Google Ad

Saturday, January 5, 2019

Timus Enak


Sore,

Cemilan sore ini...memanfaatkan bahan di dapur. Ada Ubi kuning nganggur beberapa hari sampai ada satu yang numbuh haha..karena belum aku buka dari plastiknya. Ya begitulah aku, suka kasian kalau ada Mbah-Mbah di pasar nawari dagangan mereka, langsung aja aku beli. Ya sekedar uang 6 ribu, mungkin bisa sedikit membantu mereka ya.


Selain itu ubi yang di jual juga ubi jenis yang keset dan mempur, nggak lembek, jadi enak manis. Ubi seperti ini cocok untuk bikin Timus, enak bisa kesat dan empuk. Aku suka Timus atau Ketimus ya nama lainnya. Jajanan tradisional yang mulai punah, tergantikan oleh bola-bola ubi kekinian yang dalamnya kopong itu lho teman-teman.

Tapi kalau boleh milih, di banding bola-bola ubi aku lebih suka Timus, lebih legit terasa Ubinya, rasanya beda aja. Kalau makan bola-bola ubi itu banyak tepungnya terasa mblenger aja makan satu atau dua biji, udah bosan..tapi kalau Timus, makan dua juga masih pengen nyomot lagi hihi.

Membuat Timus ini mudah, yang perlu di perhatikan adalah kadar air di Ubinya ya teman-teman. Jika Ubinya keset nggak lembek, kita cukup memakai sedikit tepung kanji aja untuk sekedar perekat, jadi rasa Timusnya akan empuk, mempur terasa Ubi, bukan terasa tepungnya. Kadar gula yang di pakai juga tergantung Ubinya udah manis atau belum ya.

Ini aku tulis aja langsung resepnya ya teman-teman, aku pakai Ubi yang mempur bagus dan kesat tidak berair, jadi takaran yang pas sebagai berikut ya, sesuai jumlah Ubi yang ku punya tadi setelah di kukus dan di haluskan :

Bahan :
550 gram Ubi, yang sudah di kukus hingga empuk dan di haluskan
50 gram gula
50 gram tapioka
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili bubuk

Campur semua bahan, bentuk bulat lonjong
Goreng hingga matang

5 comments :

  1. kalo boleh milih, saya suja direbus hehe tapi ini boleh buat variasi masakan ya biar gk bosen

    ReplyDelete
  2. Ubi opo kuwi mbak? Ketela atau ubi jalar ya?

    ReplyDelete
  3. Kalo pas ga punya tapioka, adanya terigu, gimana mbak?
    -Mimi di Semarang-

    ReplyDelete
  4. Makanan yg sering aku bikin ketika hujan hihi

    ReplyDelete
  5. Bunda saya recook resep timus yang ini kok ambyar ya kayak lagunya pakdhe Didi kempot 🤭 apa karena kadar di ubinya masih teerlalu banyak? Terus gimana ya tekniknya biar adonan ga ambyar waktu digoreng? Nuhun... 🙏

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel