacang tumbuk, kelapa parut, lengkuas, daun salam dan bumbu halus hingga rata.
  • Bungkus adonan dengan daun pisang , beri 1 sendok adonan areh santan dan 1  buah cabe rawit, kukus hingga matang, kurang lebih 20 menit. angkat, sajikan.

0

Monday, October 17, 2011

Kue Kacang Jadul




Mudik ke Yogya ke rumah Eyangnya Yodha kemaren di bawain kacang tanah hasil panen buanyak banget....seneng banget..karena kacang kampung kan rasanya lebih manis..enak di buat apa aja, di buat bumbu pecel..gado2..enakk..di goreng sangan ( sangrai ) gitu aja juga udah manis rasanya..suamiku suka banget..soalnya kalau di Semarang kacang tanah dah gak ada yang asli kampung gini..banyakan kacang impor dari China..rasanya sepo..(hambar..)..walaupun kacangnya gede2..pokoknya love makanan yang asli Indonesia dech..lebih original  rasanya..hehe..jadi inget jeruk shantang kesukaanku..dulu rasanya ajaib..manis2 sedkit asam..heavenly dech klu makan jeruk kecil2 ini..tapi sekarang dengan serbuan jeruk China yang aspal..walaupun harganya murah..tapi gak enak banget..asem banget..

Back to kacang tadi..akhirnya punya stock kacang tanah banyak buat di bikin kue kacang yang udah ku rindukan..hehe..lebay..soalnya paling enak bikin kue kacang ini ya pakai kacang dari kampung yang rasanya manis..gak pernah mau bikin kue kacang ini kalau pakai kacang yang disupermarket atau TBK yang udah kupasan itu..gak original lagi dech rasanya..biarpun bikinnya lumayan ribet, karena harus nyangrai sendiri..ngelupasin kulit ari satu2 dan suka di comoti suami yang udah dikupas..buat di cemil gitu aja..tapi puas..hasilnya otentik..rasa kue kacang jadul..yang dulu suka di jajakan di warung dan di jual satuan di taruh dalam toples gitu ..bentuknya bulat atau bulan sabit..atau bentuk lain..yang pasti ini jajanan favoritku waktu kecil..heheh....rasanya renyah gurih..kadang garamnya gak rata di  kue..tapi malah enakk..hehe..browsing resep akhirnya nemu dari Mba Wida..Rasanya sich udah mendekati otentik..renyah ..gurih...cuman buatku agak kemanisan..jadi next time di kurangi dech gulanya..trus manggangnya di ovenku musti bentar aja dech biar warnanya bisa cantik kayak kue kacang jadul...kemaren manggang sesuai di resep..rada over bake dikit..tapi tetep enak kok..tambah renyah......

Ini dia resepnya :

KUE KACANG 

Bahan-Bahan:
250 gr Kacang tanah sangrai ( kupas kulitnya )
400 gr Terigu
200 gr Minyak goreng
200gr Gula halus ( aku 150 gram aja )
1 sdt garam
2 kuning telur + 1 sdm mentega untuk polesan
Cara Membuatnya:
  1. Sangrai kacang hingga matang, kupas kulit arinya hingga bersih. Tumbuk atau blender kacang hingga halus.
  2. Campur tepung terigu, gula halus, garam,kacang tanah sangrai halus,dan terakhir masukkan minyak goreng aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
  3. Simpan adonan didalam kulkas selama kurang lebih 1 jam , tutup dengan plastik.
  4. Setelah 1 jam, diamkan sebentar dalam suhu ruang, adonan siap untuk dicetak.
  5. Taruh kue diatas loyang yang telah dipoles margarin, poles bagian atas kue dengan campuran kuning telur dan mentega. Panggang dalam suhu 170 derajat Celcius selama 25 menit hingga matang.
14

Google Ad

Visit Our You Tube Channel